Ini Rahasia Kehebatan Honda CBR1000RR SP

Ini Rahasia Kehebatan Honda CBR1000RR SP
JAKARTA, 26 Juli 2016 – Honda menggarap benar-benar CBR1000RR SP. Motor besar ini dilengkapi penampilan yang sporty, mesin dengan silinder besar, perangkat elektronik pendukungnya. Apa saja teknologi unggulan yang disembunyikan di balik fairing Honda CBR1000RR SP? Pertama dari sektor mesin. Honda CBR100RR SP menggunakan mesin PGM-DSFI yang udah dilengkapi teknologi Programmed Dual Sequential Fuel Injection. Tujuan penggunaannya agar performa mesin dapat maksimal dari bawah hingga atas. Cara kerjanya Injektor primer yang berada di bawah tepatnya di throttle body akan mulai bekerja sejak rpm rendah. Sementara, injektor sekunder yang menempel di boks filter udara akan bekerja mulai putaran 5.000rpm. Kinerja keduanya diatur oleh ECM (Electronic Control Module). Honda CBR1000RR SP juga sudah dibenamkan Assist Slipper Clutch. Teknologi ini memanfaatkan momen geser dengan bidang miring, artinya Assist akan bekerja saat motor sedang dalam akselerasi. Di saat ini, putaran dari kruk as akan lebih cepat dari pada as gir depan. Hasilnya, kinerjanya menekan kopling akan lebih “enteng”. Sementara saat rider melakukan aksi engine brake tekanan ke kanvas akan dikurangi sehingga memberikan efek selip dan gejala roda belakang terkunci pun dapat diminimalkan sehingga motor akan lebih mudah dikontrol. Untuk mereduksi panas berlebih, Honda CBR1000RR SP mengusung teknologi Intake Air Duct Control (IDC). Piranti ini terletak tepat berada di bawah lampu depan. Piranti ini berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang masuk dalam ruang mesin yang diatur langsung oleh ECM. Di bagian kaki-kaki, motor sport berkapasitas 1000cc ini mengadopsi teknologi bernama Unit Pro-Link. Ini merupakan sistem suspensi belakang yang sama dengan Honda RC213-V dimana dudukan bagiann atas tidak menempel pada sasis namun di lengan ayun. Sistem ini diklaim lebih stabil saat menikung dan traksi ban ke aspal selalu maksimal. Honda juga menggunakan teknologi Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang merupakan teknologi yang disematkan di sektor sasis. Posisinya ada di belakang segitiga atas di balik cover tangki bahan bakar. Steering damper ini akan mengeras seiring naiknya kecepatan sehingga menunjang kestabilan di kecepatan tinggi. Di sektor keselamatan, Honda CBR1000RR SP sudah menyematkan teknologi eC-ABS alias Electronic Combined Anti-lock Braking System. Sistem ini tidak hanya mengeliminasi roda mengunci namun juga pengaturan dengan kombinasi depan dan belakang secara elektronik agar gerakan motor lebih stabil saat panic braking sehingga gejala roda belakang mengangkat bisa diminimalkan. Terakhir penyematan teknologi ECV dan EGBV pada cara kerja knalpot bertingkatnya yang sudah dibekali dengan katup yang diberi nama exhaust Control Valve. ECV ini bekerja menutup lubang knalpot yang atas (yang besar) dan membuka lubang knalpot bagian atas ketika putaran berada pada bukaan gas di 3.000-6.000 rpm. ECV digerakkan menggunakan kabel dari Exhaust Gas Control Actuator (EGCA) yang diatur oleh ECM. Di bagian dalam terdapat juga exhaust gas bypass valve (EGBV), Keren! ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • ZPT Nimbuzz, Motor Listrik Paling Murah di PEVS 2024
    ZPT Nimbuzz, Motor Listrik Paling Murah di PEVS 2024
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Keeway Rilis 4 Motor Listrik di PEVS 2024, Termahal Rp113 Juta
    Keeway Rilis 4 Motor Listrik di PEVS 2024, Termahal Rp113 Juta
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Dapat Warna Baru, Cek Harga dan Cicilan Suzuki Nex II 2024
    Dapat Warna Baru, Cek Harga dan Cicilan Suzuki Nex II 2024
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Sepeda Motor Listrik VMove Kasih Garansi Dinamo dan Rangka di PEVS 2024
    Sepeda Motor Listrik VMove Kasih Garansi Dinamo dan Rangka di PEVS 2024
    Zenuar Yoga . 01 Mei, 2024
  • Volta Pajang Mandala dengan Warna Baru yang Stylish di PEVS 2024
    Volta Pajang Mandala dengan Warna Baru yang Stylish di PEVS 2024
    Setyo Adi Nugroho . 01 Mei, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023