Honda EV Fun Siap Produksi, Akan Debut di EICMA 2025
Setelah penantian panjang, Honda akhirnya bersiap merilis motor listrik berukuran penuh pertamanya. Pabrikan motor terbesar di dunia ini telah lama mengembangkan konsep dan mendaftarkan puluhan paten terkait kendaraan listrik roda dua. Namun, hingga kini, produk yang tersedia di pasar masih terbatas pada skuter listrik jarak pendek. Kini, arah itu berubah drastis.
Model yang akan diluncurkan adalah versi produksi dari EV Fun Concept, yang pertama kali dipamerkan di ajang EICMA 2024. Honda telah merilis sejumlah video teaser dan menjanjikan pengumuman resmi pada 16 September 2025. Bocoran desain terbaru menunjukkan bahwa versi final sangat mirip dengan model konsep, meski terdapat beberapa revisi penting.
Evolusi dari Konsep ke Produksi
Saat pertama kali diperkenalkan pada November lalu, Honda sudah menyatakan bahwa motor ini akan mulai dijual pada 2025. Dengan waktu yang semakin mendekati akhir tahun, video prototipe berbalut kamuflase menunjukkan bahwa versi showroom sudah hampir siap.
Beberapa perubahan dari versi konsep mencakup:
- Penambahan lampu sein dan dudukan plat nomor sesuai regulasi
- Desain baterai direvisi menjadi dua bagian vertikal di sepanjang garis tengah motor
- Penggunaan penggerak sabuk dan lengan ayun satu sisi tetap dipertahankan
- Mur roda belakang diganti dari kunci pusat tunggal menjadi lima stud
- Kabel misterius di hub roda depan—yang diduga sebagai motor tambahan atau sistem pengereman regeneratif—tidak lagi terlihat
- Rangka dan jok mengalami sedikit revisi, namun tetap mempertahankan proporsi dan posisi asli
Di bagian kokpit, layar bundar pada versi pameran digantikan oleh layar TFT persegi panjang yang lebih konvensional. Sayap samping vertikal semi-transparan tetap dipertahankan, memberikan kesan visual yang unik. Lampu depan masih menggunakan konfigurasi dua unit bertumpuk dengan DRL horizontal di tengah, memperkuat nuansa futuristik.
Honda menyebutkan bahwa jangkauan jelajah motor ini sekitar 100 km, angka yang dinilai realistis untuk penggunaan urban. Yang menarik, video teaser menunjukkan konektor CCS2 DC, membuka kemungkinan pengisian cepat dengan sistem otomotif bertegangan tinggi. Fitur ini bisa menjadi solusi atas keterbatasan jangkauan, dan menjadikan motor ini lebih praktis untuk penggunaan harian.
Ergonomi
Gambar desain menunjukkan bahwa motor ini memiliki tinggi jok dan posisi stang yang mirip dengan Honda CB1000 Hornet, namun dengan wheelbase lebih panjang. Posisi pijakan kaki lebih rendah dan maju, menciptakan postur berkendara yang lebih tegak. Tanpa tangki bahan bakar, area depan pengendara menjadi lebih rendah, memungkinkan jok yang lebih panjang dan rata—ideal untuk pengendara dengan berbagai postur tubuh.
Seperti semua pabrikan motor listrik, Honda menghadapi tantangan dalam menyeimbangkan harga, performa, bobot, dan jangkauan. Meskipun fitur pengisian cepat dapat mengatasi sebagian kendala, akan menarik untuk melihat bagaimana Honda mengoptimalkan aspek lain agar tetap kompetitif dengan motor ICE konvensional.
Filosofi “Be the Wind”
Dalam video teaser terbaru, Masatsuga Tanaka, pemimpin proyek, menjelaskan bahwa motor ini dikembangkan dengan filosofi “Be the Wind”—menghadirkan pengalaman berkendara yang tenang, mulus, dan menyatu dengan mesin. “Dengan pengalaman dua dekade bersama model ICE Fun Honda, kami menerapkan seluruh pengetahuan itu ke dalam motor EV ini untuk menciptakan kendaraan yang benar-benar menyenangkan dikendarai,” ujarnya.
Honda juga telah melakukan pengujian ekstensif di Eropa, termasuk evaluasi performa, pengisian daya, dan penggunaan harian. Fokus pada pasar Eropa menunjukkan bahwa peluncuran penuh akan dilakukan di EICMA Milan, November 2025. Namun, belum ada kepastian apakah model ini akan masuk ke pasar lain, termasuk Indonesia. (Bgx)
Baca Juga: Honda F125, Cocok Jadi Lawan Yamaha Fazzio
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Honda Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel Motor Honda dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test