Ini Beberapa Penyebab Ban Motor Cepat Botak

JAKARTA, 25 Februari 2017 – Ban sepeda motor umumnya didesain untuk bisa bertahan selama 1,5 hingga 2 tahun. Namun, karena beberapa kesalahan dalam berkendara membuat ban sepeda motor lebih cepat botak atau gundul. Demikian seperti dikutip dari forum hubpages.com yang dilansir Liputan6.com. Selalu menggunakan standar samping. Ya, kesalahan ini merupakan salah satu yang paling banyak dilakukan oleh pengendara. Standar samping memang lebih mudah, tetapi sekaligus membuat beban motor terpusat di satu sisi. Akibatnya shockbreaker juga menjadi condong ke kiri dan menekan ban sebelah kiri. Hal ini membuat bagian kiri ban semakin cepat aus. Baca juga: Jangan Selalu Parkir dengan Standar Samping Tekanan angin kurang. Tekanan angin ban untuk setiap motor bisa berbeda tergantung dari pabrik masing-masing. Jika tekanan yang ada tidak sesuai rekomendasi, maka ban motor akan semakin menapak ke aspal. Hal inilah yang membuat permukaan ban motor menjadi semakin cepat aus. Mengangkut beban berat. Banyak orang yang menggunakan motor untuk mengangkut beban berat. Padahal, ketika beban yang diangkut melebihi bobot maksimum motor, maka dapat menimbulkan bahaya. Dengan semakin bertambahnya beban, maka permukaan ban akan semakin tertekan pada aspal dan membuatnya melebar. Tentunya jika berlangsung terus, ban akan semakin cepat gundul. Karena itu sebaiknya perhatikan bobot maksimum yang dapat diangkut motor Anda. Jarang membersihkan ban. Setiap harinya, Anda tidak tahu bahan kimia apa saja yang menyentuh permukaan ban motor saat berkendara. Padahal ada beberapa zat yang dapat membuat ban lebih cepat habis seperti cat, oli, bensin, air sabun, dan lain-lain. Karena itu sebaiknya rajin-rajinlah membersihkan ban motor Anda. Saat membersihkan, hindari penggunaan sabun colek atau deterjen bubuk yang dapat mengurangi umur ban. Jika malas, cukup basahi dan sikat ban. Setelah itu bilas dengan air bersih. Berkendara dengan kecepatan tinggi. Saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, Anda juga akan lebih mungkin mengerem secara mendadak dan dengan lebih sering. Mengerem dapat menambah beban pada ban, apalagi jika dilakukan secara mendadak. Karena itu, kebiasaan ini dapat membuat ban lebih cepat gundul. ANDHIIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Perkuat Purnajual, United E-Motor Hadirkan Call Center Motor Listrik 24 Jam
    Perkuat Purnajual, United E-Motor Hadirkan Call Center Motor Listrik 24 Jam
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Cosanostra MC Rayakan HUT ke-16: Gelar D13Hard Festival, Padukan Kultur Motor dengan Musik
    Cosanostra MC Rayakan HUT ke-16: Gelar D13Hard Festival, Padukan Kultur Motor dengan Musik
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Triumph Luncurkan Speed Triple 1200 RX Edisi Terbatas
    Triumph Luncurkan Speed Triple 1200 RX Edisi Terbatas
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Norton Motorcycles Bangkit dari Kehancuran, Siap Gebrak Pasar Motor Kelas Menengah
    Norton Motorcycles Bangkit dari Kehancuran, Siap Gebrak Pasar Motor Kelas Menengah
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Alva Perluas Jangkauan, Resmikan Experience Center Pertama di Bali
    Alva Perluas Jangkauan, Resmikan Experience Center Pertama di Bali
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Zenuar Yoga . 09 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025