Ini Daftar Ubahan All New Honda BeAT Baru

JAKARTA, Motovaganza.com – Honda akhirnya secara resmi meluncurkan Honda BeAT series generasi terbaru di Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2020) kemarin. Skutik ini tampil dengan banyak ubahan dan upgrade teknologi serta fitur baru.

Berbagai peningkatan dilakukan Honda pada motor matik yang diperkenalkan pertama kali pada 2008 tersebut. Mulai dari desain, rangka, mesin, hingga peningkatan fitur.

Bagaimana detilnya? Berikut rangkuman kami.

All New Honda BeAT

Rangka Baru


All New Honda BeAT terbaru menggunakan rangka baru berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Ini menjadikan BeAT sebagai model kedua Honda yang menggunakan rangka baru ini. Sebelumnya rangka eSAF digunakan oleh Honda Genio.

Rangka yang diusung kini lebih lincah dan dapat meningkatkan stabilitas handling sehingga sepeda motor mudah dikendalikan dan nyaman saat dipakai bermanuver.

Penggunaan rangka eSAF pada kedua model ini juga mampu memberikan pemanfaatan ruang yang lebih besar. Bagasi penyimpanan barang kini lebih luas dengan kapasitas 12 liter. Selain itu, kapasitas tangki bahan bakar lebih banyak menjadi 4,2 liter.

All New Honda BeAT Street

Dimensi Baru


Dimensi Honda BeAT sedikit lebih besar dibanding sebelumnya. Saat ini dimensinya bertambah sedikit menjadi 1.877 x 669 x 1.074 mm (P x L x T). Sebelumnya, dimensi Honda BeAT adalah 1.856 x 741 x 1.054 mm.

Ubahan dimensi ini meningkatkan kenyamanan di banyak sektor. Misalnya, ruang kaki tambah lapang, begitupun kapasitas bagasinya, meningkat jadi 12 liter.

Selain itu ground clearance atau jarak terdekat ke tanah juga naik 1 mm menjadi 147mm. Tapi jarak joknya dari tanah masih sama dengan model sebelumnya yaitu 740mm.


Desain Baru


Dikenal dengan kelincahannya saat berkendara, Honda BeAT terbaru tetap bergaya ramping dan dinamis. Seluruh struktur bodinya berubah. Banyak garis tegas dan lancip di setiap bagian tubuhnya, dari depan hingga belakang. Bentuk fascianya pun berubah total.

Di ujung batok lampunya sedikit pesek, beda dengan versi sebelumnya yang meruncing. Lampu depan sekarang sudah pakai teknologi LED. Wujud rumah lampu terlihat seperti abjad “U”. Sepatbor juga tidak luput dari penyegaran, menyesuaikan bodi rampingnya.

Sementara untuk All New Honda BeAT Street, pijakan kaki belakang kini menggunakan bahan dasar alumunium. Hal ini disesuaikan dengan karakter Street Style yang bergaya khas anak muda perkotaan.


Mesin Baru


All New BeAT dibekali mesin eSP 110 cc SOHC generasi terbaru. Sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

Beat versi baru mampu menghasilkan tenaga 8,9 hp @ 7.500 rpm dengan torsi 9.3 Nm @ 5.500 rpm. Angka ini naik sedikit dibanding dengan model sebelumnya (8,56 hp @ 7.500 rpm dan 9,01 Nm @ 6.500 rpm).

Menurut data pabrikan, teknologi baru membuat Honda BeAT kini lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Melalui tes internal dengan metode ECE R40, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 km/liter dan menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar (besar tangki 4,2 liter). Hasil ini meningkat dari sebelumnya, yang hanya 59 km/liter.

All New Honda BeAT dengan varian CBS-ISS telah dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System). Fitur ini berperan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini membuat motor lebih efisien dan ramah lingkungan.

Melengkapi fitur ISS, pada varian ini juga dibekali dengan teknologi terdepan yakni sensasi menghidupkan mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter.


Fitur BeAT


All New Honda BeaT varian CBS-ISS telah dibekali fitur canggih. Sekarang sudah disediakan power charger. Menambah keprasktisan dalam hal mengisi ulang daya baterai gadget. Lokasinya berada di Inner Rack depan kanan.

Panel meter masih dengan kombinasi digital dengan analog. Namun, kini tampilan layarnya didominasi warna biru. Indikator ECO juga disematkan sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Sedangkan pada All New Honda BeAT Street, panel meter model ini telah menggunakan Digital Panel Meter dengan background layar berwarna biru menambah tampilan desain yang lebih sporti dan ukuran yang lebih besar, sehingga memudahkan bagi para pengguna untuk membaca informasi yang ditampilkan.

Sisi keamanan, All New Honda BeaT series ditunjang dengan fitur Secure Key Shutter. Ditambah dengan tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor.

Sistem pengereman sudah menggunakan fitur Combi Brake System (CBS). Selain itu, AHM juga membekali dengan Side Stand Switch dan Parking Brake Lock untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendaranya.


Harga BeAT


Semua ubahan itu, dikemas pada sosok All New Honda Beat dalam 9 warna. Tipe CBS ada Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black yang dipasarkan dengan harga Rp 16,450 juta.

Untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna; Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black yang dipasarkan dengan harga Rp 17,150 juta.

Selain itu, model ini juga menawarkan tipe Deluxe series (CBS-ISS). Disediakan 2 pilihan warna, yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver yang dipadukan dengan 3D Emblem. All New Beat series paling mewah ini dilego dengan harga Rp 17,250 juta. Semuanya berstatus OTR Jakarta.

Sementara itu, All New Honda BeAT Street hadir dengan tipe CBS dalam 3 pilihan warna yakni Street Black, Street Silver dan  Street Black Silver. Model ini dipasarkan dengan harga Rp. 17,150 juta.

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda