Ini Cara Derek Mobil Listrik Mogok yang Benar

cara derek DFSK Seres E1

Sekarang banyak sekali produk EV terbaru bermunculan semenjak pemerintah memberikan regulasi pendukung dan insentif.  Ekosistem mobil listrik di Indonesia semakin berkembang. Catatan penting, sistem penggerak yang berbeda antara kendaraan listrik dengan mobil internal combustion engine. Sehingga  membuat penggunaan, perawatan, hingga penangan ketika kondisi darurat berbeda. Salah satu yang perlu diantisipasi adalah ketika kendaraan listrik mogok. Lantas apa yang harus dilakukan?

KEY TAKEAWAYS

  • Mobil listrik tak boleh diderek sembarangan

    Sistem penggerak sangat berbeda dari mesin bensin atau solar
  • Hal pertama yang mesti diperhatikan oleh pengguna kendaraan listrik apabila mengalami mogok di tengah perjalanan adalah harus tenang. Pastikan semua penumpang dalam kondisi baik dan kendaraan diusahakan bisa di posisi aman. Kemudian apabila Anda ingin menderek mobil. Pastikan dilakukan dengan benar dan tepat agar tidak menambah kerusakan perangkat lain. Sesuatu yang bisa membuat biaya perbaikan semakin banyak. 

    Baca Juga: Tipe Termahal Rp200 Jutaan, Cek Modal Seres E1 untuk Lawan Rivalnya di Indonesia

    Perhatikan juga kendaraan derek yang digunakan menggunakan model flatbed. Sehingga posisi kendaraan yang mogok bisa digendong sepenuhnya di atas kendaraan derek. Penggunaan kendaraan gendong model flatbed ini untuk meminimalisir kerusakan di motor penggerak apabila dipaksa diderek atau bahkan di dorong terlalu jauh.

    Ambil contoh produk DFSK yakni model Seres E1 yang menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor di roda belakang dengan dukungan transmisi otomatis. Jika kendaraan ini mengalami mogok dan hendak diderek. Hal pertama yang dilakukan adalah memindahkan transmisi ke posisi Netral.

    Kemudian Seres E1 bisa didorong agar naik ke atas truk derek dan digendong di atasnya. Para insinyur memberikan toleransi untuk mendorong Seres E1 sejauh lebih kurang 10 meter. Setelah sampai di atas flatbed, transmisi bisa dipindah ke posisi parking dan roda dikunci untuk mengamankan selama di atas.

    “Mobil listrik menggunakan motor penggerak untuk memutar roda dan komponen ini tidak bisa bekerja apabila kendaraan dalam kondisi mati. Oleh sebab itu gunakan derek flatbed apabila kondisi kendaraan mogok. Kemudian segera antarkan kendaraan ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan yang optimal dari mekanik kami yang sudah terlatih. Termasuk jaminan suku cadang yang original,” ungkap Herry Bertus Windyarto, Deputy Head of Customer Service Division PT Sokonindo Automobile, dalam keterangan tertulis lewat surat elektronik. (Alx)

    Baca Juga: Harga DFSK Gelora E Turun Ratusan Juta, Ternyata cum Segini Biaya Servisnya

    Jelajahi DFSK Seres E1

    • Tampak Depan Bawah DFSK Seres E1
    • Tampak samping Seres E1
    • Tampak Depan DFSK Seres E1
    • Tampak belakang Seres E1
    • Tampak belakang Seres E1
    • DFSK Seres E1 Front Side View
    DFSK Seres E1
    Rp 189 - 219 Juta Cicilan : Rp 4,31 Juta

    Model Mobil DFSK

    Mobil DFSK
    • DFSK Gelora
      DFSK Gelora
    • DFSK Gelora Electric
      DFSK Gelora Electric
    • DFSK Glory 560
      DFSK Glory 560
    • DFSK Glory E3
      DFSK Glory E3
    • DFSK Glory i-Auto
      DFSK Glory i-Auto

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil DFSK Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Hatchback

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil DFSK Seres E1 dari Carvaganza

    • IIMS 2024: DFSK Tawarkan Program Kredit Spesial Untuk Seres E1
      IIMS 2024: DFSK Tawarkan Program Kredit Spesial Untuk Seres E1
      Muhammad Hafid . 20 Feb, 2024
    • DFSK Sudah Mulai Produksi Seres E1 di Indonesia
      DFSK Sudah Mulai Produksi Seres E1 di Indonesia
      Setyo Adi . 18 Des, 2023
    • DFSK & Seres Pamer Kendaraan Elektrifikasi di GIIAS Bandung 2023
      DFSK & Seres Pamer Kendaraan Elektrifikasi di GIIAS Bandung 2023
      Muhammad Hafid . 23 Nov, 2023
    • Baterai Mobil Listrik Bisa Tahan Terendam Air, Tapi Ada Batasnya
      Baterai Mobil Listrik Bisa Tahan Terendam Air, Tapi Ada Batasnya
      Alvando Noya . 22 Agu, 2023
    • GIIAS 2023: Termahal Rp200 Jutaan, Spek Seres E1 Pede Lawan Air ev
      GIIAS 2023: Termahal Rp200 Jutaan, Spek Seres E1 Pede Lawan Air ev
      Anjar Leksana . 18 Agu, 2023

    Artikel Mobil DFSK Seres E1 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Seres Siapkan Program Kepemilikan E1 Khusus di IIMS 2024
      Seres Siapkan Program Kepemilikan E1 Khusus di IIMS 2024
      Muhammad Hafid . 20 Feb, 2024
    • DFSK Imingi-imingi Pembelian Mobil Listrik dengan Voucher PLN Jutaan Rupiah
      DFSK Imingi-imingi Pembelian Mobil Listrik dengan Voucher PLN Jutaan Rupiah
      Anjar Leksana . 22 Jan, 2024
    • Mobil Listrik Seres E1 Mulai Proses Produksi di Pabrik Cikande
      Mobil Listrik Seres E1 Mulai Proses Produksi di Pabrik Cikande
      Setyo Adi Nugroho . 14 Des, 2023
    • Setiap Pembelian DFSK Seres E1 Otomatis Dapat Wall Charger Senilai Rp15 Juta
      Setiap Pembelian DFSK Seres E1 Otomatis Dapat Wall Charger Senilai Rp15 Juta
      Anjar Leksana . 10 Nov, 2023
    • Seres E1 Tampil Perdana di GIIAS Surabaya 2023
      Seres E1 Tampil Perdana di GIIAS Surabaya 2023
      Setyo Adi Nugroho . 21 Sep, 2023
    • Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
      Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
      Setyo Adi Nugroho . 30 Agu, 2023
    • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024