Kemenperin, NMAA dan PowerAce Adakan Kontes Modifikasi Digital Kendaraan Listrik Roda Tiga

Digimodz three wheeler

Kontribusi terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) bisa bermacam-macam. Salah satunya dengan menuangkan ide kendaraan roda tiga. Ajang ini digagas oleh Kementerian Perindustrian, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dan PT Dharma Polimetal. Yakni sebuah produsen kendaraan roda tiga listrik merek PowerAce. Total hadiah tersedia mencapai Rp50 juta.

Lebih detailnya, pemenang utama berhak menerima Rp15 juta. Pemenang kedua Rp7,5 juta, pemenang social media favourite Rp5 juta, serta karya terbaik lima besar masing-masing Rp2 juta. Juara pertama dan kedua berhak pula atas Piala Menteri Perindustrian Republik Indonesia. Kegiatan ini sepenuhnya dilakukan secara online. Peserta yang ingin berpartisipasi, cukup unduh formulir dan file gambar kendaraan roda tiga PowerAce pada website www.poweracedigimodz.com. Lalu buat desain digital modifikasi secara offline, kemudian mengirim file ke link tersedia.

“PowerAce 100 persen berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai. Merupakan implementasi amanah Perpres 55 tahun 2019, untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya. PowerAce diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas terhadap teknologi kendaraan listrik. Yang efisien, harga terjangkau dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif,” ucap Sony Sulaksono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI, secara virtual (2/8).

Baca Juga: Hyundai dan LG Bangun Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia 2024

Digimodz three wheeler

Dalam kompetisi Kemenperin PowerAce Digimodz, diharapkan lahir karya-karya sesuai dengan tujuan kendaraan. Yakni digunakan dalam berbagai aplikasi untuk mendukung UMKM. Karena itu, kelak peserta wajib menyertakan penjelasan soal fungsi desain yang dibuatnya. Peserta boleh melakukan eksplorasi digital modifikasi pada setiap bagian PowerAce, meliputi hal berikut.

Styling: perubahan desain tampak depan kendaraan, rombakan desain tampak belakang kendaraan, perubahan warna, pelek penambahan berbagai aksesori. Selanjutnya, penambahan aplikasi: penunjang produktivitas UMKM yang dapat memberikan dampak, atau nilai tambah bagi pelaku UMKM. Yakni menjalankan bisnis agar lebih efektif juga efisien secara waktu serta biaya.

“PT Dharma Polimetal sebagai perusahaan manufaktur komponen otomotif domestik. Memiliki komitmen besar untuk mengembangkan industri manufaktur di indonesia. Terutama yang menunjang UMKM. Dengan adanya prakarsa dari Kemenperin dalam mengadakan kompetisi modifikasi. Bisa memberikan dorongan positif bagi industri manufaktur. Lebih lagi modifikasi ini dilakukan terhadap kendaraan listrik,” ungkap Yosaphat P. Simanjuntak, Direktur PT Dharma Polimetal.

Nah, periode pengiriman karya kompetisi Kemenperin PowerAce Digimodz berlangsung pada 2-30 Agustus 2021. Pemenang yang menjadi lima besar dipublikasi pada 15 September 2021 secara daring pada Instagram @kemenperin_ri, @poweracemotor.id dan @nmaa_ind. Sementara itu, pengumuman pemenang utama dilakukan saat penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) All Virtual pada 2 Oktober 2021. Bakal ada dua karya digital modification pemenang utama diwujudkan ke model asli.

“Kami di NMAA dan IMX senantiasa mendukung setiap program yang bertujuan memajukan ekosistem otomotif nasional. Melalui kegiatan Kemenperin PowerAce Digimodz ini. Diharapkan dapat menjadi wadah kegiatan positif bagi para desainer digital Tanah Air dalam berkontribusi nyata mendukung UMKM. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini,” sebut Andre Mulyadi, IMX Project Director. (Alx/Odi)

Baca Juga: Sunra Miku Max, Skuter Listrik Unik untuk Perkotaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang