Honda Dongkrak Tenaga CBR250RR, Hadang Ninja 250 4-Silinder?

TOKYO, Motovaganza.com – Honda ternyata tengah menyiapkan model terbaru motor sport andalan mereka, Honda CBR250RR. Setidaknya itulah bocoran yang bersliweran di dua maya. Dari foto yang beredar, yang disebut-sebut sebagai edisi terbaru CBR250RR, terlihat jika motor ini menggunakan kombinasi warna baru. Bahkan disebut-sebut tenaganya bertambah besar.

Adalah situs khusus sepeda motor Jepang, young-machine, yang melansir kabar tersebut. Secara keseluruhan tampak tak ada yang berubah, hanya ada sedikit perbedaan dengan beberapa kombinasi baru. Terlihat pada unit peruntukan pasar Jepang ini. Warna putih tetap dominan, berpadu dengan kelir merah pada sasis dan emas di bagian pelek.

Foto asli dan penjelasan spesifikasi memang belum ada. Namun munculnya foto ini diperkirakan sebagai jawaban Honda terhadap Kawasaki. Pada Tokyo Motor Show 2019 lalu, Kawasaki mengumumkan rencana peluncuran ZX-25R 250cc 4-silinder. Diperkuat mesin baru, motor ini bisa menghasilkan tenaga hingga 45 hp bahkan ada yang menyebut bisa menembus 50 hp.

Hal yang tentu saja membuat gerah Honda. CBR250RR saat ini adalah motor dengan tenaga terbesar 38 hp di antara mesin 2-silinder. Beberapa waktu lalu, tersiar jika aka nada pembaruan pada CBR250RR. Ada fitur baru mulai dari assist & slipper clutch, quick shifter hingga sistem kunci keyless.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Tiba di Indonesia


Ubahan Mesin


Pertanyaannya, apakah ada ubahan pada mesin? Pemberitaan dari Young Machine ini seolah membuka tabir itu. Tak sekadar memberi nuansa baru, menurut mereka tenaga CBR250RR meningkat sebanyak 3 daya kuda. Dan artinya, tenaga CBR250RR 2020 naik dari 38,2 hp menjadi 41,2 hp.

Berkat kemampuan barunya ini, jelaslah ia unggul dari motor 250 cc lain. Sebagai contoh, sebelumnya hanya Kawasaki Ninja 250 yang menjadi tandingannya (sama-sama bertenaga 38,2 Hp). Kuat dugaan ada ramuan baru pada sektor jantung pacu, semisal ubahan pada bore x stroke: 62,0 x 41,4 mm yang sekarang diandalkan CBR250RR.

Apakah layak CBR250RR ditarungkan dengan Ninja ZX-25R?

Honda CBR250RR masih punya harapan. Perbedaan jumlah silinder tadi memberi sedikit keuntungan bobot. Penilaian jelas merujuk kepada akselerasinya. Motor buatan PT Astra Honda Motor (AHM) bisa lebih lincah. Honda punya riding mode serta teknologi throttle by wire. Diaplikasi guna mengakomodasi kebutuhan pengendara, untuk merasakan performa motor secara utuh.

Baca juga: Saingi Ninja 250 4-Silinder, Honda CBR250RR Pakai Turbocharger

Fitur Tambahan


Asumsinya CBR250RR sudah layak mendapatkan fitur tambahan. Akselerasinya pasti ciamik jika dipasangi quick shifter. Memungkinkan pengendara melaju lebih cepat, lantaran tak perlu menekan tuas kopling untuk berpindah gigi. Sebagai gambaran, quick shifter ini dapat memangkas waktu setidaknya 0,300 sampai 0,600 detik. Cocok buat pecinta kecepatan. Tapi perlu diingat, Kawasaki juga punya perangkat ini di ZX-25R.

Terapan assist & slipper clutch juga bisa disematkan. Mereka sudah memasangkannya pada model Ninja 250 FI. Sudah seharusnya CBR250RR memiliki perangkat satu ini, guna mengoptimalkan kinerja kopling. Tak cuma enteng, tapi juga mereduksi gejala roda slip kala pengendara melakukan down shift (menurunkan gigi transmisi).

Berharap saja tebakan itu jadi kenyataan. Setelah itu kita tunggu saja peluncurannya.

Sumber: Young Machine

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda