Kawasaki Z H2, Motor Bertenaga Lebih Besar dari Jazz dan Yaris

Kawasaki Z H2, Motor Bertenaga Lebih Besar dari Jazz dan Yaris
JAKARTA, Motovaganza.com – Sejak diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 lalu, Kawasaki Z H2 menjadi figur idaman. Sesosok bengis Pabrikan Hijau, berbekal supercharger. Mulai awal April kemarin, versi naked Ninja H2 ini mulai mengaspal di Jepang, serta beberapa belahan Eropa. Dan dijual seharga GBP 15.149 – GBP 15.799, atau sekitar Rp 276 juta sampai Rp 288 jutaan di Inggris. Beginilah spesifikasi buasnya. Diperkuat mesin 998 cc empat silinder segaris DOHC 16-valve. Mendengar itu saja sudah bikin bergidik. Ini ditambah lagi supercharger, sistem induksi paksa yang diprakarsai gerakan piston, atau tenaga mesin. Otomatis, spontanitas tenaga makin terasa ketimbang turbocharger. Karena telah berfungsi sejak awal mesin menyala. Daya maksimal diklaim mencapai 197 hp dan torsi 137 Nm. Bukan tenaga main-main untuk motor seberat 239 kg. Tenaganya, bahkan lebih besar ketimbang hatchback terkemuka di Indonesia Yaris (105 hp) dan Jazz RS CVT (118 hp). Soal ukuran diameter dan langkahnya sendiri tentu dibuat overbore, sesuai karakter motor (76 x 55 mm). Makanya tenaga baru optimal di 11.000 rpm, sementara momen puntir pada angka 8.500 rpm. Penyalur ekstraksi daya pun dibuat layaknya motor balap. Girboks enam percepatan disematkan fitur quick shifter. Perangkat yang mampu membuat proses perpindahan gear tanpa kopling (setelah gigi satu), baik naik maupun turun. Tak luput, Assist dan Slipper Clutch memperhalus shifting. Sekaligus menunaikan tugas, agar tak terjadi selip dan terkunci pada roda. Tenaga raksasa sepertinya memang butuh pengamanan semacam ini. Baca juga: REVIEW: Kawasaki D-Tracker X, Simak Spesifikasi Lengkapnya

Struktur

Mekanisme tadi juga terbungkus rangka teralis, high tensile steel. Serta turut diperbantukan fork upside down Showa, serta monoshock bermerek sama. Tentunya dengan berbagai pengaturan. Kompresi, rebound damping, preload, dapat diset dalam banyak level. Tinggal sesuaikan kebutuhan pengendara. Peranti keselamatan jelas optimal, mengingat ia berada di kasta atas. Dua piringan cakram 320 mm semi-floating buatan Brembo tangkas menghentikan laju. Berkat kaliper empat piston masing-masing. Di roda belakang menempel disc brake 260 mm kaliper dua piston. Lengkap bersama sensor ABS Bosch dua kanal, yang kinerjanya tetap terjaga saat menikung tajam sekalipun. Perangkat elektronik canggih ikut disertakan, memaksimalkan kemampuan Z H2. Semisal launch kontrol, bisa diaktifkan sewaktu-waktu pengendara ingin mencetak waktu akselerasi sempurna. Dari sensor yang sama, ia juga terjaga dari gejala wheelie. Jadi proporsi tenaga buas disalurkan pada momentum tepat. Tak terbuang sia-sia. Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R, Apa Kabar?

Fitur

Ada perangkat yang juga jempol. Kawasaki Traction Control (KTRC) turut tersedia dan bisa disesuaikan. Berpadu dengan tiga mode mengendara. Kemudian ada cruise control yang juga tersedia. Cukup menjelaskan bahwa ia tak hanya bisa menaklukkan track, tapi juga dapat dibawa berkelana jauh. Berikutnya konektivitas gawai. Cukup sinkronisasi dengan Bluetooth, segala informasi soal motor diterjemahkan ke genggaman tangan. Bahkan, mengatur riding mode saja bisa dilakukan dari situ. Panel instrumen pun sudah canggih. Selain memiliki layar full TFT, datanya lengkap. Tak perlu disebutkan satu per satu, namun kami rasa apa yang dibutuhkan lengkap tersaji. Terakhir mengenai bentuk, diferensiasi dengan Ninja H2 biasa tentu terletak pada ditanggalkannya fairing. Kawasaki Z H2 tetap mewariskan desain sang pendahulu, tak kehilangan identitas. Mungkin, karena gurat cover lampu yang seakan menyatu ke bagian sisi. Tak seperti naked bike pada umumnya. Secara bersamaan, kesan sporty berpadu dengan posisi duduk lebih tegak dan relevan jika diajak berjalan jauh, berkat handlebar tinggi dan lebar. Tak begitu merunduk. Baca Juga: Mengenal Kawasaki Z H2, Sosok Bengis Pabrikan Hijau Berbekal Supercharger HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Berhasil Touring Jauh Jakarta - Bali, Motor Listrik Polytron Fox-R dapat penghargaan MURI
    Berhasil Touring Jauh Jakarta - Bali, Motor Listrik Polytron Fox-R dapat penghargaan MURI
    Ardiantomi . 18 Mei, 2024
  • Motor Bebek Klasik Honda Super Cub Ini Dijual Cuma Rp21 Juta
    Motor Bebek Klasik Honda Super Cub Ini Dijual Cuma Rp21 Juta
    Anjar Leksana . 17 Mei, 2024
  • Garansi 1 Tahun, Harga Baterai Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Rp45 Juta
    Garansi 1 Tahun, Harga Baterai Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Rp45 Juta
    Bangkit Jaya Putra . 15 Mei, 2024
  • Segini Biaya Servis Yamaha Lexi LX155 Selama 3 Tahun
    Segini Biaya Servis Yamaha Lexi LX155 Selama 3 Tahun
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2024
  • Polytron Sebut Produk EV Mereka Sudah Kantongi Sertifikasi IP67
    Polytron Sebut Produk EV Mereka Sudah Kantongi Sertifikasi IP67
    Setyo Adi Nugroho . 14 Mei, 2024
  • Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023