Ini Generasi Pertama Motor Listrik Harley Davidson

MILWAUKEE, 23 Juli 2016 - Perkembangan teknologi mesin motor bertenaga listrik sebenarnya sudah dilakukan terlebih dahulu oleh pabrikan motor asal Amerika, Harley-Davidson. Munculnya sosok moge elektrik dari Harley, yang diberi nama Livewire ternyata, memunculkan fakta yang mungkin tidak banyak diketahui oleh publik.

HD tercatat pernah memiliki motor prototype bermesin elektrik yang bernama 'Transitron'. Motor elektriknya ini merupakan buah pemikiran dari sang desainer HD Hydra-Glide yakni Brooks Steven. Ia membangun moge elektrik ini dari basis HD Sportster miliknya sendiri.

Motor prototype ini dibekali dengan sumber tenaga 24 Volt 95 Amp yang terhubung dengan drive belt transmisi automatic 4-percepatan menuju sistem penggerak akhir menggunakan rantai. Motor ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal sekitar 50 mph dan mampu dikendarai sekitar enam jam dalam sekali isi ulang daya.

Sayangnya motor garapanya ini mengalami pengemukan serta mengalami overweight dimana bobotnya tercatat menjadi 285 kg. Bobot ini lebih berat sekitar 75 kg dibandingkan dengan HD Livewire. Sehingga akhirnya motor ini urung untuk terus dikembangkan.

Saat ini Harley Davidson memang masih terus meriset dan mengembangkan motor berteknologi listrik keduanya, Livewire. Motor listrik garapan HD ini masih terus dalam tahap uji dan tahap kelayakan melalui beberapa film Hollywood seperti, Captain America, Spiderman dan beberapa film fiksi ilimiah lainnya.

ANDHIKA KRESNA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda