Ikut Gelaran IIMS 2023, Esemka Bakal Bawa Bima Versi Listrik?

Esemka Bima

 

KEY TAKEAWAYS

  • Esemka akan tampil perdana di pameran IIMS 2023

    Spekulasinya akan membawa mobil listrik berbasis Bima
  • Ada yang menarik perhatian kelak di IIMS pada 16-26 Februari 2023. Untuk kali pertama, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) ikut pameran otomotif internasional di JIExpo Kemayoran. Di Instagram iims_id, tertera logo baru perusahaan. Diprediksi, hal itu bagian dari elektrifikasi produk. Karena beberapa waktu lalu, mereka sempat berujar tengah melakukan riset terhadap kendaraan listrik. Basis yang digunakan ialah Bima. Akankah mereka segera meluncurkan versi listrik?

    Salah satu perwakilan perusahaan mengamini kesertaan dalam pameran. “Selamat siang, benar kami Esemka ikut di IIMS tahun ini, sesuai pemberitaan dari Dyandra Promosindo (sebagai penyelenggara pameran). Untuk pertanyaan lainnya nanti akan kami jawab bersama media lain saat pameran nanti. Salam dari Esemka,” terang Sabar Budi, Kepala Humas PT Solo Manufaktur Kreasi, saat dihubungi Zigwheels Indonesia (3/2).

    Untuk spesifikasi Bima EV belum diketahui pasti. Informasinya sangat tertutup. Di sisi lain. Saudara kembarnya di Cina, Star Truck maupun Q20 belum memiliki versi jantung elektrik. Jika benar-benar mewujud menjadi kendaraan listrik murni. Ada kemungkinan mereka melakukan riset sendiri. Atau menjalin kerja sama dengan pihak lain dalam membuat purwarupa, hingga produk massal dan mendebut global.

    Baca Juga: YangWang U9, Supercar Listrik Gaya Eksotis Bertenaga Dahsyat

    Berdasar informasi sebelumnya. Penggunaan pikap Bima sebagai basis EV sangat mungkin dilakukan. Mengingat model produksi sudah ada, bisa meracik ulang sasis seraya mengembangkan struktur rangka semi-monokok sesuai kebutuhan. Tentu hal ini berhubungan erat dengan cost production. Termasuk demi menekan harga jual kelak. Sebagai informasi, sasis Bima dibuat dan diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (INKA). Jadi kansnya tetap dipakai. Lantas berapa kekuatan motornya? Ini juga masih misteri.

    Jika melihat spesifikasi Esemka Bima bermesin 1,2 liter E-power I4 DOHC. Daya maksimum tersembur mencapai 72 kW (98 PS) dan torsi maksimal 119 Nm. Mungkin, jantung elektrik Bima EV bisa sekitaran 75 kW. Lantaran sifat dinamo elektrik itu kuat, diyakini momen puntir puncak bisa tembus di atas varian ICE, kisaran 200 Nm.

    Guna menunjang kebutuhan sebagai kendaraan komersial ringan. Maka penanaman permanent magnet synchronous motor dipastikan berada di sasis belakang. Alhasil bisa menggunakan sistem gerak rear wheel drive (RWD). Mengenai bentuk, ada kabar yang mengatakan ia bakal menjadi sebuah van. Dan bukan perkara sukar untuk mengubah bak belakang menjadi beratap. Sehingga bisa mengangkut banyak penumpang maupun barang.

    Nah, soal bentuk wajah Esemka Bima EV. Diramalkan masih sama dengan varian reguler. Walau mobil listrik, ia tetap memiliki kisi-kisi depan macam kidney grille BMW. Lalu di bawah ada ventilasi udara. Terus bukaan pintu baris kedua model geser untuk mempermudah akses masuk keluar. Tepat, mirip kepunyaan DFSK Gelora E. Bila kelak dirilis, sang EV tetap menyasar pengusaha kelas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Harapannya harga terjangkau. Tunggu saja informasi terbaru di IIMS 2023. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Xiaomi Siap Meluncurkan Mobil Listrik, Begini Bocoran Tampilannya

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • TEST DRIVE: Buktikan Keiritan Jaecoo J7 SHS Keliling Kota Sambil Dimanja ADAS
      TEST DRIVE: Buktikan Keiritan Jaecoo J7 SHS Keliling Kota Sambil Dimanja ADAS
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Konsep Mazda di GIIAS 2025: Dua Model Baru Tampil Perdana dalam Nuansa Jepang Modern
      Konsep Mazda di GIIAS 2025: Dua Model Baru Tampil Perdana dalam Nuansa Jepang Modern
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
      EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
      Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
      Tomi Tomi . 01 Jul, 2025
    • Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
      Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
      Muhammad Hafid . 01 Jul, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Mercedes-AMG Concept GT XX, Sedan EV 1.341 HP Siap Tantang Porsche Taycan
      Mercedes-AMG Concept GT XX, Sedan EV 1.341 HP Siap Tantang Porsche Taycan
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Daihatsu Gran Max Pick Up 2025 Kini Punya Airbag, Rem ABS dan LSPV 
      Daihatsu Gran Max Pick Up 2025 Kini Punya Airbag, Rem ABS dan LSPV 
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
      Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
      Anindiyo Pradhono . 01 Jul, 2025
    • Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
      Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
      Anjar Leksana . 01 Jul, 2025
    • Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
      Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
      Anjar Leksana . 01 Jul, 2025
    • Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
      Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
      Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
      Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
      Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
      Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2025
    • Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
      Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
    • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
    • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025
    • Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Wahyu Hariantono . 16 Jun, 2025
    • Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
      Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Alvando Noya . 26 Mei, 2025