KOMPARASI: Honda Brio RS atau Kia Picanto GT Line?

Honda Brio RS Vs Kia Picanto GT Line

JAKARTA – Sebenarnya memilih hatckback tak terlalu sulit. Pemainnya tak banyak. Jika dibatasi hatchback mungil bergaya sporty, lebih mudah lagi. Gambaran ini dimiliki Honda Brio RS dan Kia Picanto GT Line. Meski tidak benar-benar memiliki potensi performa ekstra, setidaknya mereka tawarkan keunggulan trim atas di kelas city car.

Dari proporsi tubuh, Kia Picanto tampak imut sekaligus lincah. Tidak salah kalau menilai ia lebih mungil dari Brio, dijelaskan oleh catatan dimensi. Picanto diukur 3.595 x 1.595 x 1.495 mm (PxLxT). Sementara itu, Honda Brio terlihat sebagai anak yang lebih gemuk, figur dimensinya 3.815 x 1.680 x 1.485 mm. Bisa dibayangkan city car Kia terpaut dari sisi memanjang dan melebar.

Untuk memberikan kesan sporty, Kia memainkan aksen merah di beberapa sudut. Dapat dilihat pada ornamen kanal udara sisi terluar bumper dan juga side skirt. Selain itu, sisi agresif dijelaskan oleh mata memicing dan dominasi apron hitam di bumper. Area sepatbor diisi penuh oleh sepatu 15 inci two-tone dengan patron tapal kuda.

Honda Brio RS

Tampilan

Beda dengan Honda yang mengutamakan pemasangan bodikit. Side skirt, elemen diffuser di bokong, dan roof spoiler menguatkan nuansa atletis. Andai memilih baju kojo Phoenix Orange Pearl, atapnya berwarna hitam. Ia juga dibekali sepatu 15 inci dwiwarna dengan desain palang mengipas. Begitu kurang lebih perbedaan gaya visual antara city car merek Jepang dan Korea, suka lenggokan yang mana?

Picanto jempolan untuk sektor penerangan karena sudah mengadopsi rangkaian LED cantik. Tidak tanggung-tanggung. Strip positioning lamp, DRL, headlamp, rear combination lamp, bahkan foglamp bersumber dari cahaya dioda. Disokong sakelar otomatis pula. Bukan hanya pencahayaan full-LED, ia juga menjadi satu-satunya city car 1.200 cc dengan lubang kaca di atap alias sunroof.

Dapat dipastikan Brio ciut kalau membandingkan daftar kelengkapan Picanto. LED eksis sebagai positioning lamp saja. Sisanya, pencahayaan utama di malam hari atau saat berkabut berupa halogen reflektor biasa. Sama sekali tidak ada kesan spesial bila membandingkan daftar kelengkapan Picanto.

Baca Juga: Suzuki Ignis GX Lawan Toyota Agya TRD, Beda Kelas Apakah Imbang?

Kia Picanto GT Line

Interior

Isi kabin Picanto juga semenarik lenggokan eksterior, bak mobil kelas atas. Terasa dari bagaimana cara Kia menciptakan atmosfer berkelas lewat jok kulit hitam disertai aksen merah. Tidak membungkus bangku saja, pelapis kulit dapat ditemukan pada lingkar kemudi, door trim, dan armrest di konsol tengah.

Menggugah, begitupun urusan fitur. Sistem infotainment di tengah dasbor dilengkapi kemampuan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Kontrol audio berikut telepon bisa terlaksana melalui palang setir. Melirik instrumen panel, ada layar MID untuk menampilkan berbagai informasi ekstra.

Honda Brio RS interior

Inteior Brio RS? Bukannya tidak menarik, hanya saja tidak sebaik eksekusi Kia. Jok dibungkus material fabric, pun lingkar setir telanjang tanpa bungkus. Sarana hiburan menganut head unit touchscreen berikut fitur USB, Bluetooth, Aux, dan handsfree telephone. Di samping itu, tombol setir baru sebatas pengaturan audio dan tidak ada MID berupa LCD di panel instrumen.

Terdapat perbedaan lain untuk memikat: kontrol AC Honda Brio menganut panel digital. Tidak serta merta jadi keunggulan hebat memang, lantaran sebatas memberikan sentuhan modern tanpa fungsi otomatis. Tidak ada perbedaan fungsi mendasar dibanding kenop putar.

Oke, fitur berlimpah ruah dan material menggugah, poin banyak buat Picanto. Namun kalau bicara akomodasi, tampaknya Honda Brio masih mengungguli. Meski keduanya memiliki wheelbase setara – Brio lebih panjang 5 mm – selisih dimensi luar menggambarkan bagaimana kelapangan kabin. Brio RS memiliki ruang kabin lebih lega di baris kedua, memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang.

Baca Juga: Daihatsu Sirion vs Kia Picanto GT-Line, Saling Adu Fitur dan Desain

Kia Picanto GT Line interior

Mesin

Berdasarkan data spesifikasi, keduanya memiliki karakter mesin berbeda. Torsi besar dihasilkan pemacu empat silinder Kappa 1,25 DCVVT liter Picanto. Sebesar 121,6 Nm dibarengi keluaran tenaga 84 PS. Putaran mesin kemudian diterjemahkan ke roda depan melalui seleksi girboks manual lima percepatan atau otomatis konvensional empat percepatan.

Untuk Brio, unit 1,2 liter SOHC gelontorkan tenaga besar. Tepatnya 90 PS, namun momen puntir tidak sekuat Picanto, 110 Nm saja. Opsi girboks manual sama lima percepatan, dan untuk pilihan otomatis Honda mengandalkan CVT. Jika mengedepankan kenyamanan dan kehalusan, CVT boleh dipertimbangkan. Sementara itu, girboks otomatis empat percepatan siapkan karakter responsif.

Kia Picanto GT Line

Fitur keselamatan dasar Picanto cukup komplet, begitu juga Brio. Keduanya dibekali peranti pengereman ABS serta dual SRS airbag. Tersedia empat safety belt tiga titik berikut satu sabuk dua titik di dalam kabin. Satu kelebihan Brio adalah penempatan tiga headrest di bangku belakang. Picanto? Hanya dua.

Walau tanpa headrest tengah di belakang, Picanto memiliki safety features ekstra. Layar infotainment dapat membantu pengemudi kala parkir dengan menampilkan imaji kamera mundur berikut dynamic parking lines. Terdengar berlebihan untuk sebuah hatchback mungil, tapi Kia sematkan itu.

Baca juga: Dua Pilihan Hatchback Bernuansa Sporty, Pilih Kia Picanto GT Line atau Honda Brio RS?

Honda Brio RS engine

Harga

Secara fitur, Picanto melebihi ekspektasi sebuah city car mainstream. Hal ini tentu berkaitan dengan harganya. Ia dibanderol jauh lebih tinggi dari Brio RS. Picanto GT Line bertransmisi manual diberi label Rp 220,95 juta dan varian otomatis Rp 236,23 juta. Harga Brio RS manual Rp 184,3 juta, sementara CVT Rp 199,6 juta. Kalau dibandingkan berdasar jenis transmisi, selisih sekitar Rp 36 jutaan.

Bicara soal fitur berlimpah di Kia Picanto GT Line rasanya sulit untuk tidak terkesan. Tidak ditemukan diferensiasi seunik Kia dalam ring tinju hatchback 1,2 liter. Wajar punya harga setinggi itu karena berbanding lurus dengan apa yang didapat. Apalagi kalau sudah tertarik lenggokan imut sekaligus nakalnya. Tapi perlu diingat, ekstra fitur boleh dibilang non esensial, menjadi pemenuh kebutuhan sekunder atau mungkin tersier. Apakah Anda benar-benar perlu?

Di lain sisi, Honda Brio RS terlihat lebih bijak bila menimbang bujet. Meski menganut fitur moderat, ia menawarkan keseimbangan antara kelengkapan kabin dan kepraktisan pengangkutan. Kabin lapang dalam tubuh mungil, ditarik oleh mesin bertenaga. (Krm/Raju)

 

Jelajahi Kia Picanto

  • Tampak Depan Bawah Kia Picanto
  • Tampak Grille Picanto
  • Kia Picanto Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Picanto
  • Kia Picanto Front Side View
Kia Picanto
Rp 205,5 Juta Cicilan : Rp 4,69 Juta

Model Mobil Kia

Mobil Kia
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda WR-V
    Honda WR-V
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

Artikel Mobil Honda Brio dari Carvaganza

  • New Honda Brio Tebar Pesona ke Masyarakat Jawa Timur di Pakuwon Mall
    New Honda Brio Tebar Pesona ke Masyarakat Jawa Timur di Pakuwon Mall
    Muhammad Hafid . 15 Mei, 2023
  • Dapat Facelift, Semenarik Apa Honda Brio RS Dibanding Toyota Agya GR Sport?
    Dapat Facelift, Semenarik Apa Honda Brio RS Dibanding Toyota Agya GR Sport?
    Setyo Adi . 08 Mei, 2023
  • Pembaruan Brio Facelift Dianggap Kurang Maksimal, Ini Jawaban Honda
    Pembaruan Brio Facelift Dianggap Kurang Maksimal, Ini Jawaban Honda
    Setyo Adi . 07 Mei, 2023
  • Honda Brio Facelift Meluncur Tantang Agya-Ayla, Tampilan Baru dan Tambah Fitur
    Honda Brio Facelift Meluncur Tantang Agya-Ayla, Tampilan Baru dan Tambah Fitur
    Muhammad Hafid . 05 Mei, 2023
  • Laku 7.159 Unit Sepanjang Maret 2023, Honda Brio Mobil Terlaris di Indonesia
    Laku 7.159 Unit Sepanjang Maret 2023, Honda Brio Mobil Terlaris di Indonesia
    Setyo Adi . 19 Apr, 2023

Artikel Mobil Honda Brio dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Brio Masih Jadi yang Terlaris, Jualan Honda Sampai Oktober Terus Positif
    Brio Masih Jadi yang Terlaris, Jualan Honda Sampai Oktober Terus Positif
    Setyo Adi Nugroho . 15 Nov, 2023
  • Brio Terus Jadi Penopang Penjualan Honda Indonesia
    Brio Terus Jadi Penopang Penjualan Honda Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 15 Sep, 2023
  • Brio Model Terlaris Honda Semester Pertama 2023
    Brio Model Terlaris Honda Semester Pertama 2023
    Setyo Adi Nugroho . 17 Jul, 2023
  • Daya Tarik New Honda Brio Mulai Menggoda Pasar Surabaya dan Sekitarnya
    Daya Tarik New Honda Brio Mulai Menggoda Pasar Surabaya dan Sekitarnya
    OTO . 15 Mei, 2023
  • Honda Brio Satya CVT Terbaru Bisa Dicicil Mulai Rp2,9 Jutaan
    Honda Brio Satya CVT Terbaru Bisa Dicicil Mulai Rp2,9 Jutaan
    Anjar Leksana . 08 Mei, 2023
  • Komparasi New Honda Brio RS Lawan All New Toyota Agya GR Sport, Mana Lebih Menarik?
    Komparasi New Honda Brio RS Lawan All New Toyota Agya GR Sport, Mana Lebih Menarik?
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2023
  • Perang LCGC Model Baru, Honda Brio Satya Facelift Lawan Agya dan Ayla
    Perang LCGC Model Baru, Honda Brio Satya Facelift Lawan Agya dan Ayla
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2023
  • Tantang Honda Brio Satya, All New Toyota Agya Kini Lebih Pede
    Tantang Honda Brio Satya, All New Toyota Agya Kini Lebih Pede
    Muhammad Hafid . 27 Mar, 2023
  • Komparasi City Car, Toyota Agya GR Sport Lawan Honda Brio RS
    Komparasi City Car, Toyota Agya GR Sport Lawan Honda Brio RS
    Setyo Adi Nugroho . 16 Mar, 2023
  • Komparasi Daihatsu New Sirion Lawan Honda Brio RS, Siapa Paling Menarik?
    Komparasi Daihatsu New Sirion Lawan Honda Brio RS, Siapa Paling Menarik?
    Setyo Adi Nugroho . 02 Jun, 2022
  • First Drive Honda Brio RS 2018: Revolusi Di Semua Aspek (Part-2)
    First Drive Honda Brio RS 2018: Revolusi Di Semua Aspek (Part-2)
    Rizki Satria . 21 Okt, 2018
  • First Drive Honda Brio RS 2018: Revolusi Di Semua Aspek (Part-1)
    First Drive Honda Brio RS 2018: Revolusi Di Semua Aspek (Part-1)
    Rizki Satria . 21 Okt, 2018
  • Honda Brio Satya: Ratu LCGC Hatchback
    Honda Brio Satya: Ratu LCGC Hatchback
    Indra Alfarisy . 06 Jan, 2017