Honda Scoopy Terbaru Bakal Gunakan Teknologi Genio dan BeAT

Honda Scoopy Terbaru Bakal Gunakan Teknologi Genio dan BeAT
CONTENTS
JAKARTA, Motovaganza.com -- Teknologi baru mulai diteapkan pada motor Honda. PT Astra Honda Motor (AHM) sudah lebih dulu menghadirkannya di Honda Genio. Lantas ditularkan juga ke tubuh Honda BAT. Jika menyasar segmentasinya (skutik 110 cc), tinggal Honda Scoopy yang belum kedapatan penyegaran. Kapan bakal direalisasikan? Memang belum ada kepastian. Kendati begitu, peluang Scoopy menerima kebaruan tetap ada. Terlebih pihak pemegang merek sendiri mengamini kemungkinan tadi. Sebagai contoh ketika Genio lahir. Skutik terbaru Honda itu mengedepankan desain mesin eSP baru nan kompak. Ditandai volume oli mesin 650 ml, lebih sedikit ketimbang takaran skutik mereka sebelumnya (800 ml). Lalu, sasis. Tak lagi memakai rangka berbahan besi, melainkan material baja tempa. Diklaim lebih kuat namun tetap ringan. Sebagai pabrikan, AHM jelas tak menyajikannya teruntuk Genio semata. Buktinya, kedua hal mencolok itu kini tersaji di Beat Series. Dampak positifnya pun signifikan, lantaran kini si skutik terlaris makin lincah dan irit bensin. Sementara itu, probabilitas Honda Scoopy mendapatkan kedua suguhan itu juga sangat besar. Bagi AHM, menerapkan skutik berwajah retro-modern dengan mesin 109,5 cc, tentulah bukan hal sulit. Scoopy bakal punya racikan bore x stroke: 47,0 x 63,1 mm dan rasio kompresi: 10,0:1. Memang ada koreksi dibanding ramuan Scoopy sekarang (bore x stroke: 50 x 55,1 mm, rasio kompresi: 9,5:1). Artinya bakal ada perubahan juga dengan daya kail maupun torsinya nanti.

Sasis

Apalagi jika ditunjang dengan sasis eSAF. Beat saja mendapat efek pada ruang penampung bahan bakar. Mengalami sedikit penambahan kapasitas dibanding sebelumnya (4,2 liter). Lalu enteng, yang menjadi salah satu faktor peningkatan efisiensi Beat. Bayangkan jika mesin dan sasis itu terpasang di Scoopy. Daya tariknya tentu bukan sekadar tampilan, karena nilai tambah juga didapat dari penyematan dua hal anyar tadi. Rasanya AHM tak perlu waktu lama untuk mewujudkannya. Ditambah lagi ada isu pemegang merek di Thailand (AP Honda), bakal merilis All New Scoopy tahun ini. Wajar jika akhirnya si skutik dirombak, mengingat dia juga populer di negeri Gajah Putih. Sama halnya dengan Indonesia. Kami rasa di kategorinya (retro-modern), Scoopy lah yang paling banyak beredar di jalanan Tanah Air. Padahal AHM membanderolnya lebih mahal daripada kompetitor. Saat ini Honda Scoopy dijual Rp 19,75 juta.

Fitur

Dengan banderol segitu, konsumen mendapatkan skutik bertubuh membulat. Kelengkapan berupa sistem penerangan utama LED projector, panel meter kombinasi analog-digital disertai penyajian ECO indicator. Kemudian power outlet untuk mengisi ulang daya gawai yang berlokasi di konsol bawah setang. Lantaran dipatok paling mahal dari lini skutik 110 cc Honda lain, system kunci Scoopy juga dibekali fitur anti maling (Anti Thef Alarm) dan Answer Back System. Lantas yang tak kalah penting, ia punya kapasitas bagasi seluas 15,4 liter. Dan, seperti terapan di skutik 110 cc Honda lain, tak ada opsi rem ABS. Serupa Genio dan Beat, Scoopy pun hanya mengandalkan penghenti laju Combi Brake System (CBS). Dianggap cukup karena pengguna bisa mengoperasikan sistem pengereman hanya melalui tuas rem kiri. Ketika ditekan, rem belakang bekerja lebih dulu, lalu diikuti rem depan. Karena hanya satu tipe, skutik ini juga sudah dilengkapi Idling Stop System (ISS). Ketika tombolnya aktif, mesin Scoopy akan mati otomatis saat berada dalam kondisi idle beberapa detik. Baca juga: Honda Scoopy Terbaru Adopsi Teknologi Genio dan Beat? ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Garansi 1 Tahun, Harga Baterai Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Rp45 Juta
    Garansi 1 Tahun, Harga Baterai Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Rp45 Juta
    Bangkit Jaya Putra . 15 Mei, 2024
  • Segini Biaya Servis Yamaha Lexi LX155 Selama 3 Tahun
    Segini Biaya Servis Yamaha Lexi LX155 Selama 3 Tahun
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2024
  • Polytron Sebut Produk EV Mereka Sudah Kantongi Sertifikasi IP67
    Polytron Sebut Produk EV Mereka Sudah Kantongi Sertifikasi IP67
    Setyo Adi Nugroho . 14 Mei, 2024
  • Motor Listrik Kawasaki Sudah Terjual 7 Unit, Ada Menteri yang Beli!
    Motor Listrik Kawasaki Sudah Terjual 7 Unit, Ada Menteri yang Beli!
    Bangkit Jaya Putra . 14 Mei, 2024
  • Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Harley-Davidson Tambah Mahal
    Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Harley-Davidson Tambah Mahal
    Muhammad Hafid . 14 Mei, 2024
  • Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023