Ini Fungsi Standar Samping dan Tengah Sepeda Motor

JAKARTA, 10 April 2016 – Bagi Anda penggua motor nampaknya sudah familiar dengan kehadiran piranti motor bernama standar. Umumnya motor memiliki dua buah jenis standar yang sudah “melekat” sebagai fitur standar yaitu, standar samping dan standar dua atau tengah. Penggunaan keduanya secara sederhana memiliki fungsi untuk menopang beban kendaraan saat sedang tidak ditunggangi a.k.a dipakai. Tapi tahukah Anda kapan harus menggunakan standar samping dan kapan harus menggunakan standar ganda? Pertama, penggunaan standar samping yang dianggap mudah dan tidak memerlukan waktu yang tidak begitu lama dalam pengoperasiannya. Penggunaan standar ini hanya dilakukan secara cepat alias bersifat sementara dan diparkir tidak terlalu lama. Walau penggunaanya yang simpel dan cepat merupakan keuntungan dari penggunaan standar samping namun jika motor yang akan anda parkir atau lama tidak digunakan selama berhari-hari sebaiknya anda menggunakan standar dua atau tengah. Pengoperasian standar motor juga harus disesuaikan dengan kondisi permukaan tempat motor diparkir semisal tidak miring seperti tanjakan atau permukaan yang tidak rata. Selain itu kondisi ban yang tidak menempel pada permukaan tanah atau lantai juga dapat menjaga tekanan angin pada ban motor anda terutama bagian belakang. Keuntungan lain dari penggunaan standar tengah juga akan menjaga keseimbangan motor. Artinya beban shockbreaker bakalan lebih seimbang antara yang kanan dengan yang kiri. Namun perlu diperhatikan juga saat Anda harus menggunakan standar tengah seperti tangan tidak licin karena basah air hujan atau hal lainnya yang membuat Anda kehilangan keseimbangan saat akan menggunakan standar tengah. Pasalnya, menggunakan standar tengah dibutuhkan tenaga ekstra dan menjaga keseimbangan yang baik. Semoga bermanfaat! ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • FIFGROUP Kantongi Total Transaksi Rp7,9 Miliar di IMOS 2025
    FIFGROUP Kantongi Total Transaksi Rp7,9 Miliar di IMOS 2025
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Aprilia Racing dan SC-Project Lanjutkan Kerja Sama Hingga MotoGP 2026
    Aprilia Racing dan SC-Project Lanjutkan Kerja Sama Hingga MotoGP 2026
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Motul Luncurkan Pelumas Mesin 2-Tak Berperforma Tinggi
    Motul Luncurkan Pelumas Mesin 2-Tak Berperforma Tinggi
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Honda CL250 Pakai Teknologi E-Clutch, Dijual Rp79 Jutaan
    Honda CL250 Pakai Teknologi E-Clutch, Dijual Rp79 Jutaan
    Anjar Leksana . 06 Okt, 2025
  • CustoMaxi Makassar 2025: Kreativitas Modifikator XMax Konsep Motorized Jadi Sorotan
    CustoMaxi Makassar 2025: Kreativitas Modifikator XMax Konsep Motorized Jadi Sorotan
    Zenuar Yoga . 06 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Drive Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Drive Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025