Jualan Mini EV Laris Manis, Wuling Cuma Ambil Untung Rp200 Ribu per Mobil

Wuling Hongguang Mini EV

Peminat city car listrik di Tiongkok begitu tinggi. Ukuran sangat kompak menjadi nilai jual bagi akomodasi mobilitas perkotaan. Dan yang paling bikin minat konsumen membelinya ialah harganya. Contohnya Hong Guang Mini EV. Di sana unit dijual di kisaran RMB 37.600 hingga RMB 43.600. Angka itu setara Rp83 juta sampai Rp97 jutaan. Wajar jadi mobil listrik paling laris. Malah perusahaan berani ambil cuan sangat kecil dari tiap penjualan unit. 

Berdasar laporan, Mini EV disinyalir bakal terjual hingga 400 ribu unit selama tahun ini. Kemudian GM dan Wuling mendapat untung 89 Yuan untuk setiap unit yang mereka jual. Berdasar nilai tukar hari ini, angka itu sekitar Rp200 ribu. Meski perolehannya kecil, SGMW bukan berarti buntung. Bayangkan saja laba itu dikalikan dengan proyeksi penjualan selama setahun. Lumayan.

Lebih penting lagi, mereka meminjam trik marketing dari Tesla. Mungkin saja keuntungan yang diperoleh GM dan Wuling dari penjualan Hong Guang MINI EV hanyalah strategi dagang. Perusahaan sepertinya ingin menjual mobil untuk mendapatkan jangkauan pemasaran dan memulai menanamkan kepercayaan mereka.

Baca Juga: Penampakan SUV Terbaru Wuling, Calon Adik Almaz Lagi?

Hong guang Mini EV

Seperti di Amerika Serikat, produsen mobil di Cina mendapatkan sistem poin kredit mobil. Xcar melaporkan bahwa setiap kredit bernilai sekitar 3.000 yuan (Rp6,72 juta). Dan satu Hong Guang Mini EV bernilai dua poin positif untuk SGMW. Jadi nilai mobi listrik mungil mereka tidak terlalu sedikit.

Nah, salah satu produk anyar mereka adalah Hong Guang Mini EV Macaron. Secara umum data spesifikasi mirip dari model lain di dalam keluarganya. Tata letak tempat duduk 2+2. Sandaran kursi baris kedua bisa dilipat untuk menambah fleksibilitas. Ia memiliki dimensi panjang 2.917 milimeter, lebar 1.493 milimeter, tinggi 1.621 milimeter dan jarak sumbu roda 1.940 milimeter. Ruang kargo dapat mencapai 741 liter dengan kondisi kursi belakang dilipat. Formulasi rancang bangun itu, menurut Wuling, menjadikannya sebagai komuter perkotaan yang ideal. Kompak, mudah menyelinap di kemacetan jalanan, serta hemat energi.

Kendaraan listrik ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum 20 kW atau 27 PS. Kemudian torsi puncak tersalur hingga 85 Nm. Ia dapat meluncur sampai kecepatan tertinggi 100 kilometer per jam. Lalu berdasar klaim perusahaan, daya jangkau unit menyentuh 170 kilometer dalam sekali pengisian penuh menggunakan baterai 13,9 kWh. Sedangkan versi dasar mengandalkan baterai 9,3 kWh untuk menempuh jarak 120 km. Hong Guang MINI EV Macaron dapat diisi daya menggunakan stop kontak normal 220V di rumahan. Pemilik juga dapat memantau status baterai kendaraan mereka dari jarak jauh. Model ini juga sangat digemari khalayak muda di sana. (Alx/Odi)

Sumber: Carscoops

Baca Juga: Wuling Macaron, Mobil Listrik Imut Lebih Murah dari LCGC

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Wuling Unggulan

  • Yang Akan Datang