Ini Penampilan BMW G310R Jika Diubah Menjadi Tracker

TOKYO, 6 Desember 2016 - Bagi para builder, BMW R nineT merupakan sosok motor bergenre roadster bak sebuah “blank canvas”. Namun kali ini pabrikan motor asal Jerman, BMW Motorrad memiliki varian lain yang juga “asik” diajak dandan alias custom yaitu BMW G310R.

Walau kehadirannya di Indonesia belum juga dapat dipastikan di Jepang, motor ini sudah tampil secara kastem. Digarap oleh Takashi Nihira dari Wedge Motorcycles of Japan, BMW G310R tampil sangat Manly dengan susunan tulang rangka yang terlihat bersih dan juga kokoh.

Builder yang juga pekerja di sebuah dealer mobil sebagai mekanik ini dianggap mampu membangun G 310 R menjadi terlihat tidak lazim. Ia juga mampu menangani setiap aspek dari proses memodifikasi motor asal Jerman tersebut. Walau menurutnya proyek ini terlihat mudah, namun Nihira-San malah berpikir sebaliknya. Hal ini dikarenakan BMW G310R merupakan motor dengan mesin single silinder 310 cc tersebut sudah memiliki design yang sangat luar biasa.

"Buat saya, mendapatkan pekerjaan ini merupakan tantangan. Saya sering mendapati tekanan saat harus membangun motor kastem karena saya harus menyesuaikan konsep dan keinginan pemilik motor. Namun, hal ini berbeda dengan BMW G310R yang membebaskan saya untuk berekspresi tanpa adanya tekanan,” buka Nihira.

Di tangannya, ia akhirnya memutuskan untuk membuat G310R menjadi sebuah tracker. Ia memang sangat menyukai model ini, menurutnya model tracker merupakan motor dual purpose yang akan mendunia sama seperti tren café racer. Demi tidak menghilangkan identitas asli G310R Takashi tidak banyak merubah rangka utama, ia hanya merubah sedikit nagian lengan ayun dan bagian buritan.

Alhasil, motor yang awalnya memiliki tampilan “gemuk” dibagian depannya kini terlihat ramping. Tidak hanya itu, bagian menariknya adalah sang builder menempatkan radiator yang sedikit keluar ke sisi sebelah kiri, ini menjadikan motor terlihat gagah dan siap untuk di ajak berkompetisi.

Hanya dalam waktu dua setengah bulan, builder muda tersebut akhirnya merampungkan tugasnya di bagian bodywork dan penyetelan elektronik lainnya. Setelah bentuk penampilan di anggap telah rampung dan proposional, Takashi memberikan laburan warna hijau zaitun untuk frame G310 R serta putih dan hitam untuk bagian bodyworknya.

Kini G310R ini memiliki penampilan terbarunya di segmen motor tracker. Hasil karyanya ini membuat BMW Motorrad berpikir untuk merilis G310R Tracker dan pilihan lain dari GS310 yang juga berbasis mesin yang sama dengan G310R.

Berikut Detailnya




ANDHIKA KRESNA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda