Komparasi LCGC 5-Seater: Honda Brio Satya Vs Daihatsu Ayla Vs Toyota Agya

komparasi LCGC

 

KEY TAKEAWAYS

  • Paling pas disandingkan dengan mesin 1,2-liter semua, meski Agya-Ayla hanya 3-silinder

    Soal fitur keselamatan, Brio Satya harus mengakui kekurangannya
  • Market kendaraan LCGC di Tanah Air kian ramai. Sepanjang tahun lalu Honda Brio series merajai market nasional. Kini ia tak sendiri. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla berbenah diri. Banyak sekali ubahan terjadi sebagai generasi anyar, demi memikat konsumen muda perkotaan. Di kelas ini, semua produk dilego tidak sampai Rp200 juta. Kelengkapannya pun bersaing antar-rival. Komparasi data teknis bisa dilihat di masing-masing tabel. 

    Spesifikasi

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Mesin

    1.189 cc / 3 silinder

    1.189 cc / 3 silinder

    1.197cc / 4 silinder

    Tenaga

    88 PS

    88 PS

    90 PS

    Torsi

    113 Nm

    113 Nm

    110 Nm

    Transmisi

    D-CVT

    D-CVT

    CVT

    Harga OTR Jakarta

    Rp191,4 juta

    Rp189,9 juta

    Rp189,7 juta

    Performa berkendara tiga produk LCGC ini boleh dibilang setara. Semua menggunakan mesin berkapasitas 1,2 liter. Walau ada perbedaan jumlah silinder. Kalau dibandingkan di atas kertas. Brio Satya paling kuat. Namun torsinya kalah dibanding duo Agya dan Ayla. Kemudian sistem transmisi semua pakai CVT. Tapi produk Astra Group sudah lebih canggih dengan tambahan fix gear, bernama Dual Mode CVT.

    Brio Satya

    Yang jadi catatan sebelum membeli unit. Baik Toyota Agya maupun Ayla menggunakan mesin 3-silinder berikut sistem balancer. Namun saat mencoba tes jalan, getaran masih terasa sedikit. Tepatnya saat mobil dipakai di jalanan macet (padat) dan ketika mesin langsam. Honda Brio dengan empat piston malah terasa lebih mulus tanpa vibrasi enjin.

    Dimensi

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Panjang

    3.760 mm

    3.760 mm

    3.800 mm

    Lebar

    1.665 mm

    1.665 mm

    1.680 mm

    Tinggi

    1.505 mm

    1.505 mm

    1.485 mm

    Wheelbase

    2.525 mm

    2.525 mm

    2.405 mm

    Ban

    175/65 R 14

    175/65 R 14

    175/65 R 14

    Selanjutnya mengenai kelapangan. Sebagai LCGC lima penumpang, dimensi Agya, Ayla dan Brio Satya saling bersaing. Tetap kompak sebagai mobil perkotaan. Jarak sumbu roda produk Toyota dan Daihatsu lebih panjang, menjadi 2.525 mm. Ketiga model itu menggunakan suspensi sama. MacPherson Strut terpasang di depan dan Torsion Beam sebagai penyokong belakang. Sedikit perbedaan tiap produk.

    Baca Juga: Rivalitas Abadi, Toyota Vios G TSS vs Honda City

    Daihatsu ayla 2023

    Dalam sudut pandang pribadi penguji. Karakter dan rasa berkendara Agya dan Ayla sangat mirip. Maklum, mereka diproduksi di tempat sama: Astra Daihatsu Motor. Untuk melindas jalan tak rata, generasi anyar ini terasa lebih luwes. Sedangkan bantingan Honda Brio relatif agak keras, namun masih dalam batas toleransi. Untuk melesat kencang, ketiganya cukup stabil. Dan memang mobil perkotaan bukan dipakai buat kebut-kebutan.

    Fitur

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    ABS

    Ya

    Ya

    Ya

    EBD

    Ya

    Ya

    Ya

    BA

    Ya

    Ya

    Ya

    VSC

    Ya

    Ya

    Tidak

    HSA

    Ya

    Ya

    Tidak

    Dual Air Bag

    Ya

    Ya

    Ya

    Kendaraan jenis LCGC 5-seater zaman sekarang semakin aman. Kelengkapan fitur safety tambah komplet seiring kesadaran keselamatan berkendara. Walau harga besaing dengan Brio Satya. Duo kembar Agya dan Ayla paling komplet. Produk Honda belum memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Selebihnya sama. 

    Toyota Agya GR Sport

    Kelengkapan

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Head Unit

    7-Inci+Konektivitas

    9-Inci+Konektivitas

    2Din Non-Layar

    Engine Start/Stop

    Ada / Keyless

    Ada / Keyless

    Anak Kunci

    Paddle Shift

    Ada

    Tidak

    Tidak

    Lampu Depan

    LED + DRL

    LED + DRL

    Halogen

    AC

    Digital

    Digital

    Digital

    Lalu mengenai peranti tambahan. Dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya terlihat paling minimalis. Baik dari segi penggunaan layar hiburan, sistem kunci maupun lampu penerangan utama yang bertipe halogen. Meter cluster terpasang di ketiga model, sama menggunakan jarum analog. Penyejuk kabin sudah digital semua. Jadi ambil merek mana?

    Inferensi

    Jika mengambil sudut pandang mengenai fungsi serta kegunaan. Harga dan kelengkapan Daihatsu Ayla 1.2 CVT paling rasional. Sedangkan Toyota Agya G terpasang paddle shift, tapi Anda harus membayar lebih mahal. Kalau Honda Brio Satya, harganya mirip Ayla tapi fitur minim. Ia dijadikan opsi terakhir kalau konsumen terganggu dengan karakter mesin tiga silinder. Paling penting cek dana dan wajib test drive. Langsung rasakan sensasi berkendara ketiganya. Jadi bisa mengetahui unit mana paling sesuai kebutuhan mobilitas calon konsumen. (Alx/Odi) 

     

    Baca Juga: Komparasi Honda WR-V RS vs Toyota Raize GR Sport, Adu Lawan Terdekat

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
      Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
      Editorial . Hari ini
    • BBM Swasta Langka, Ini Dampak Mesin Nissan e-Power Pakai Bensin Berkualitas Buruk
      BBM Swasta Langka, Ini Dampak Mesin Nissan e-Power Pakai Bensin Berkualitas Buruk
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Kapsul Waktu Suzuki Plaza Museum: Dari Mesin Tenun Hingga Kendaraan Modern di Dunia
      Kapsul Waktu Suzuki Plaza Museum: Dari Mesin Tenun Hingga Kendaraan Modern di Dunia
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Jaecoo Rilis Harga Resmi J5 EV, Langsung Senggol Fronx, Raize, WR-V
      Jaecoo Rilis Harga Resmi J5 EV, Langsung Senggol Fronx, Raize, WR-V
      Setyo Adi . Hari ini
    • Line Up Debut di JMS 2025 Bukti Honda Tidak Mundur di Persaingan EV
      Line Up Debut di JMS 2025 Bukti Honda Tidak Mundur di Persaingan EV
      Bangkit Jaya . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Suzuki Perkenalkan Logo Baru Setelah 22 Tahun, Siap Sambut Era Digitalisasi
      Suzuki Perkenalkan Logo Baru Setelah 22 Tahun, Siap Sambut Era Digitalisasi
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Suzuki Fronx Sukses Besar di Jepang, Ini Strategi yang Dipakai!
      Suzuki Fronx Sukses Besar di Jepang, Ini Strategi yang Dipakai!
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
      Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
      OTO . Hari ini
    • Deepal S05 Berpotensi Jadi Mobil REEV Pertama Changan di Indonesia
      Deepal S05 Berpotensi Jadi Mobil REEV Pertama Changan di Indonesia
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Bikin Heboh, Harga Jaecoo J5 EV Tidak Sampai Rp300 Juta!
      Bikin Heboh, Harga Jaecoo J5 EV Tidak Sampai Rp300 Juta!
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • 7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
      7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
      Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
      Zenuar Yoga . 31 Okt, 2025
    • Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
      Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
      Ardiantomi . 31 Okt, 2025
    • Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
      Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
      OTO . 31 Okt, 2025
    • Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
      Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
      Ardiantomi . 30 Okt, 2025
    • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
    • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
    • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
    • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
    • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
    • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
      Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
      Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025
    • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
      Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
      Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
    • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
      Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
      Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
    • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
      First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
      Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
    • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
      First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
      Anjar Leksana . 15 Okt, 2025