Honda Nova Pop 110i ES, Spesies Motor Bebek Aneh di Brasil

Honda Nova Pop 110i

Honda Brasil meluncurkan edisi terbaru Nova Pop 110i ES akhir bulan lalu. Secara fisik, motor ini masuk dalam kategori motor bebek (underbone), tetapi bentuknya sangat berbeda jika dibandingkan dengan model-model di Asia Tenggara. Dengan sayap ramping yang menjulang dan terhubung langsung ke batok kepala, unit ini dijual dengan harga R$9.690 atau sekitar Rp30 jutaan.

Berdasarkan katalog, Honda Nova Pop 110i ES generasi kelima adalah model termurah. Didesain dengan sangat sederhana dan tanpa fitur canggih. Kendaraan ini ditujukan untuk menjangkau semua segmen konsumen. Terdapat beberapa perubahan dibandingkan dengan model sebelumnya, termasuk peningkatan tenaga sebesar 6 persen dan torsi puncak naik 5 persen.

Mari kita lihat mesin yang serupa dengan Honda Revo. Nova Pop 110i ES dilengkapi dengan sistem OHC, silinder tunggal empat langkah, berpendingin udara dan oli dengan kapasitas mesin 800 cc. Kapasitas silindernya adalah 109,5 cc dengan diameter dan langkah 47 mm x 63,1 mm serta rasio kompresi 10:1. Ini berarti mesin dapat menggunakan bensin dengan RON rendah, seperti Pertalite. Sistem bahan bakar sudah menggunakan injeksi elektronik PGM-FI. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,55 PS pada 7.250 rpm dan torsi maksimal 9,26 Nm pada 5.000 rpm.

Transmisi tenaga masih menggunakan gearbox manual 4-percepatan, namun model terbaru telah semi otomatis, sehingga tidak memerlukan tuas kopling lagi. Menurut Honda, sistem ini dirancang untuk memudahkan pengendara dalam berkendara di berbagai kondisi jalan. Untuk sistem pengereman, telah diadopsi sistem combi brake (CBS) seperti pada skuter matik, yang menawarkan keamanan lebih.

Honda Nova Pop 110i

Honda Nova Pop 110i ES memiliki dimensi dengan panjang 1.843 mm, lebar 727 mm, dan tinggi 1.031 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 1.238 mm, ground clearance sebesar 137 mm, tinggi jok dari tanah 745 mm, dan bobot total kendaraan 87 kg. Travel suspensi depannya 100 mm dan suspensi belakang 79 mm. Sistem pengereman menggunakan tromol dengan diameter 110 mm. Ukuran ban depan adalah 60/100 mm dengan ring 17 inci, dan ban belakang 80/100 mm dengan ring 14 inci.

Sayangnya, motor ini tidak dilengkapi dengan rem cakram di depan untuk keamanan yang lebih baik. Yang menarik adalah, selain bentuk sayap sampingnya, sepatbor depan bergaya trail yang diposisikan lebih tinggi. Di belakang, terdapat tambahan sepatbor kolong untuk mencegah kotoran menyiprat. Handle (behel) tidak dipasang di ujung ekor, tetapi di samping bodi.

Honda Nova Pop 110i kini dilengkapi dengan fitur ES, yang berarti motor ini sudah memiliki electric starter. Model sebelumnya hanya dilengkapi dengan kick starter. Selain itu, cluster meter pada motor ini sepenuhnya analog, digunakan untuk menampilkan kecepatan, odometer, jumlah bensin, dan indikator lainnya. Di Brasil, tersedia tiga pilihan warna: Ross White, Fighting Red, dan Preto Black. Dengan fitur yang sederhana dan harga tersebut, apakah ini dianggap terlalu mahal? (Alx)

Baca Juga: Zonzen Yemi, Imitasi Honda CT125 yang Jauh Lebih Murah

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • AHM Rilis CB650R Terbaru, Kini Dilengkapi Teknologi E-Clutch dan Fitur Canggih
    AHM Rilis CB650R Terbaru, Kini Dilengkapi Teknologi E-Clutch dan Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 13 Jun, 2025
  • Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
    Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
    Anjar Leksana . 05 Jun, 2025
  • Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
    Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
    Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
  • Dominasi Astra Honda Racing Team di ARRC Sepang 2025: Amankan Puncak Klasemen!
    Dominasi Astra Honda Racing Team di ARRC Sepang 2025: Amankan Puncak Klasemen!
    Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
  • Wanda AI: Era Baru Layanan Pelanggan Honda
    Wanda AI: Era Baru Layanan Pelanggan Honda
    Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
  • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024