Ini Perbedaan Honda CBR1000 RR dengan CBR1000 RR SP

JAKARTA, 26 Juli 2016 - Ada yang menarik dari motor sport milik pabrikan motor asal Jepang, Honda yaitu Honda CBR1000RR dan Honda CBR1000RR SP. Keduanya ibarat pinang dibelah dua. Walau secara kasat mata terlihat sama namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat berbeda. Lalu apa sajakah perbedaan tersebut? Perbedaan pertama yang dapat mudah terlihat pada penggunaan kelir di bagian velg. Honda CBR1000RR SP menggunakan kelir berwarna kuning keemasan sementara Honda CBR1000RR hanya mengunakan warna hitam biasa. Kedua jika diperhatikan dengan seksama, juga memiliki livery yang berbeda. Perbedaan livery keduanya terletak pada bagian fairing depan, tepatnya ada pada bagian atas headlampnya. Keduanya juga dibedakan dari "berat badan" alias bobot yang dimiliki. Hal ini dikarenakan Honda CBR1000RR SP sudah menggunakan material Magnesium dan carbon di beberapa part motor ini seperti di bagian spatbor depan dan belakangnya. Selain itu komposisi mesin yang menjadikan 1 kg lebih ringan dari Honda CBR1000 RR biasa. Perbedaan selanjutnya ada pada bagian buritan dimana Honda CBR1000RR SP tidak dilengkapi foot step bagi penumpang belakang. Ini artinya Honda CBR1000RR SP memiliki "sifat egois" karena hanya memiliki single seater alias satu kursi pengendara. Hal ini dikarenakan Honda CBR1000RR SP memang hanya diperuntukkan balap lengkap dengan fitur jalan raya. Secara mesin, Honda CBR1000RR SP memiliki sedikit perbedaan. Honda CBR1000RR hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 160-an hp sementara Honda CBR1000RR SP diklaim mampu memuntahkan sebesar 180 hp. Selain itu, Honda CBR1000 RR SP sudah dibekali suspensi milik Ohlins dengan tipe TTX di bagian depan-belakangnya sementara CBR1000 RR biasa hanya menggunakan suspensi berlabel showa. Adapun Honda CBR1000RR SP rem depan sudah menggunakan kaliper milik Brembo sedangkan Honda CBR1000RR standar menggunakan Tokico. Bagaimana dengna harga? PT Astra Honda Motor (AHM) membanderol Honda CBR1000RR SP dengan harga Rp 575 Juta (Off the road) dengan pilihan special tri color red-white-blue. ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Honda Forza 2025 Tampil dengan Panel Meter TFT Baru dan Warna Eksklusif
    Honda Forza 2025 Tampil dengan Panel Meter TFT Baru dan Warna Eksklusif
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Tiga Vespa Terbaru Kini Sudah Tersedia di Diler Motoplex Seluruh Indonesia
    Tiga Vespa Terbaru Kini Sudah Tersedia di Diler Motoplex Seluruh Indonesia
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Wahana Bukukan Penjualan Fantastis di JFK 2025
    Wahana Bukukan Penjualan Fantastis di JFK 2025
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Royal Enfield Classic 650 Meluncur, Tawarkan Gaya Retro dan Mesin 650cc Twin
    Royal Enfield Classic 650 Meluncur, Tawarkan Gaya Retro dan Mesin 650cc Twin
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025