Honda Rebel Dijual Seharga Rp 169,2 Juta, Ini 4 Bagian Andalannya

JAKARTA, Motovaganza.com – Dari sekian banyak line-up Honda, mungkin hanya Rebel yang mendapat “lampu hijau” sebagai model kustom. Edisi terbaru motor ini baru saja diperkenalkan PT Astra Honda Motor (AHM). Big bike cruiser itu mendapat berbagai pembaruan termasuk menyisipkan satu fitur baru yang signifikan yaitu Assist/Slipper Clutch.

Honda menghadirkan pilihan warna anyar dan beberapa pembaruan pada unit yang dijual di Indonesia. President Director AHM, Toshiyuki Inuma mengatakan Honda Rebel merupakan model yang dapat mengekspresikan identitas pengendaranya. Selain itu Honda memberikan ruang untuk berkreasi atau modifikasi sesuai keinginan.

Honda Rebel dihadirkan dengan 3 warna pilihan yakni Graphite black, Matte Armored Silver Metallic dan Matte Jeans Blue Metallic. Untuk harga ia dipasarkan Rp 6 juta lebih tinggi. Kini dijual dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 169.200.000.

Simak 4 andalannya:


Assist Slipper Clutch


Inilah pembaruan yang cukup penting di Rebel edisi terbaru ini. Peranti tersebut bertugas mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi. Salah satu manfaatnya ialah membuat tuas kopling menjadi lebih ringan. Selain itu juga mengurangi efek engine break ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat. Jadi, ia memiliki assist cam dan slipper cam. Dua benda ini bisa mengoperasikan pelat kopling bareng atau terpisah.

Bagaimana cara kerja? Assist clutch bekerja saat motor berakselerasi. Sedangkan, slipper clutch bertindak kala motor deselerasi alias melakukan penurunan gigi (downshift). Ambil contoh bila Anda melesat kencang dan mendadak turun gigi, kerap terjadi back torque atau torsi berlebih.

Jika motor tidak dibekali peranti itu, ada potensi untuk selip. Ban belakang akan kehilangan traksi pada permukaan jalan hingga motor sulit dikendalikan. Fitur sangat membantu menekan semua gejala itu.

Opsi kelir yang ada tinggal Graphite Black dan Matte Armored Silver Metallic, selain tambahan kelir Jeans Blue Metallic.

Baca Juga: Honda Rebel 2020 Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya
Baca juga: Dijual Rp 169,2 Juta, Ini Ubahan Honda CMX 500 Rebel Terbaru


Lampu LED


Tata cahaya sistem penerangan kini menggunakan LED. Fitur ini disematkan pada lampu utama. Bentuk rumah lampu tetap membulat dengan bingkai kromium dengan 4 LED didalamnya. Jadi ada kesan paduan retro dan gaya motor kontemporer. Termasuk sepasang lampu sein bulat di depan dan belakang berteknologi dioda, yang terbuat dari bahan semikonduktor.

Guna mengimbangi tampilan depan, lampu belakang (tailight) juga diberi teknologi serupa. LED merah kecil melintang di belakang. Posisinya tepat di atas sepatbor. Desainnya tidak terlalu mencolok.

Sein dan stoplamp LED juga menambah aura modern si cruiser Honda, sekaligus memberi kualitas pencahayaan lebih baik dan hemat daya.


Digital Panel Meter


Rebel kini dilengkapi meter cluster anyar serba digital. Sehingga lebih terlihat atraktif dan punya beberapa informasi. Tampilan dibiarkan bulat minimalis khas motor klasik. Sehingga benang merahnya tidak hilang.

Ia memiliki tampilan LCD negatif dengan backlight biru yang mudah dibaca. Muncul indikator seperti speedometer, bahan bakar tersedia, Anda bisa melihat posisi gigi dan shift up indikator.

Informasi lain yang bisa dilihat adalah putaran mesin, kecepatan, jarak perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar real time. Ada juga penunjuk waktu di bagian atas. Jadi Anda tak perlu repot menengok jam tangan saat berkendara.


Engine Sama


Tak ada ubahan pada sektor engine. Rebel mengandalkan mesin 471 cc 8 valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mekanikal pacu CBR500R. Untuk menyuguh kemampuan jelajah, telah dilakukan ubahan settingan PGM-FI. Sehingga memberi karakter berbeda. Jika sebelumnya difokuskan pada performa rpm tinggi di CBR, menjadi output torsi bottom-end. Torsi maksimum tersedia 43,6 Nm pada 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW di 8.500rpm.

Unit pacu memiliki bore dan stroke pada 67 mm x 66,8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan.

Selanjutnya, silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Nilai lebih lain berupa gear box enam-percepatan dirancang mudah dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.



Soal kepraktisan, Rebel tergolong tidak menyulitkan. Bobot mencapai 191 kg, tak memberi dampak signifikan bagi postur standar sekalipun. Hal ini berkat gaya khas cruiser yang memang pendek. Hanya tertera angka 690 mm untuk jarak jok ke tanah. Mudah untuk kaki memijak sempurna.

Tapi apakah tidak ada kelemahan? Rebel yang dijual seharga Rp 169,2 juta ini belum memakai teknologi throttle-by-wire. Absennya fitur ini membuat riding mode juga tak ada. Pub tak ada kontrol traksi. Padahal secara output, ia sudah membutuhkan itu.

Terakhir, fork buatan Showa di depan masih bermodel teleskopik. Tentu saat membeli motor seharga ini ada harapan, memiliki pengendalian optimal. Untung saja di bagian belakang ada dual shock yang bisa disesuaikan pengaturannya.

Bagaimana menurut Anda?

Baca juga: Spesifikasi Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports, Bukan Operasi Plastik!
Baca juga: Dijual Rp 169,2 Juta, Ini Ubahan Honda CMX 500 Rebel Terbaru

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda