Honda e:N Concept Memulai Langkah Elektrifikasi Jangka Panjang

Honda e:N Series

Honda memang relatif tidak banyak terdengar dalam rencana kendaraan listrik masa depan. Meski sudah punya model EV yang sudah dipasarkan seperti Honda e, rencana jangka panjang belum pernah jelas sampai pengumuman besar di Tiongkok. Lima konsep bernama e:N diperkenalkan mengawali langkah perjalanan pabrikan dalam kendaraan listrik sekaligus strategi.

Tiga mobil konsep masa depan jenis berbeda. e:N Coupe berupa kupe dua-pintu, e-N SUV dan e:N GT berpintu empat. Semua masuk dalam rencana penjualan lima tahun mendatang, pasti bakal keluar lagi model pembaruan dengan desain berbeda. Bahkan Honda menargetkan 10 e:N Series muncul. Lain halnya dua konsep berikutnya: e:NS1 dan e:NP1. Seolah sudah jadi dan siap produksi.

Honda e:N Series

Ya, Negeri Tirai Bambu menjadi basis produksi kelima konsep dan juga awal pemasaran. Untuk mendukung itu, Honda menyiapkan pabrik tersendiri yang merupakan hasil kerja sama GAC Honda dan Dongfeng Honda. Tak menutup kemungkinan diekspor ke pasar negara lain. Paling pertama masuk jalur perakitan pada Maret 2022 adalah e:NS1 dan e:NP1. Desain keduanya sudah cukup matang untuk segera dijual massal. Meski menyandang profil crossover yang mirip Honda HR-V generasi baru, mereka sebenarnya entitas berbeda.

Honda e:NS1 dikelir gradasi kuning terang. Sementara e:NP1 lebih seperti SUV tradisional yang punya kemiripan dengan Honda SUV E:Prototype. Besar kemungkinan menjadi menjadi versi listrik HR-V generasi dua. Beda halnya tiga konsep lain. Desain produksi masih jauh dari nyata. Namun memperlihatkan bahasa baru khusus mobil listrik Honda kelak. e:N Design bisa menjadi identitas tersendiri untuk para e:N Series.

Baca Juga: Honda HR-V 2022 Bermesin 1.5L Turbo Bakal Dipasarkan di Indonesia, Cek Nilai Jualnya

 

Honda e:NP1

Informasi teknis maupun detail lain belum diumbar Honda. Yang pasti konstruksi bakal memakai e:N Architecture hasil pengembangan khusus. Meski sebuah platform EV, tetap mengedepankan pengalaman berkendara sporty khas Honda. Lalu bakal menyuguhkan e:N OS, sebuah sistem terintegrasi berisi Honda Sensing, Honda Connect dan Digital Cockpit.

Honda Sensing 360 yang baru saja dikenalkan dipastikan tersedia. Sistem pengembangan Honda Sensing yang telah ada sejak 2014. Jangkauannya lebih luas. Tidak hanya di bagian depan dan belakang, tetapi secara omnidirectional atau 360 derajat di sekitar kendaraan dengan tambahan 5 unit radar di setiap sudut.

Honda e:NS1

Honda tak hanya fokus ke pengembangan produk. Suplai baterai, penjualan dan purnajual turut diperhatikan. Nantinya akan ada jaringan diler khusus e:N di kota-kota besar Tiongkok dan memulai aliansi strategis bersama pemasok baterai. (Odi)

 

Baca Juga: Teknologi Terbaru Honda Sensing 360 Dirilis Tahun Depan, Cek Kehebatannya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang