Honda Ridgeline Generasi Baru Meluncur Tahun Depan

2021 Honda Ridgeline

Double cabin milik Honda bakal memakai mesin bensin 3,5 liter V6 sebagai standar pabrik. Habitat aslinya adalah medan off-road, maka dipersenjatai sistem penggerak all wheel drive (AWD) tangguh. Tak hanya itu, tampilannya kian kekar. Maskulinitas penggaruk tanah terpancar dari otot tubuh yang menyembul di kisi-kisi depan, fender sampai side skirt.

Ridgeline 2021 menampilkan karakter berbeda. Ubahan desain termasuk kap baru, spatbor depan baru yang menonjolkan hidung persegi. Lalu grille lebih tegak, diapit oleh lampu depan LED untuk penerangan lebih baik. Di atas kisi-kisi terdapat garis kromium, membagi dua rumah lampu depan. Di bawahnya, bumper dibikin agar mencuatkan kesan tanggung desain gres. Terdapat ventilasi samping luas agar mengalirkan udara melalui pelindung depan dan sekitar ban. Konon ini menciptakan semacam tirai udara demi meningkatkan nilai aerodinamis. Sementara di bagian belakang, bumper dibentuk ulang, stop lamp kecil vertikal serta lubang pipa kembar tampak agresif.

Honda Ridgeline

Bagian interior diklaim lebih lapang, termasuk ruang kaki kursi belakang. Bagian monitor audio turut dirombak, dengan grafis baru yang tajam. Ikon layar sentuh kian gampang dipakai, namun masih pakai kenop volume putar. Selain itu, varian Sport kini mendapat sisipan kain jok baru. Semua trim memperolah pola jahitan kontras di kursi. Kemudian trim Sport, RTL dan RTL-E memiliki aksen dasbor, lingkas kemudi plus konsol tengah anyar. Kursi belakang dapat dilipat 60/40 supaya menawarkan fleksibilitas saat membawa barang-barang panjang dan tinggi di kabin.

Baca Juga: Lexus Incar Pasar Elektrifikasi Lewat UX 300e, Ini Detailnya

"Penggemar SUV double cabin telah lama mengenali Ridgeline sebagai pikap yang sangat serbaguna dan mumpuni. Sekarang ia memiliki tampilan amat kokoh nan atletis. Rancangan Ridgeline itu secara efektif mengkomunikasikan semua kerja keras yang dilakukan Honda. Khususnya tatkala membuat pikap SUV menjadi pemain on maupun off-road mahir,” terang Art St. Cyr, vice president of Auto Operations for American Honda Motor Co., Inc.

honda ridgeline interior

Honda Ridgeline 2021 ditenagai mesin VTEC® V6 berkekuatan 280 Hp atau 283, 8 PS. Besaran itu tersembur dari mesin 3,5 liter injeksi langsung. Momen puntir maksimal 355 Nm. Penyaluran resultan pembakaran internal didukung transmisi otomatis 9 kecepatan yang diklaim halus juga responsif. Tersedia pada trim Sport, RTL, RTL-E (2WD). Sedangkan Black Edition memakai sistem penggerak semua roda i-VTM4® torque-vectoring. Pengoperasian girboks sangat menarik. Bukan berupa tuas, melainkan tombol di konsol tengah seperti: P, R, N, D, S.

Torsi ke roda belakang dan secara kontinu didistribusi 100 persen ke roda belakang kiri maupun kanan. Berdasarkan kondisi berkendara di setiap roda. Perangkat Intelligent Traction Dynamics System tersedia di semua Ridgelines. Fungsinya mengoptimalkan pengiriman serta distribusi daya di berbagai kondisi medan. Termasuk bersalju dan aspal pada model 2WD. Sementara Ridgelines dengan i-VTM4® mendapatkan mode tambahan yang dapat diatur untuk lumpur atau lahan berpasir.

Kapabilitas dalam hal pengangkutan serta pengendalian berasal dari papan konstruksi Ridgeline. Ia menampilkan struktur bodi Advanced Compatibility Engineering (ACE ™) dan rangka kotak penuh di sisi bodi. Lalu rancangan suspensi belakang yang sepenuhnya independen dan kokoh. Racikan unik ini memberikan keuntungan kenyamanan berkendara tanpa kompromi. Baik di jalan beraspal maupun tidak. Kapasitas muatannya sampai 1.580 pon (716 kg) standar terbaik di kelas AWD. Lantas kemampuan derek hingga 5.000 pon (2268 kg).

Baca Juga: BMW 128ti Penantang Serius VW Golf GTI

2021 honda ridgeline

Yang jadi nilai jual ialah penerapan fitur Honda Sensing sebagai standar. Kalau dibedah terdiri atas: Collision Mitigation Braking System (CMBS ™), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keeping Assist System (LKAS). Lalu Road Departure Mitigation (RDM) dengan Lane Departure Warning (LDW) plus Adaptive Cruise Control (ACC).

Versi teratas Ridgeline ditarget mengantongi peringkat keamanan tabrakan terbaik di sana. Khususnya dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Lalu sertifikasi Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) serta uji benturan NCAP bintang 5. Semua peranti disematkan demi mengurasi risiko juga pencegahan tabrakan depan penggunanya.

Ridgeline dirancang serta dikembangkan oleh Honda R&D America di California dan Ohio. Unit diproduksi bersama dengan mesin V6 di pabrik Honda Lincoln, Alabama menggunakan suku cadang domestik maupun global. Selama empat tahun berturut-turut, ia senatiasa berada di peringkat 10 teratas di Cars.com American Made Index 2020. Kalau dilihat dari spesifikasi lengkap, mobil ini memang sesuai dengan target market AS. Fitur lengkap, bodi bongsor plus mesin besar. (Alx/Odi)

Baca Juga: MG Gloster Resmi Dipasarkan di India, Begini Detailnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

Artikel Mobil Honda dari Carvaganza

  • Honda Perluas Jaringan Certified Used Car Dealer, Buka 2 Cabang di Sulawesi Selatan
    Honda Perluas Jaringan Certified Used Car Dealer, Buka 2 Cabang di Sulawesi Selatan
    Setyo Adi . 15 Sep, 2025
  • Honda N-One e: Meluncur Untuk Pasar Jepang, Mini EV dengan Jarak Tempuh 295 Km
    Honda N-One e: Meluncur Untuk Pasar Jepang, Mini EV dengan Jarak Tempuh 295 Km
    Setyo Adi . 12 Sep, 2025
  • Honda Prelude Hybrid Resmi Meluncur Rp600 Jutaan di Jepang, Tahun Depan ke Indonesia
    Honda Prelude Hybrid Resmi Meluncur Rp600 Jutaan di Jepang, Tahun Depan ke Indonesia
    Anjar Leksana . 08 Sep, 2025
  • Honda Pamerkan Lebih dari Sekadar Mobil di Japan Mobility Show 2025
    Honda Pamerkan Lebih dari Sekadar Mobil di Japan Mobility Show 2025
    Wahyu Hariantono . 03 Sep, 2025
  • Luncurkan Step WGN e:HEV di Jatim, Honda Kejar 150 Unit SPK di GIIAS Surabaya 2025
    Luncurkan Step WGN e:HEV di Jatim, Honda Kejar 150 Unit SPK di GIIAS Surabaya 2025
    Bangkit Jaya . 29 Agu, 2025

Artikel Mobil Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Wujud Kepedulian Honda: Program Diskon Servis untuk Korban Banjir di Bali
    Wujud Kepedulian Honda: Program Diskon Servis untuk Korban Banjir di Bali
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Honda N-One e: Mulai Dipasarkan, City Car Listrik dengan Jelajah 295 Km
    Honda N-One e: Mulai Dipasarkan, City Car Listrik dengan Jelajah 295 Km
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2025
  • Honda Prelude Resmi Dijual Seharga Rp600 Jutaan
    Honda Prelude Resmi Dijual Seharga Rp600 Jutaan
    Anjar Leksana . 08 Sep, 2025
  • Honda di GIIAS Surabaya 2025: Target 150 SPK, Rilis STEP WGN, dan Tebar Promo Khusus
    Honda di GIIAS Surabaya 2025: Target 150 SPK, Rilis STEP WGN, dan Tebar Promo Khusus
    Bangkit Jaya Putra . 28 Agu, 2025
  • Honda STEP WGN e:HEV Sudah Terjual Lebih dari 200 Unit, Target 2.000 Unit per Tahun
    Honda STEP WGN e:HEV Sudah Terjual Lebih dari 200 Unit, Target 2.000 Unit per Tahun
    Bangkit Jaya Putra . 28 Agu, 2025
  • Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
    Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
    Setyo Adi Nugroho . 10 Sep, 2025
  • Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Bangkit Jaya Putra . 27 Agu, 2025
  • Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Bangkit Jaya Putra . 27 Agu, 2025
  • Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Bangkit Jaya Putra . 27 Agu, 2025
  • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
  • Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Wahyu Hariantono . 16 Okt, 2024
  • First Drive Honda e:Ny1: Punya Potensi Dijual dan Sukses di Indonesia
    First Drive Honda e:Ny1: Punya Potensi Dijual dan Sukses di Indonesia
    OTO . 30 Nov, 2023
  • Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
    Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
    Muhammad Hafid . 30 Okt, 2023
  • First Drive All New Honda Civic Type R: Sanggup Memberikan Kesenangan Level Maksimal
    First Drive All New Honda Civic Type R: Sanggup Memberikan Kesenangan Level Maksimal
    Anindiyo Pradhono . 04 Jul, 2023
  • Test Drive Honda WR-V RS with Honda Sensing: Calon Penguasa Potensial di Kelasnya
    Test Drive Honda WR-V RS with Honda Sensing: Calon Penguasa Potensial di Kelasnya
    Anindiyo Pradhono . 28 Des, 2022