Ketahui Jenis Sepatu Riding dan Kegunaannya

riding shoes

Perlengkapan dan peralatan penunjang berkendara motor penting juga diperhatikan. Karena mengacu ke keselamatan dan proteksi pengendaran maupun menumpang. Salah satu safety-gear yang wajib dipenuhi dalam berkendara harian atau perjalanan jauh adalah sepatu. Bukan sekadar alas kaki,  sebab ada banyak bentuk dan jenis sesuai peruntukan. Malah setiap jenis motor punya sepatu khusus selaras kegunaan. 

 

Sepatu Riding Harian/Commuter

sepatu riding harian

Berkendara motor harian juga memiliki risiko benturan dengan aspal atau dengan pengendara lain. Karena itu, pemilihan sepatu juga harus sesuai peruntukan. Tak melulu gunakan boot, saat ini sudah banyak sepatu riding dengan tampilan kasual. Jadi bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan harian. Cocok pula digunakan pada motor jenis apapun, biasanya sepatu ini dibuat untuk memadukan kenyamanan dan keamanan.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sekarang sudah banyak sepatu riding harian merek dalam negeri yang memiliki kualitas mumpuni. Harganya pun lebih terjangkau dibanding brand terkenal.

 

Sepatu Touring

sepatu touring

Sepatu touring memiliki berbagai macam bentuk. Selain bentuknya yang bervariasi, jenis pelindung kaki ini memiliki karakteristik nyaman, praktis, dan tahan air. Biasanya terbuat dari kulit berkualitas agar tampak kokoh dan kuat, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Buat pengencang biasanya tersedia beragam pilihan, menggunakan tali, resleting, velcro atau teknologi terbaru pakai Boa Lacing System yang terbilang lebih praktis.

Pelindung kaki jenis tualang lazimnya dirancang lebih tinggi dan memiliki banyak protektor, guna melindungi bagian pergelangan kaki.

 

Sepatu Dirt/Cross

sepatu dirt

Bagi yang gemar mengendarai motor di lintasan off-road atau trabasan, sepatu dirt boots adalah solusinya. Sepatu motor ini memiliki dimensi tinggi dengan perlindungan terbaik pada bagian kaki, dari mulai tulang kering hingga pergelangan kaki.

Jenis sepatu ini juga memiliki sifat kaku dan kokoh sehingga kurang nyaman digunakan untuk pemakaian harian. Untuk bagian pengencang biasanya gunakan model gesper. Selain memberi keamanan ekstra, komponen itu juga memudahkan penggunanya saat mencuci setelah terabasan.

 

Sepatu Adventure

sepatu adventure

Dari fisiknya, jenis sepatu ini dianggap mirip dengan dirt boots. Lantaran menggabungkan fungsi dari sepatu touring dan dirt boots. Jika sering bertualang jauh dan sering ketemu jalan becek, berlumpur, bebatuan, sepatu ini adalah solusinya. Pelindung kaki ini tidak kaku seperti sepatu trail. Ia lebih lentur atau fleksibel dan bersifat tahan air. Maka itu, sepatu adventure tergolong nyaman dipakai lama. Secara dimensi mirip dengan jenis dirt, agar dapat melindungi kaki dari bermacam-macam risiko yang ada.

 

Sepatu Balap

sepatu balap

Sepatu jenis ini dinilai paling aman dibanding dengan yang lainnya. Lantaran dikhususkan untuk melindungi pembalap dari segala risiko. Kemampuan menyerap abrasi dan benturan wajib tersedia. Meski terlihat kaku dan keras, idealnya dirancang seringan mungkin. Ciri paling mencolok ada di bagian inner sole yang cenderung lembut. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu feeling pembalap saat memainkan tuas persneling dan rem.

Fitur lain yang wajib ada di sepatu balap adalah slider. Posisinya berada di bagian luar sepatu. Bagian ini menjadi kontak antara pembalap dengan aspal ketika sedang menikung. Maka itu jangan heran jika jenis pelindung kaki ini dijual lebih mahal. (Bgx/Odi)

 

Sumber foto: Motodeal, Im Prob

Baca Juga: Mengenal Jenis Helm Motor dan Peruntukannya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang