Komunitas Trail XTrim Indonesia Inisiasi Relawan Peduli Disinfektan COVID-19

MEDAN, Carvaganza.com – Mewabahnya virus corona (COVID-19) membuat banyak pihak ikut turun tangan dan tak hanya berdiam diri. Selain di Jakarta di berbagai daerah aksi dilakukan untuk mencegah penyebaran corona kian meluas. Salah satunya adalah XTrim Indonesia, komunitas trail adventure yang bermarkas di Medan, Sumatera Utara, membentuk Relawan Peduli Disinfektan (PRD) COVID-19.

Hingga Minggu (12/4/2020) malam jumlah kasus COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan semakin luas. Tercatat sudah ada 4.241 kasus di seluruh Indonesia dengan jumlah meninggal sebanyak 373 orang. XTrim Indonesia merasa terpanggil dan melakukan aksi penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi.

Musa Idishah Ketua Umum XTrim Indonesia mengatakan Relawan Peduli Disinfektan Covid-19 ini adalah gerakan yang lahir atas dasar rasa kemanusiaan.  "Pakai nama RPD semata biar fokus karena pekerjaan utama RPD adalah penyemprotan disinfektan," kata Musa Idishah dalam keterangan resminya Minggu kemarin.

RPD sudah bergerak pada Senin (6/4) kemarin. Meski sebelumnya, pada di 28 Maret 2020, XTrim Indonesia sudah bergerak namun belum pakai nama RPD. Gerakan ini terbentuk spontan akibat pandemi COVID-19. Mereka mengandalkan dana dari donatur internal dan sumbangan spontan anggota.

Kehadiran RPD COVID-19 Sumatera Utara diprakasai oleh komunitas otomotif di Medan. "Adalah komunitas trail adventure XTrim Indonesia, Lembaga First Aid Indonesia Sumut dan Vertikal Resque Regional Sumut," tambah pria tinggi besar akrab dipanggil Doddy itu.

Baca juga: Bantu Warga Terdampak COVID-19, Bikers Tangsel Bagi-Bagi Sembako


Gabungan


Setelah resmi pakai nama RPD, baru kemudian bergabung organisasi lain seperti Indonesia Offroad Federation (IOF) Pengda Sumut dan Pengurus Cabang Medan.

“Kebetulan di XTrim Indonesia dan IOF itu ada tim rescue. Utamanya pada kegiatan rescue kebencanaan dan pada setiap event otomotif adventure mobil atau motor. Sehingga urusan kepedulian terhadap lingkungan dan kemanusiaan bukan hal baru buat mereka," lanjut Doddy yang juga ketua Perbakin Sumut ini.

Baca juga: Cek Promo Ini, Beli Yamaha Aerox 155 Bawa Pulang Helm Arai RX-7X



XTrim Indonesia dan IOF Pengda Sumut dan Pengcab Medan kemudian menggandeng Vertikal Rescue Indonesia Regional Sumut, Lembaga First Aid Indonesia Sumut, Tempat Kita Peduli, Oligarki Sumut, Mapala Sumut dan Pramuka Peduli Sumut. Masing-masing personil dan lembaga berkontribusi sesuai bidang, mulai dari tenaga ahli hingga ke urusan pendanaan.

Di antaranya, kendaraan, tenaga penyemprot, manual solo sprayer, compressor sprayer steam, tenaga pelatih dan tenaga bantuan setempat untuk sosialisasi COVID-19 untuk masyarakat sekitar, pengaturan dan pemeliharaan logistik bahan dan alat disinfektan, administrasi, dan tenaga pemetaan.

Baca juga: Komunitas Police Owners Group Gelar Aksi Solidaritas COVID-19



Hingga kini sebanyak 25 relawan dengan 4 kendaraan operasional terus melakuan penyemprotan disinfektan di wilayah Medan. Target utama adalah gang sempit di daerah pinggiran padat penduduk atau pemukiman warga menengah ke bawah yang masih kurang begitu disiplin di soal penerapan social distance.

"Nantinya, RPD Sumut juga akan turun di setiap ada bencana alam. Seperti banjir, longsor atau gempa yang juga membutuhkan penyemprotan disinfektan," tutup Doddy.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda