Komunitas ‘Vespa Gembel’ Indonesia Jadi Sorotan Media Amerika

JAKARTA, Motovaganza.com – Berkendara mobil maupun motor telah menjadi bagian dari kultur. Makanya terbentuk ragam komunitas atau klub yang dipersatukan oleh satu brand, satu warna, satu passion seperti modifikasi, satu kebiasaan/hobi bahkan oleh satu kantor.

Salah satu kultur berkendara di Indonesia yang unik menjadi sorotan media massa internasional. Website asal Amerika Serikat, www.thedrive.com menyoroti tentang kultur modif Vespa yang dilakukan oleh orang Indonesia – terutama kalangan anak muda. Di sini kita menyebutnya dengan julukan komunitas ‘Vespa Gembel’, bahkan ada juga yang menyebutnya “Vespa Mad Max”. Ada juga yang menyebutnya Komunitas Vespa Unik.

Bagi kita orang Indonesia, Komunitas Vespa Unik bukan hal asing. Kerap kali seliweran di jalan, terutama di malam wikend. Mereka telah menjadi ikon budaya berkendara. Memiliki pengikut yang banyak dan yang terpenting adalah menjadikan modifikasi sebagai bagian dari kultur komunitasnya. Kultur modifnya genuine, unik dan cerdik.

Foto: www.lokadata.id


The Drive menuliskan artikel tentang komunitas ini dirubrik Culture. Web ini menyertakan video yang diambil dari channel Youtube Great Big Story tentang budaya, yang mewawancarai sumbernya dari komunitas  yang mereka sebut sebagai The Rebel Riders. Dengan pelampiran video ini, artikel menjadi lebih kuat. Tergambar jelas, bagaimana budaya berkendara unik ini tumbuh. Sekaligus memberikan gambaran modif-modif yang dilakukan para member.

Seperti dikutip dari thedrive.com, anggota komunitas ‘The Rebel Riders’ adalah para pemilik Vespa yang tersebar di seluruh Indonesia, sebuah negeri yang memiliki 6.000 pulau yang masih kosong tak berpenghuni. Meskipun secara lahiriah menyerupai sekelompok orang buangan yang bebas, Rebel Riders adalah komunitas yang bersatu padu, siap membantu rekan-rekannya setiap saat. Kapan saja dan dimana saja.

“Dalam komunitas Vespa, kami berasal dari garis keturunan yang berbeda, tetapi kami adalah satu,” ujar member Rebel Rider, Nando Anjasmara Azani, dalam channel Youtube Great Big Story.  “Satu Vespa, Sejuta Saudara.”

Bosan Bawa Standaran
Menurut penuturan komunitas tersebut, sepeda motor Vespa memang sudah matang untuk dimodifikasi. Motor ini memiliki rangka baja yang kuat dan memang memberikan banyak peluang untuk di modif. Bisa diubah menjadi seperti apapun seperti yang diinginkan pengendaranya. Mulai dari menjadi Vespa truk, Vespa ala militer, Vespa ala Tuktuk dan lain-lain. The Drive bahkan mencontohkan Vespa yang dikendarai dan dimodif oleh member Rebel Rider sekaligus mekanik Yogik Hermawan Saifullah.

Foto: www.vice.com


“Bosan bawa Vespa standaran biasa,” ujar mekanik sekaligus modifikator otodidak ini. “Makanya saya ingin membuat sesuatu yang lebih ekstrim dan lebih unik.”

Bahan-bahan untuk memodifikasi Vespa tersebut bisa diambil dari apa saja. Tergantung kocek, namun juga berkat gotong royong di antara para anggota. Bisa dari potongan logam, besi sampai pohon dan tanduk kerbau juga bisa dipasang. Di video, seorang pemilik Vespa memodif setangnya dari batang kayu, framenya juga dari batang kayu.

Dari yang tadinya motor roda dua, malah dibikin dengan dengan banyak roda. Bahkan mungkin bisa selusin. Web tersebut menuliskan, hanya sedikit modifikasi yang dilakukan komunitas Vespa unik ini yang hanya boleh dilakukan dan legal jalan di negara-negara maju. Namun di Indonesia, kreativitas di kalangan anak muda mendapat tempat tersendiri dan menjadi kebanggan. Di dalam judul artikel, thedrive.com membuat sentuhan yang agak kocak, “Vespa Rebel Riders Indonesia Bikin Geng Biker Harley Ngak Ada Apa-Apanya.”

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda