Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 Masuk Indonesia? Begini Faktanya

Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 Masuk Indonesia? Begini Faktanya
INDIA, 10 Desember 2019 - Husqvarna -perusahaan motor asal Swedia yang dikuasai KTM- punya beragam rencana hebat tahun ini, dan beberapa tahun ke depan. Berbekal sokongan finansial dari KTM yang menjadi induknya, mereka akan meluncurkan beberapa model terbaru untuk pasar motor berkembang. Contohnya, seperti dilansir oleh Indianautosblog Hasqvarna memperkenalkan Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 di India Bike Week 2019 (7/12). Mengapa mereka memilih India sebagai tempat melakukan debut dunia kedua motor itu? Mari kita analisa. Pertama, tentu karena India merupakan salah satu pasar motor terbesar di dunia, sehingga impresi positif dibutuhkan Husqvarna di sana untuk meraih potensi penjualan. Kedua, karena KTM memiliki fasilitas produksi di sana, dan mereka memproduksi motor KTM berkapasitas up to 390 cc juga di sana. Nah, Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 berbasis KTM 250 Duke dan diproduksi di pabrik KTM di India (mulai terlihat benang merahnya?). Nantinya, jika mulai diproduksi dan dijual di India tahun depan, tak elok jika Husqvarna tidak diproduksi di fasilitas Chakan Bajaj-KTM di Chakan dekat Pune. Selain berbasis sama, juga hemat biaya produksi. Hal ini kian menarik karena KTM Duke 250 yang menjadi basis motor baru Husqvarna, diimpor dan dijual di Indonesia. Maka bukan tidak mungkin Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 juga akan dijual di Indonesia, menyusul Husqvarna Vitpilen 401 dan Husqvarna Svartpilen 401 yang sudah terlebih dahulu mencicipi pasar motor kelas menengah. Namun, berbeda dengan kakaknya Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 akan dijual dengan harga lebih bersahabat. Gaya Svartpilen 250 dan Vitpilen 250 identik dengan varian 401. Svartpilen 250 menampilkan gaya yang kokoh, ergonomi tegak dan ban serbaguna. Vitpilen 250 menawarkan desain yang lebih sporty, setang clip-on, dan posisi mengendarai yang condong ke depan. Fitur utama lainnya dari Husqvarna Svartpilen 250 dan Vitpilen 250 termasuk pencahayaan LED penuh (lampu, lampu belakang dan indikator) dan layar digital. Beralih ke aspek teknis motor. Mesin Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 berkapasitas 248,8 cc single-silinder, berpendingin cairan, yang berbasis mesin KTM 250 Duke. Tenaganya mencapai 30 PS dengan torsi 24 Nm. Namun, tidak ada konfirmasi resmi jika sepeda ini mendapatkan slipper clutch atau tidak. Seperti KTM Duke 250 , Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 dibangun di sekitar kerangka teralis yang dilengkapi dengan sub-bingkai. Tugas penyerapan goncangan dilakukan oleh garpu depan USD berdiameter 43 mm lansiran WP. Di belakang, menggunakan mono-shock preload juga dari WP. Pada sistem pengereman, digunakan rem ABS dua kanal, sama dengan yang dipakai KTM Duke 250. Sayangnya, meski banyak berbagi komponen dengan KTM Duke 250, namun di sektor ban, Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 justru menggunakan ban ban MRF Revz (KTM 250 menggunakan ban Metzeler). Selain itu, Svartpilen 250 memiliki ketinggian kursi 835 mm, dan ground clearance 145 mm. Tangki bahan bakarnya dapat menyimpan 9,5 liter bensin dan bobotnya 154 kg (tanpa bahan bakar). REZA ERLANGGA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Polytron Tambah Lapisan Keamanan Produk Mereka, Termasuk Motor Listrik
    Polytron Tambah Lapisan Keamanan Produk Mereka, Termasuk Motor Listrik
    Ardiantomi . Hari ini
  • Yamaha Siapkan Bengkel & Pos Jaga Selama Libur Lebaran
    Yamaha Siapkan Bengkel & Pos Jaga Selama Libur Lebaran
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Federal Oil Kembali Menggelar Beduk 2024, Berhadiah Nonton MotoGP di Mandalika
    Federal Oil Kembali Menggelar Beduk 2024, Berhadiah Nonton MotoGP di Mandalika
    Zenuar Yoga . 25 Mar, 2024
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Masyarakat Tidak Disarankan Mudik Pakai Sepeda Motor
    Masyarakat Tidak Disarankan Mudik Pakai Sepeda Motor
    Alvando Noya . 25 Mar, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2024
  • Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan, Ini Pilihannya
    Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan, Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Ini Hal Wajib yang Dilakukan Ketika Touring Berkelompok
    Ini Hal Wajib yang Dilakukan Ketika Touring Berkelompok
    Zenuar Yoga . 07 Sep, 2023
  • Tips Biar Sepeda Motor Jadi Kinclong Tampak Seperti Baru
    Tips Biar Sepeda Motor Jadi Kinclong Tampak Seperti Baru
    Zenuar Yoga . 28 Agu, 2023
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023