Ini 13 Fakta Mesin Baru Harley-Davidson Milwaukee-Eight

JAKARTA, 16 September 2016 – Harley-Davidson resmi memperkenalkan mesin terbarunya yang diberi nama Milwaukee-Eight. Mesin ke-9 dalam sejarah Harley-Davidson ini mendapat banyak perubahan signifikan yang menghasilkan performa yang berbeda. Dari sisi tampilan, Harley-Davidson Director of Styling Brad Richards, mengatakan mesin ini bak bagian belakang atlet renang, “Ramping di bagian pinggang namun lebar dan berotot di bagian pundak.” Motovaganza menyaksikan dan merasakan langsung performa mesin baru ini dalam test ride eksklusif di Tacoma, Washington, Amerika Serikat. Berikut beberapa fakta penting tentang Milwaukee-Eight: 1. Delapan Katup Mesin baru Milwaukee-Eight memiliki delapan katup, atau empat katup per silinder. Sistem pembakaran intake dan exhaust lebih besar 50%dibandingkan versi Twin Cam yang digantikannya. 2. Lebih Bertenaga Mesin baru ini memiliki torsi 10 Persen lebih besar dibandingkan sebelumnya. The U.S. Environmental Protection Agency (EPA) menyebutkan jika mesin baru 107 menghasilkan tenaga 92.53 horsepower (69kw) @ 5020 rpm, dan tipe 114 menghasilkan 100.57 horsepower (75kw) @ 5020 rpm. 3. Kompresi Lebih Tinggi Sejalan dengan meningkatnya kubikasi, mesin ini juga memiliki rasio kompresi lebih tinggi yaitu 10.5:1. Dua busi untuk masing-masing silinder menghasilkan pembakaran yang lebih efisien. 13092016-moto-milwaukee-eight_06 4. Camshaft Tunggal Milwaukee-Eight memiliki single camshaft atau nokn as, lebih ringan, dan tak membutuhkan banyak perawatan. Hasilnya secara mekanik mesin lebih simpel dan kurang gesekan dan suara. 5. Akselerasi Lebih Cepat Memiliki berat yang sama dengan mesin sebelumnya namun dengan tenaga yang lebih besar, akselerasi yang dihasilkan juga lebih baik. Mesin 107 motor berakselerasi 11 persen lebih cepat dari posisi 0-60 mph, serta akselerasi roll-on dari 60-80 mph, dibandingkan dengan Twin Cam High Output 103. Tipe 114 lebih cepat 8 persen dari 0-60 mph dan 12 persen lebih cepat pada 60-80 mph, dibandingkan dengan Twin Cam 110. 6. Lebih Halus Dengan sedikit gesekan bagian pada mesin, tingkat kebisingan mesin berkurang. Hal ini dikompensasikan dengan meningkatkan output suara pada knalpot. 7. Minim Getaran Mesin Milwaukee-Eight menggunakan karet-mounting dan single internal counter balancer untuk mengurangi getaran mesin. Harley-Davidson mengklaim ada penurunan 75% dalam getaran saat motor dalam kondisi idle. 8. Lebih Dingin Penggunaan pendingin, baik udara dan cairan, serta perbaikan alur sistem pendinginan, desain ulang kepala silinder, membuat panas mesin berkurang. Knalpot juga didesain ulang untuk menjauhkan panas dari pengendara. Putaran Idle mesin juga diturunkan dari 1.000 rpm ke 850 rpm. 13092016-moto-milwaukee-eight_05 9. Ergonomi Ditingkatkan Milwaukee-Eight memiliki cover yang lebih ramping. Mesin ini juga mendapat Assist and Slip Cluth meningkatkan aktuasi hidrolik yang membuat tuas kopling lebih ringan hingga 7 persen. 10. Aliran Udara Lebih Baik Katup yang lebih ringan, single camshaft, cover desain baru, dan peningkatak komponen membuat berkurangnya suara mesin. Intake mesin dan aie cleaner didesain untuk mengurangi suara intake namun memaksimalkan aliran udara. 11. Peningkatan Daya Listrik Aris listrik naik 24-25 ampere saat medin idle sehingga sistem charging Milwaukee-Eight menghasilkan output 50 persen lebih banyak dari sebelumnya. Sehingga memberikan listrik tambahan bagi penggunaan aksesoris seperti lampu, audio, pemanas grip, dan aksesoris lainnya. 12. Lebih Ramping Secara desain mesin baru ini lebih ramping, menghasilkan legroom yang lebih besar di sekitar mesin sehingga lebih mudah bagi kaki pengendara menjejak tanah. 13. Tiga Varian Harley-Davidson Milwaukee-Eight memiliki 3 varian yaitu Milwaukee-Eight 107 dengan kepala silinder berpendingin oli, berkapasita 107 inci kubik (1750cc). Kemudian Twin-Cooled Milwaukee-Eight 107 yang dilengkapi pendingin cairan. Terakhir adalah Twin-Cooled Milwaukee-Eight 114, yang berpendingin cairan, kapasitas 114 inci kubik (1870cc). Untuk tahun pertama, Milwaukee-Eight ini hanya akan digunakan eksklusif untuk model Touring dan roda tiga (three-wheel). RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • United E-Motor Hadirkan Test Ride dan Promo Khusus di IIMS Surabaya 2025
    United E-Motor Hadirkan Test Ride dan Promo Khusus di IIMS Surabaya 2025
    Bangkit Jaya Putra . 29 Mei, 2025
  • AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Vespa Indonesia Meriahkan Jakarta Mods MayDay 2025
    Vespa Indonesia Meriahkan Jakarta Mods MayDay 2025
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Fazzio Modifest 2025 Wadahi Kreativitas Anak Muda Yogyakarta
    Fazzio Modifest 2025 Wadahi Kreativitas Anak Muda Yogyakarta
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Tracker Luncurkan 2 Jaket Motoran Baru, Cocok Buat Touring dan Harian
    Tracker Luncurkan 2 Jaket Motoran Baru, Cocok Buat Touring dan Harian
    Bangkit Jaya Putra . 28 Mei, 2025
  • 5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    Bangkit Jaya Putra . 27 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Zenuar Yoga . 09 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025