IIMS 2021 Virtual Februari ini Tetap Berjalan, Acaranya Apa Saja?

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 dipastikan mundur ke April. Meski begitu, rencana pameran Februari dipastikan tetap berjalan hanya saja mengusung format virtual. Seperti sudah direncanakan, Dyandra Promosindo sebagai promotor akan melangsungkan IIMS dalam tiga fase. Fase pertama berlangsung dalam waktu dekat. Tepatnya 18-28 Februari 2021 melalui situs www.indonesianmotorshow.com. Setelah itu akan ada kelanjutan pada Maret yang masih berupa kegiatan virtual. Jika berjalan mulus, rangkaian kegiatan lantas ditutup oleh acara puncak pameran hybrid (online dan offline) pada April 2021.


“IIMS Virtual 18-28 Februari bisa dikatakan sebagai sebuah pembuka rangkaian. Mudah-mudahan nanti puncaknya ketika situasi sudah kondusif, kita doakan bersama industri otomotif bisa bangkit untuk melaksanakan event puncak hybrid di JIExpo Kemayoran di April 2021,” buka Project Manager IIMS 2021, Rudi MF dalam kesempatan konferensi pers digital (10/2).


Tanpa dikenakan biaya, pengunjung dapat melakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat mengikuti gelaran bertajuk IIMS Virtual x Shopee. Di dalamnya nanti bisa menikmati ragam interaksi layaknya kegiatan secara fisik. Sebut saja mendapatkan informasi perusahaan, display 3D dan foto produk, komunikasi langsung via Whatsapp, hingga pembelian via rekan e-commerce Shopee. Dilengkapi juga suguhan kegiatan pendukung lainnya.


Ada Kegiatan Apa Saja?


Acara ini akan diramaikan oleh kehadiran berbagai merek kendaraan roda empat dan roda dua. Baik itu model mainstream hingga premium hadir. Untuk mobil ada perwakilan dari APM dan IU seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, Mazda, Hyundai, Kia, Wuling MG, DFSK, BMW, Mini, dan Prestige. Bahkan disebut akan ada kejutan berupa satu merek yang saat ini belum bisa diumumkan namanya.


Di samping itu, tak ketinggalan kehadiran perwakilan roda dua. Total enam merek datang, meliputi Benelli, BMW Motorrad, Italjet, Niu, Royal Alloy, dan Velocifero. Dari display dan kejelasan informasi produk hingga perusahaan bisa didapati di sini. Pun tak hanya itu, visitor akan dimanjakan promo menarik produk aksesori dari Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (Pahami) berikut puluhan merek aftermarket selama sebelas hari.


Melengkapi jalannya acara, berbagai konten kreatif dapat dinikmati secara virtual. Salah satunya adalah program bertajuk “Big B.O.S.”. Merupakan ajang test drive mobil dan motor terkini dari beragam merek terkemuka yang diuji langsung oleh sosok big bos. Menghadirkan penguji dari direktur, owner dan pimpinan merek kendaraan, serta tokoh otomotif Indonesia di palagan Baja Otomotif Superblok (BOS). Kegiatan ini akan ditayangkan dalam dua sesi pada 22 dan 27 Februari 2021.


Bukan itu saja rangkaiannya. Masih ada kegiatan Rare Automotive Auction untuk para kolektor yang ingin menjual atau hunting barang langka lewat pelelangan di situs resmi IIMS. Jalannya acara dihiasi juga oleh talk show bersama penyelenggara hingga tokoh dan eksekutif dunia otomotif. Tak ketinggalan pengalaman ekstra berupa doorprize dan flash sale.


Kalau berjiwa kompetitif, disediakan kompetisi video berskala nasional bernama Alamku Negeriku. Hasil kerja sama dengan Robinson Journey, mengajak masyarakat umum untuk mendokumentasikan perjalanan wisata dengan kendaraan pribadi.


Terakhir, gelaran IIMS virtual fase pertama ini mengadakan program Donasi untuk Indonesia. Menjadi hasil kolaborasi dari Volunteer Indonesia, Port Racer, IIMS, MotoVillage serta elemen keluarga besar otomotif. Mereka kumpulkan donasi secara online dan kegiatan charity day di MotoVillage Jakarta untuk kemudian disalurkan kepada saudara kita yang terkena bencana alam.


Kelanjutan Fase Pertama


Melanjutkan kegiatan yang berakhir di 28 Februari, akan hadir juga gelaran virtual di Maret. Disebut sebagai penyempurnaan fase pertama, rangkaian ditargetkan bakal semakin komprehensif. Fiturnya ditambah dengan tukar-tambah, e-commerce, dan penyempurnaan pengalaman. Bahkan disiapkan virtual launching dari APM dan review produk oleh influencer.


Sebagai tambahan, Rudi memaparkan bahwa ada penambahan sesi offline khusus di fase kedua. “Di fase dua kami akan siapkan bahkan sampai dengan sesi booking untuk test drive dan test ride dengan area yang sudah kami siapkan selama pameran tentu dengan protokol kesehatan,” paparnya.


Baru dari situ puncak IIMS terlaksana secara hybrid di April saat mendapatkan izin berpameran. Untuk kegiatan offline, rencananya berlangsung di JIExpo Kemayoran. “Untuk April kami berharap sudah berjalan hybrid atau offline dan juga online bersamaan,” jelas Rudi. Optimis, ia berharap semester satu tetap dapat menjalankan pameran fisik dan tentu menyesuaikan imbauan pemerintah. (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda