Honda NSX Type S Akhiri Kiprah Generasi Kedua dengan Berbagai Penyempurnaan

Acura Type S

Honda/Acura NSX generasi kedua sampai di ujung usia. Sebagai edisi pamungkas, dibuat edisi berimbuhan Type S. Penanda janji performa lebih hebat dibanding model biasa. Ia terlahir dari Performance Manufacturing Center di Marysville, Ohio, AS untuk MY2022. Dijualnya pun terbatas hanya 350 unit. Menambah keistimewaan dan penutup spektakuler. Oprekan performa meramaikan sebagaimana nilai Type S orisinal generasi pertama.

Jadi salah satu sorotan adalah suntikan obat kuat pada jantung V6 75-derajat bawaan. Kapasitas 3.000 cc berikut aransemen pemadat udara twin-turbo dipertahankan. Meski begitu, mereka kini tanamkan turbocharger dari mesin balap NSX GT3 Evo dengan boost lebih padat. Di samping itu, dipasang pula injektor bensin dengan kapasitas semburan 25% lebih tinggi dan intercooler yang diklaim mampu menyerap panas 15% lebih baik.

Acura NSX Type S

Komposisi tadi jelas berimbas pada lonjakan tenaga. Dosisnya lumayan tinggi, sukses menumbuhkan 20 kuda lagi di dalamnya sehingga menorehkan angka 520 hp. Torsi juga ikut terdongkrak dari 550 Nm jadi 600 Nm. Tapi harus diingat, NSX tidak hanya mengandalkan motor bakar konvensional untuk mencipta velositas. Ada dorongan ekstra dari sistem hibrida.

Di sisi komponen pemacu elektris, kapasitas baterai yang dapat dipakai lantas ditingkatkan 20% dan output lebih tinggi 10%. Rasio gigi diturunkan jadi 10,382:1 dari 8,050:1 sehingga diklaim mampu memberikan tonjokan akselerasi lebih keras. Ketika dikombinasi, sinergi motor penggerak dua dunia berbeda ini siap gelontorkan output sampai 600 hp/667 Nm, menjadikannya sebagai Honda/Acura paling kencang saat ini.

 

Baca Juga: Edisi Terbatas Type S Akhiri Eksistensi Honda NSX

Acura NSX type S

Menuntaskan penyempurnaan gelontoran daya, transmisi dual-clutch 9 percepatan disetel ulang. Termasuk di dalamnya fitur Rapid Downshift Mode untuk penurunan gigi yang lebih agresif. Bisa dilewat beberapa langkah agar langsung tertuju ke titik percepatan paling optimal. Di samping itu, pergantian gigi ke atas dalam mode Sport dan Sport+ juga lebih cekatan berikut peningkatan limit putaran mesin saat mau turun gigi di mode Track agar eksekusi downshift bisa dilakukan sesegera mungkin.

Fokus penyempurnaan tidak terbatas di potensi berlari dalam garis lurus. Teknisi turut mengotak-atik sasis, suspensi, dan respons NSX Type S. Contoh pemasangan pelek forged alloy baru dalam pilihan warna Matte Shark Gray atau Gloss Berlina Black. Bukan sekadar gaya, sepatu ini menganut komposisi offset negatif lebih besar yang memperlebar kuda-kudanya. Ketambahan 0,4 inci di depan dan 0,8 inci belakang.

Acura NSX Type S

Sepatu lima palang itu kemudian dibungkus sol Pirelli P-Zero anyar yang dikembangkan khusus NSX Type-S. Mengadopsi patron telapak asimetris demi pengendalian presisi, stabilitas bagian belakang, dan daya cengkeram terbaik saat kering maupun basah. Terbentuk dalam material Ultra High Performance, berkontribusi atas peningkatan gigitan lateral 6% - mengindikasikan kemampuan roda menjaga posisi dalam jalur. Untuk NSX Type S 2022, standar peningkatan kapabilitas disudahi kaliper rem enam piston di depan dan empat piston belakang lansiran Brembo.

Penyempurnaan basis performa tidak dibiarkan bisu tak bersuara secara visual. NSX yang terkesan cukup serius dibikin lebih dramatis lagi. Mengadopsi moncong baru dengan bumper bersudut dan rongga serbamenganga, ditujukan untuk membantu pendinginan mesin sekaligus memperbaiki aliran udara. Juga di belakang, bokongnya terlihat semakin panas dengan diffuser bergaya NSX GT3 Evo, berpartisipasi mendukung stabilitas di kecepatan tinggi.

Material serat karbon tersebar di sekujur tubuhnya. Termasuk untuk spoiler depan, side sill, ekor bagasi, dan diffuser. Juga tak ketinggalan atap carbon fiber untuk lanjut menurunkan pusat gravitasi dengan meminimalisir bobot di bagian teratas. Kalau masih kurang, konsumen bisa dapatkan opsi upgrade komponen serat karbon untuk cover mesin, tudung instrumentasi, aksen setir dalam Lightweight Package. Tapi bukan itu saja, paket opsional ini menyuguhkan Brembo Carbon Ceramic Brake. Ditotal, terdapat reduksi hampir 26,2 kg.

Jika seluruh ubahanya terlalu kompleks didengar, sebagai gambaran, Type S menuntaskan putaran Sirkuit Suzuka 2 detik lebih cepat dari 2021 NSX standar. Well, tidak semua orang bisa menikmati ini mengingat hanya 350 unit diproduksi. Total 300 unit sendiri dikhususkan untuk market AS dengan banderol mulai dari 169,5 ribu USD atau sekitar Rp 2,4 miliar. Tambah Lightweight Package, banderolnya naik jadi 182,5 ribu USD, sekitar Rp 2,6 miliar. (Krm/Odi)

 

Baca Juga: All-new Honda Civic Sedan Tiba di Thailand, Beri Gambaran Versi Indonesia Kelak

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Honda dari Carvaganza

  • Honda Bertahan di Posisi 3 Penjualan, Siap Pamer Mobil Hybrid dan Konsep di GIIAS 2025
    Honda Bertahan di Posisi 3 Penjualan, Siap Pamer Mobil Hybrid dan Konsep di GIIAS 2025
    Anjar Leksana . 11 Jul, 2025
  • Honda Taklukkan Pikes Peak 2025 Pakai CR-V Bermesin Hidrogen
    Honda Taklukkan Pikes Peak 2025 Pakai CR-V Bermesin Hidrogen
    Alvando Noya . 30 Jun, 2025
  • Rilis di GIIAS 2025, Honda Resmi Buka Pemesanan Step WGN e:HEV
    Rilis di GIIAS 2025, Honda Resmi Buka Pemesanan Step WGN e:HEV
    Anjar Leksana . 19 Jun, 2025
  • Pionir ADAS Lengkap di Kelasnya, Ini Daftar Fitur Honda Sensing di New HR-V e:HEV
    Pionir ADAS Lengkap di Kelasnya, Ini Daftar Fitur Honda Sensing di New HR-V e:HEV
    Alvando Noya . 13 Jun, 2025
  • Riil! Segini Konsumsi BBM Honda HR-V e:HEV Dari Jakarta - Anyer
    Riil! Segini Konsumsi BBM Honda HR-V e:HEV Dari Jakarta - Anyer
    Eka Zulkarnain H . 12 Jun, 2025

Artikel Mobil Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pamer Teknologi, Honda Taklukkan Pikes Peak 2025 dengan CR-V Hidrogen
    Pamer Teknologi, Honda Taklukkan Pikes Peak 2025 dengan CR-V Hidrogen
    Alvando Noya . 25 Jun, 2025
  • Honda Indonesia Buka Pemesanan Step WGN e:HEV, Berapa Harganya?
    Honda Indonesia Buka Pemesanan Step WGN e:HEV, Berapa Harganya?
    Anjar Leksana . 19 Jun, 2025
  • Daya Beli Belum Pulih, Honda Catatkan Penjualan 4.740 Unit pada Mei 2025
    Daya Beli Belum Pulih, Honda Catatkan Penjualan 4.740 Unit pada Mei 2025
    Anjar Leksana . 18 Jun, 2025
  • Makin Aman dan Canggih, Ini Deretan Fitur Keselamatan Honda HR-V Terbaru
    Makin Aman dan Canggih, Ini Deretan Fitur Keselamatan Honda HR-V Terbaru
    Alvando Noya . 12 Jun, 2025
  • Honda Bisa Tekan Harga HR-V Hybrid, Karena Hal Ini
    Honda Bisa Tekan Harga HR-V Hybrid, Karena Hal Ini
    Setyo Adi Nugroho . 11 Jun, 2025
  • Daftar Harga Terkini Model Low SUV di Tengah Tahun, Ada Xpander Cross hingga Stargazer X
    Daftar Harga Terkini Model Low SUV di Tengah Tahun, Ada Xpander Cross hingga Stargazer X
    Setyo Adi Nugroho . 02 Jul, 2025
  • Ada Honda HR-V Baru, Ini Update Harga Segmen SUV Kompak Terkini
    Ada Honda HR-V Baru, Ini Update Harga Segmen SUV Kompak Terkini
    Setyo Adi Nugroho . 16 Jun, 2025
  • Bedah Fitur dan Kelengkapan Varian Honda HR-V e:HEV Termurah
    Bedah Fitur dan Kelengkapan Varian Honda HR-V e:HEV Termurah
    Muhammad Hafid . 11 Jun, 2025
  • Detail Kelengkapan Varian Tertinggi New Honda HR-V RS e:HEV 2025 dan Simulasi Cicilannya
    Detail Kelengkapan Varian Tertinggi New Honda HR-V RS e:HEV 2025 dan Simulasi Cicilannya
    Anjar Leksana . 11 Jun, 2025
  • Honda HR-V Bergabung! Ini Daftar 5 SUV Hybrid di bawah Rp500 Juta
    Honda HR-V Bergabung! Ini Daftar 5 SUV Hybrid di bawah Rp500 Juta
    Setyo Adi Nugroho . 11 Jun, 2025
  • Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Wahyu Hariantono . 16 Okt, 2024
  • First Drive Honda e:Ny1: Punya Potensi Dijual dan Sukses di Indonesia
    First Drive Honda e:Ny1: Punya Potensi Dijual dan Sukses di Indonesia
    OTO . 30 Nov, 2023
  • Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
    Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
    Muhammad Hafid . 30 Okt, 2023
  • First Drive All New Honda Civic Type R: Sanggup Memberikan Kesenangan Level Maksimal
    First Drive All New Honda Civic Type R: Sanggup Memberikan Kesenangan Level Maksimal
    Anindiyo Pradhono . 04 Jul, 2023
  • Test Drive Honda WR-V RS with Honda Sensing: Calon Penguasa Potensial di Kelasnya
    Test Drive Honda WR-V RS with Honda Sensing: Calon Penguasa Potensial di Kelasnya
    Anindiyo Pradhono . 28 Des, 2022