Ini Pilihan SUV di Bawah Rp 300 Jutaan, Mana Paling Oke?

Sport Utility Vehicle

JAKARTA – Pasar otomotif Tanah Air mulai menunjukkan angin segar. Setidaknya saat memasuki era New Normal kali ini, penjualan kendaraan roda empat menunjukkan peningkatan tipis. Memang angkanya belum kembali seperti sebelum pandemi COVID-19. Tapi setidaknya sudah mengindikasikan banyak konsumen yang mencari mobil baru. Apakah Anda tengah mencari SUV?

Pilihan yang ada memang cukup banyak. Tak salah jika Anda agak bingung SUV mana yang cocok. Kami punya daftar SUV dengan harga di bawah Rp 300 jutaan. Selain tampilan, mesin, dan kenyamanan kabin, ground clearance di atas 200 mm membuat mobil jenis ini dapat melintasi beragam kondisi jalan.

Berikut pilihan SUV di bawah Rp 300 jutaan, dengan ground clearance di atas 200 mm.

Wuling Almaz

Wuling Almaz

Pertama ada nama Wuling Almaz. Mobil besutan merek asal Cina ini memiliki jarak terendah paling jenjang, 230 mm. Tak hanya itu, banderolnya pun sangat bersaing. Termurah di varian Smart Enjoy MT 7 Seater berada di agka Rp 266,8 juta. Ada pilihan CVT senilai Rp 278,8 juta. Beragam fitur dibenamkan. Paling menarik perintah suaranya yang dinamakan WIND (Wuling Indonesia Command), yang mengizinkan penggunaan Bahasa Indonesia.

Punya panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm. Wheelbase disetel 2.750 mm. Pabrikan mampu membuatnya cukup menampung hingga tujuh penumpang. Bicara rupa, tampilannya atraktif dengan nuansa modern. Tak kalah dengan model Jepang atau Eropa yang beredar di Tanah Air. Bila memilih varian termahal yang menyentuh Rp 300 jutaan, bakal menikmati tambahan panoramic sunroof. Aura modern juga terpancar di dalam. Apalagi bila melihat head unit masif 10,4 inci yang diposisikan vertikal di tengah dashboard.

Jantung mekanis tak besar, cuma 1,5 liter. Tapi didampingi turbo untuk mendongkrak tenaga. Hasilnya 141 PS yang muncul di 3.500 rpm, dan torsi 250 NM sejak 1.600 sampai 3.600 rpm. Khusus untuk pemindah gigi CVT, ada mode berkendara : Eco dan Sport. Sehingga performa mengikuti kebutuhan pengemudi. Entah mau lebih liar atau menghemat bahan bakar.

Urusan fitur, terbilang lengkap. Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) sudah pasti terpasang, Masih ketambahan Traction Control, Hill Hold Control, Electronic Parking Brake, Electronic Stability Control. Sensor jarak untuk parker juga tersedia baik di tengah buritan atau sudut. Ini masih didukung kamera belakang Untuk meminimalisir benturan Ketika kecelakaan disediakan front dan side airbag.

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross

Berada di posisi kedua adalah Xpander Cross dengan tinggi kolong mencapai 225 mm. Pada dasarnya mobil ini merupakan versi tangguh dari LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) Xpander. Ada tiga varian; manual dengan banderol Rp 272,7 juta, otomatis Rp 282,7 juta dan Premium Package A/T Rp 292,7 juta Bila memilih termahal, bakal disuguhkan tampilan lebih mewah, berkat pelapis kulit, kaca film V-Kool dan emblem masif di kap mesin.

Dimensi panjangnya 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Desainnya berupa Xpander yang diberikan berbagai aksesoris pelindung untuk kegiatan offroad ringan. Seperti underguard di depan dan belakang. Kemudian sistem suspensinya disetel lagi rebound spring-nya. Sehingga lebih aman menghadapi berbagai kondisi jalan. Pengguna akan dimanjakan beragam fitur, seperti keyless dan start/stop button. Lalu head unit 7 inci yang dapat dihubungkan ke ponsel pintar.

Xpander Cross diperkuat mesin MIVEC 1,5 liter empat silinder naturally aspirated. Menghasilkan tenaga 105 PS di putaran 6.000 rpm, dengan momen puntir 141 Nm yang keluar di 4.000 rpm. Spesifikasi transmisinya 5-speed untuk manual, sementara otomatis konvensional 4-speed. Soal pengendalian, tak perlu khawatir karena ada Active Stability Control (ASC).

Fitur lainnya berupa Hill Start Assist (HSA) untuk membantu proses mendaki jalan terjal. Kemudian Emergency Stop Signal (ESS). Melintasi jalan panjang antar kota pun tak bikin Lelah, berkat Cruise Control. Ya, dengan banderol segitu sudah bisa menikmati perangkat yang mengizinkan pengemudi melepas injakan di pedal akselerasi. Mobil akan melaju di kecepatan yang telah diseting. Proses parkir juga lebih aman didukung kamera belakang.

Toyota All New Rush

Toyota All New Rush

SUV andalan Toyota ini, menempati posisi ketiga dengan ground clearance 220 mm. LSUV ini mendapat transformasi signifikan dari model sebelumnya, dan mampu mengangkut tujuh penumpang. Panjangnya dibuat 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm dan wheelbase 2.685 mm. Terdapat dua varian dengan masing-masing dibekali dua pilihan transmisi. Pertama G, manualnya Rp 255,2 juta dan otomatis Rp 265,2 juta. Kedua S TRD, manualnya Rp 266,6 juta dan A/T Rp 276,6 juta.

Penampilannya berubah total jika dibandingkan generasi sebelumnya. Nuansa agresif tampak pada desain tubuhnya. Di balik kap terdapat mesin 2NR-VE berkubikasi 1,5 liter. Tenaganya tapi tak kuat-kuat amat. 104 PS di 6.000 rpm dengan momen puntir 136,2 Nm di 4.200 Nm. Daya dorong dikirim ke roda menggunakan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Kemampuannya tak kalah dengan Xpander Cross atau Almaz. Tersedia Solid Vehicle Stability Control sebagai penjaga manuver dari potensi understeer maupun oversteer. ABS, EBD dan BA memastikan kinerja pengereman optimal, sekaligus mendukung handling. Untuk jalan menanjak, ada dukungan Hill Start Assist (HSA).

Walau tak punya Cruise Control layaknya Xpander Cross, atau voice command seperti Almaz, tapi perlindungan penumpangnya luar biasa. Selain mengandalkan sabuk pengaman, terdapat enam kantung udara : dua di depan, samping dan seluruh sisi jendela. Tak ketinggalan hiburan ditunjang head unit 7 inci terkoneksi smartphone. Serta akses keluar-masuk mobil secara keyless. Sudah pasti menyalakan-mematikan mesin tak repot, karena tinggal tekan tombol start/stop.

Daihatsu All New Terios

Daihatsu All New Terios

Terios juga berada di posisi ketiga. Mobil Daihatsu ini soalnya merupakan kembaran dari Toyota Rush. Punya dimensi, jarak sumbu roda dan ketinggian kolong sama dengannya. Namun, pilihan variannya lebih bervariasi, sehingga konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan maupun dana dimiliki.

Secara performa tak berbeda. Juga mengusung mesin 2NR-VE yang berteknologi Dual VVTi. Adapun variannya : R MT dipatok Rp 244,5 juta, sedangkan yang AT Rp 254,5 juta. Kemudian R MT Deluxe Rp 254,5 juta dan AT Deluxe Rp 264,5 juta. Termahal dengan penambahan visual, R MT Custom Rp 256,4 juta, dan AT Custom Rp 266,4 juta.

Fitur mirip-mirip Rush, tapi ketambahan Around View Monitor untuk memudahkan parkir atau melewati jalan sempit. Kemudian sensor parkir yang makin meningkatkan keamanan. Terakhir sektor pencahayaan yang didukung auto on headlamp. Fitur sama yakni ABS, EBD, Vehicle Stability Control (VSC). Sayang airbag hanya dua di depan.

New Suzuki XL7

Suzuki XL7

Model terbaru Suzuki ini, dipasarkan dengan rentang harga Rp 230 – 267 juta, Suzuki XL7 menjadi low SUV terbaru yang dirilis di sini. Mengandalkan jantung pacu K15B seperti Ertiga, 4 silinder segaris 1.5L. Menghasilkan tenaga 102 hp (104 PS) pada 6000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm. Dikombinasikan dengan transmisi versi manual lima percepatan dan otomatis 4-speed.

Dalam hal keiritan bahan bakar, memang tidak seirit Suzuki Ertiga. Pabrikan mengklaim konsumsi BBM XL7 tercatat 15,78 km/liter. Lebih irit Ertiga karena ada sejumlah faktor yang mempengaruhi seperti bobot yang lebih berat dan velg yang lebih besar.

Honda BR-V

Honda BR-V

Bisa dibilang, Honda BR-V merupakan LSUV yang mirip-mirip Xpander Cross. Lantaran mentransformasi LMPV Mobilio menjadi bergaya lebih galak. Dimensinya tapi lebih besar : panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Jarak sumbu rodanya 2.662 mm dengan ground clearance 201 mm. Yah, naik lebih 1 mm saja, tapi tetap masuk ke list ini.

Ada empat varian ditawarkan. Pertama S Rp 248,9 juta, E MT Rp 264,2 juta, E CVT Rp 274,4 juta dan termahal Prestige Rp 291,3 juta. Dipersenjatai mesin L15 empat silinder yang juga dipakai pada Jazz, City dan Civic Turbo. Tenaganya mumpuni, setidaknya 120 PS keluar di 6.600 rpm. Torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. DI atas Xpander Cross, Rush dan Terios.

Kelengkapan sebelas-duabelas. Varian bawah menggunakan head unit 6,2 inci, sedangkan Prestige 8 inci. Mampu mirroring ke smartphone. Membuka-mengunci pintu pakai keyless entry, begitu juga menyalakan-mematikan mesin. Soal keselamatan sebenarnya sudah cukup mantap, ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Control (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan dual airbag tertanam. Cukup untuk melindungi pengguna BR-V.

DFSK Glory 560     

DFSK Glory 560

Dengan ground clearance 200 mm dan harga yang sangat terjangkau antara Rp 194 – 246 juta, Glory 560 memang bisa menjadi pilihan yang logis. Kendaraan asal Tiongkok ini memang pemain baru di pasar Indonesia, namun sudah mencuri perhatian publik. Salah satunya karena berani memberi warranty sampai 150.000 km atau 7 tahun.

Memiliki dimensi panjang 4515 mm, lebar 1815 mm dan tinggi 1475 mm, postur Glory memang dibuat pas sebagai low SUV. Di pasar Indonesia, manufaktur DFSK memiliki dua SUV andalan. Selain DFSK Glory 560, juga memiliki Glory 580. Dan yang terbaru, DFSK melansir i-Auto. Fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan merek Jepang. Bahkan di beberapa hal lebih unggul. Tapi lagi-lagi, pilihan tergantung pada Anda. (Hfd/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Pabrik Bridgestone Beralih Pakai e-Forklift, Upaya Kurangi 1,7 Ton Emisi CO2
    Pabrik Bridgestone Beralih Pakai e-Forklift, Upaya Kurangi 1,7 Ton Emisi CO2
    Muhammad Hafid . 23 Mei, 2025
  • Detail New Mitsubishi Xpander Ultimate 2025: Desain Baru, Fitur Canggih, Harga Kompetitif
    Detail New Mitsubishi Xpander Ultimate 2025: Desain Baru, Fitur Canggih, Harga Kompetitif
    Anjar Leksana . 23 Mei, 2025
  • Mercedes-Benz Star Drive 2025 Kembali di Senayan City, Ada Debut G-Class Terbaru
    Mercedes-Benz Star Drive 2025 Kembali di Senayan City, Ada Debut G-Class Terbaru
    Wahyu Hariantono . 23 Mei, 2025
  • Ada Masalah Pada Panoramic Roof, Toyota Indonesia Recall Yaris Cross
    Ada Masalah Pada Panoramic Roof, Toyota Indonesia Recall Yaris Cross
    Anjar Leksana . 23 Mei, 2025
  • Daihatsu Kumpul Sahabat Makin Seru Oleh Tiga Acara Ini
    Daihatsu Kumpul Sahabat Makin Seru Oleh Tiga Acara Ini
    Eka Zulkarnain H . 23 Mei, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Hyptec HT Raih Peringkat Keselamatan Tertinggi dalam Uji Tabrak C-IASI
    Hyptec HT Raih Peringkat Keselamatan Tertinggi dalam Uji Tabrak C-IASI
    Alvando Noya . Hari ini
  • Nissan Perkenalkan Generasi Terbaru Micra, Kini Menjadi EV
    Nissan Perkenalkan Generasi Terbaru Micra, Kini Menjadi EV
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Bridgestone Indonesia Perkuat Komitmen Keberlanjutan dengan Pengurangan Emisi CO₂
    Bridgestone Indonesia Perkuat Komitmen Keberlanjutan dengan Pengurangan Emisi CO₂
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Volvo Cars App Resmi Hadir di Indonesia, Bisa Dipakai Model Lama!
    Volvo Cars App Resmi Hadir di Indonesia, Bisa Dipakai Model Lama!
    Muhammad Hafid . 23 Mei, 2025
  • Baru Sepekan Meluncur, Chery Tiggo 8 CSH Kantongi 500 SPK Lebih
    Baru Sepekan Meluncur, Chery Tiggo 8 CSH Kantongi 500 SPK Lebih
    Anjar Leksana . 23 Mei, 2025
  • Update Daftar dan Harga LCGC Terbaru, Sigra dan Brio Satya Masih Laris
    Update Daftar dan Harga LCGC Terbaru, Sigra dan Brio Satya Masih Laris
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Daftar Low SUV Lebih Segar Berkat Kehadiran New Xpander Cross
    Daftar Low SUV Lebih Segar Berkat Kehadiran New Xpander Cross
    Setyo Adi Nugroho . 23 Mei, 2025
  • Simak Spesifikasi BYD Seal Facelift yang Pakai Suspensi DiSus-C Terbaru
    Simak Spesifikasi BYD Seal Facelift yang Pakai Suspensi DiSus-C Terbaru
    Alvando Noya . 22 Mei, 2025
  • Kenapa Mobil Hybrid Semakin Populer Buat Harian? Ini 4 Alasan Utamanya
    Kenapa Mobil Hybrid Semakin Populer Buat Harian? Ini 4 Alasan Utamanya
    Alvando Noya . 20 Mei, 2025
  • Mitsubishi Xpander Dapat Penyegaran, Ini Pilihan LMPV Terbaru Mei 2025
    Mitsubishi Xpander Dapat Penyegaran, Ini Pilihan LMPV Terbaru Mei 2025
    Setyo Adi Nugroho . 19 Mei, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • Test Drive Geely EX5: Perjalanan Jakarta-Bandung Terasa Tenang dan Nyaman!
    Test Drive Geely EX5: Perjalanan Jakarta-Bandung Terasa Tenang dan Nyaman!
    Muhammad Hafid . 22 Mei, 2025
  • Test Drive Nissan X-Trail e-Power e-4orce, SUV Tepat untuk Jalan-jalan ke Gunung Fuji
    Test Drive Nissan X-Trail e-Power e-4orce, SUV Tepat untuk Jalan-jalan ke Gunung Fuji
    Setyo Adi Nugroho . 22 Mei, 2025
  • Road Test Citroen C5 Aircross: Rasa Khas Premium Eropa Kuat!
    Road Test Citroen C5 Aircross: Rasa Khas Premium Eropa Kuat!
    Muhammad Hafid . 16 Mei, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025