Hyundai Rilis Sketsa Creta, Calon Produk Pertama Rakitan Indonesia

Hyundai Creta 2022

Sinyal kemunculan Hyundai Creta di Indonesia mulai menyala. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mempublikasikan sketsa sang small SUV itu. Indikasi debut di GIIAS? Tak ada jawaban pasti dari pihak perusahaan. Mereka hanya menyebut bakal kasih kejutan. Kemungkinan mejeng di booth mereka tetap ada.

Dalam siaran pers dijelaskan, Creta adalah produk pertama buatan pabrik Hyundai di Indonesia. Khusus dikembangkan untuk pasar lokal dengan pendekatan desain baru yang berbeda seperti di India. Memang masih disebut meluncur di pasar Indonesia pada masa mendatang, tapi unit versi produksi pasti sudah ada.

Hyundai Creta 2021

Buktinya sudah ada Creta dengan kamuflase tebal berkeliaran di tol Trans Jawa. Banyak diabadikan dan tersebar di dunia maya dalam banyak tanda tanya. Masih begitu awam di mata masyarakat, yang membuat tebak-tebakan model apa itu.

SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, meyakinkan soal kehadiran Creta. “Komitmen Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif menjadi motivasi kami dalam memberikan produk dan layanan unggulan kepada pelanggan Indonesia. Hyundai Creat merupakan produk dengan ciri khas Hyundai yang penuh inovasi serta didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan serta gaya hidup modern masyarakat Indonesia. Hyundai memiliki pendekatan yang customer-centric, di mana pelanggan merupakan sumber inspirasi kami. Oleh karena itu, kami sangat senang bahwa produk ini dapat dibangun berdasarkan berbagai masukan yang kami terima dari masyarakat luas. Untuk itu, kami berharap Hyundai Creta yang akan kami luncurkan pada masa mendatang ini dapat menjadi kebanggan bagi Hyundai, khususnya pelanggan tercinta kami di Tanah Air,” ujarnya dalam rilis pers, (21/10).

Baca Juga: Hyundai Stargazer 2022 Mulai Uji Jalan di Indonesia, Calon Rival Kuat Avanza, Xpander dan Ertiga

 

Model Facelift

Hyundai Creta facelift 2022

Creta yang akan mengaspal di Indonesia sangat berbeda seperti di Negeri Bharata. Karena datang sebagai model facelift dengan perubahan dari sektor fasad dan buritan. Tampilan muka mencirikan desain terbaru Hyundai. Generasi anyar Tucson bisa jadi patokan. Bentuk grille pola trapesium terbalik. Disebut Parametric Jewel Grille sesuai tema desain Parametric Dynamic. Sorot lampu utama LED berada di bawah tiga titik Daytime Running Light (DRL). Dibuat seolah menyatu bersama grille. Gambarannya begitu jelas dari sketsa disebar dan banyak sekali kemiripan seperti hasil rekaan Zigwheels.

Dalam sketsa, bodi samping dibuat dramatis lewat lekukan tegas. Kenyataan tentu tak seperti itu, kemungkinan punya proporsi sesuai model di India. Karena ini model facelift, tentu tak bisa mengharap ada perubahan total. Begitu juga desain bokong. Tetap sama dengan rancangan lampu LED unik gaya bumerang.

Hyundai creta sketch

Sketsa interior juga ada. Namun bagian ini tidak terlihat ada perbedaan dengan versi negara lain. Tampak simpel di tengah sebagai tempat monitor layar sentuh 8-inci terintegrasi dengan konsol. Paling menarik desain setir gaya D-cut Steering Wheel. Mirip punya Staria sesuai model terkini Hyundai.

Perlu diketahui, Creta yang segera muncul ini masih dalam generasi kedua. Awal tampil di Cina pada April 2019 menyandang nama Hyundai ix25, lalu keluar di India Februari 2020. Model facelift belum ada di pasar lain, baru di Indonesia kemunculannya.

Ia punya saudara yang telah beredar di Indonesia. Yup, Kia Seltos merupakan relasi terdekat karena saling berbagi platform. Versi panjangnya pun ada, yaitu Alcazar. Wheelbase dimelarkan agar mampu menampung satu baris kursi lagi. Ada kemungkinan versi ini juga dijual untuk Indonesia.

Untuk awalan, Creta bakal menjadi pilihan baru dalam kancah small SUV. Urusan dimensi tergolong kompak, panjangnya 4.300 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.635 mm dan wheelbase 2.610 mm. Cocok dijadikan alternatif baru selain Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Soal data teknis, kemungkinan amat berbeda dari India. Opsi seperti enjin bensin 2,0-liter dan 1,4-liter turbo sepertinya bukan untuk pasar Indonesia. Paling masuk akal memakai unit 1,5-liter yang juga dipakai Kia Sonet. Tenaga sebesar 115 PS serta torsi 144 Nm. Opsi transmisi ada manual 6-speed atau otomatis iVT. Menarik bukan? Apalagi kalau banderolnya paling terjangkau dari hasil rakitan lokal. Pantas ditunggu. (Odi)

 

Baca Juga: Hyundai Creta Siap Menantang Toyota Raize di Indonesia, Begini Reka Wujudnya

Jelajahi Hyundai Creta

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Creta 2022
  • Tampak Depan Hyundai Creta 2022
  • Tampak belakang Creta 2022
  • Hyundai Creta 2022 Front Side View
  • Tampak depan medium Hyundai Creta 2022
  • Tampak belakang sisi tengah Creta 2022
  • Tampak depan Creta 2022, tilted
  • Hyundai Creta 2022 Front Cross Side View
  • Hyundai Creta 2022 Front Angle High View
Hyundai Creta
Rp 279 - Rp 397,5 Juta Cicilan : Rp 6,37 Juta

Model Mobil Hyundai

Mobil Hyundai
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang