Jangan Jadi Lane Hogger di Jalan Tol! Baca Aturannya

nissan-tests-new-driver-assist-feature-2

 

KEY TAKEAWAYS

  • Apabila terjadi kecelakaan, lane hogger patut diduga sebagai penyebab dan dapat disalahkan

    Perilaku ini merupakan perbuatan menyalahi aturan yang perlu ditertibkan
  • Tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)

    Diterangkan kalau lajur kanan hanya untuk belok kanan dan menyalip kendaraan lain
  • Kerap terjadi, pengguna kendaraan roda empat menjadi lane hogger di tol. Entah disengaja atau tiga, kita sering melihat langsung. Bahkan mungkin menjadi pelakunya. Asal tahu, lane hogger itu artinya berkendara di lajur kanan secara terus menerus. Padahal kendaraan di depannya kosong dan tidak mau menambah kecepatan alias statis. Jelas dapat menimbulkan potensi bahaya dan kepadatan jalan.

    Penting untuk dipahami, kalau lajur kanan hanya digunakan untuk mendahului kendaraan lain. Namun setelah melewati mobil lain, disarankan untuk segera kembali ke lajur tengah atau kiri jalan tol. Di sini, penting sekali menjalankan pola defensive driving. Atau perilaku pengemudi yang lebih mengedepankan kewaspadaan terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain.

    Nah, perilaku lane hogger merupakan perbuatan menyalahi aturan yang perlu ditertibkan. Karena berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Apabila terjadi kecelakaan, lane hogger patut diduga sebagai penyebab dan dapat disalahkan. Pada saat Anda mendapatkan pengemudi macam itu. Baiknya tidak perlu emosi, sebab dapat menimbulkan gerakan-gerakan kontraproduktif. Bahkan dapat membahayakan keamanan serta keselamatan banyak orang. Cukup kasih lampu dim atau klakson seperlunya.

    Baca Juga: Pentingnya SRUT untuk Menekan Jumlah Truk ODOL

     

    Pasal Mengenai Lane Hogger

    woman driving

    Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pada pasal 106 ayat 4 huruf d. Isinya mengatakan bahwa setiap orang orang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan tentang gerakan lalu lintas. Lebih jelas lagi pada pasal 108 diterangkan kalau lajur kanan hanya untuk kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi (maksimal 100 kpj). Hanya untuk dipakai untuk belok kanan dan menyalip kendaraan lain.

    Lalu di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Regulasi ini juga mengatur penggunaan lajur kanan. Pada Pasal 41 ayat (1) sd (3) disebutkan bahwa fungsi lajur kanan hanya diperuntukan bagi kendaraan yang bergerak cepat dan kendaraan yang berada pada lajur dengan batas kecepatan yang ditetapkan. Dalam uraian ini, khususnya dalam aspek yuridis. Perbuatan mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tol dengan kondisi lane hogger merupakan pelanggaran lalu lintas.

    Apalagi pada saat musim mudik lebaran. Paling menyebalkan adalah ketika mendapati mobil di lajur kanan jalan santai. Ketika diberi tanda oleh mobil belakang malah tak mengindahkan dan tidak berpindah lajur. Risiko seperti ini bisa menyulut terjadinya kejadian yang bisa berakibat fatal. Disarankan tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan jangan gegabah. Ingat, saat mudik, Anda juga membawa banyak penumpang. Artinya, wajib menjaga seluruh keselamatan hingga sampai tujuan. (Alx/Odi)

     

    Sumber: Mobil88

    Baca Juga: Kapan dan Seberapa Pentingkah Melakukan Spooring Ban Mobil Anda?

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Juli 2025, Harga BBM Non Subsidi Shell, BP, Vivo Kompak Naik
      Juli 2025, Harga BBM Non Subsidi Shell, BP, Vivo Kompak Naik
      Setyo Adi . Hari ini
    • BMW Vs BYD: Gugatan Merek “M6” Ditolak Pengadilan Niaga
      BMW Vs BYD: Gugatan Merek “M6” Ditolak Pengadilan Niaga
      Anjar Leksana . Hari ini
    • 5 Hal Penting Ferrari Amalfi, Dari Penamaan Baru Sampai Penebusan 'Dosa'
      5 Hal Penting Ferrari Amalfi, Dari Penamaan Baru Sampai Penebusan 'Dosa'
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • TEST DRIVE: Buktikan Keiritan Jaecoo J7 SHS Keliling Kota Sambil Dimanja ADAS
      TEST DRIVE: Buktikan Keiritan Jaecoo J7 SHS Keliling Kota Sambil Dimanja ADAS
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Konsep Mazda di GIIAS 2025: Dua Model Baru Tampil Perdana dalam Nuansa Jepang Modern
      Konsep Mazda di GIIAS 2025: Dua Model Baru Tampil Perdana dalam Nuansa Jepang Modern
      Anindiyo Pradhono . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Ferrari Amalfi Debut, Warisan Dolce Vita dengan Sentuhan Performa Modern
      Ferrari Amalfi Debut, Warisan Dolce Vita dengan Sentuhan Performa Modern
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Mercedes-AMG Concept GT XX, Sedan EV 1.341 HP Siap Tantang Porsche Taycan
      Mercedes-AMG Concept GT XX, Sedan EV 1.341 HP Siap Tantang Porsche Taycan
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Daihatsu Gran Max Pick Up 2025 Kini Punya Airbag, Rem ABS dan LSPV 
      Daihatsu Gran Max Pick Up 2025 Kini Punya Airbag, Rem ABS dan LSPV 
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
      Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
      Anindiyo Pradhono . 01 Jul, 2025
    • Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
      Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
      Anjar Leksana . 01 Jul, 2025
    • Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
      Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
      Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
      Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
      Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
      Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2025
    • Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
      Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
    • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
    • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025
    • Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Wahyu Hariantono . 16 Jun, 2025
    • Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
      Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Alvando Noya . 26 Mei, 2025