Konsorsium Empat Pabrikan Jepang Temui Kesepakatan Soal Paket Baterai yang Bisa Ditukar

battery swap

Kata sepakat soal standar baterai sepeda motor niremisi dan kendaraan listrik ringan tercapai. Kesepakatan yang dipilih yaitu memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian, dan menurunkan biaya kendaraan dan infrastruktur. Di lain sisi, mereka juga memiliki satu tujuan yang sama, mengurangi kekhawatiran para pelanggan mengenai masa depan mobilitas listrik.

Program ini juga menggandeng Prefektur Osaka dan Universitas Osaka. Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki memang sudah membentuk konsorsium sejak dua tahun lalu. Keempat pabrikan raksasa roda dua asal Jepang merupakan pengaturan terpisah dari Honda, Yamaha, Piaggio dan KTM. Namun standar yang disepakati oleh empat perusahaan negeri Sakura kemungkinan besar bakal memengaruhi, atau bahkan sama persis dengan kelompok kedua. Karena bila penetapan standar nantinya berbeda, tentu bisa bertentangan dengan kepentingan semua yang terlibat.

Pengujian baterainya sendiri telah dilakukan di Universitas Osaka sejak tahun lalu. Dengan makalah teknis dari Society of Automotive Engineers of Japan (TP21003), pada 26 Maret 2021, Big Four mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui standar baterai yang dapat ditukar. Desainnya pun sudah memasuki tahap final. Semua baterai yang diproduksi berdasarkan perjanjian ini memiliki ukuran dan berat, serta memiliki fitur ketahanan dan keselamatan yang sama. Mereka, tentu saja bisa saling bertukar satu sama lain.

Baca Juga: Okinawa Scooters Bakal Rilis Naked Bike Listrik Mirip Ducati Monster

Noriaki Abe, Managing Officer, Motorcycle Operations Honda dan Sekretaris Perwakilan konsorsium mengatakan, kesepakatan untuk standarisasi baterai ini merupakan pencapaian bersama. “Selama dua tahun terakhir kami mewujudkan teknologi yang bisa digunakan secara bersama-sama. Saya berterima kasih kepada semua yang terkait dengan Konsorsium dan Society of Automotive Engineers of Japan, Inc. atas pengertian dan dukungan mereka,” katanya.

Utamanya, Big Four juga bekerja untuk menciptakan sistem infrastruktur stasiun pertukaran baterai di seluruh Jepang. Ini juga merupakan desakan dari pemerintah Jepang yang telah mengumumkan larangan mobil baru berbahan bakar bensin pada pertengahan 2030-an. Walau masih dalam bahan pertimbangan, seruan itu setidaknya untuk memotivasi para pabrikan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Di lain sisi, beberapa perusahaan berencana untuk mengakhiri penjualan mobil berbahan bakar fosil pada 2030, dan sepeda motor bertenaga bensin pada 2035.

“Sementara ini kami terus bekerja sama untuk membangun lingkungan yang memungkinkan penggunaan baterai bersama berdasarkan kesepakatan. Meski ini kesepakatan bersama, kami juga tetap bersaing satu sama lain untuk mengembangkan produk menarik yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Melalui upaya dalam kerja sama dan kompetisi, kami berupaya untuk menyebarluaskan penggunaan sepeda motor listrik untuk mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan,” jelas Noriaki Abe.

Saat ini, keempat perusahaan sedang mengerjakan prototipe roda dua listrik yang menggunakan sistem baterai swappable. Namun sampai sekarang tak satupun dari empat perusahaan yang merilis informasi lebih lanjut tentang kendaraan tersebut.

swappable  battery

Konsorsium Empat Pabrikan Besar

Mereka setuju untuk membentuk konsorsium baterai listrik yang dapat ditukar untuk sepeda motor dan kendaraan listrik ringan. Tujuan lain dari kolaborasi ini memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian, dan menurunkan biaya kendaraan serta infrastruktur.

Proyek ini disebut ‘Swappable Batteries Consortium for Motorcycles and light Electric Vehicles’. Anggotanya Yamaha Motor Co., Ltd., Honda Motor Co., Ltd., KTM AG dan Piaggio & C SpA Ltd. Dalam konteks Paris Climate Agreement dan transisi ke elektromobilitas, member konsorsium ini percaya bahwa ketersediaan sistem baterai yang dapat ditukar bisa mendorong penggunaan kendaraan listrik ringan secara luas. Dan berkontribusi pada manajemen siklus hidup yang lebih berkelanjutan.

Tujuannya direalisasikan dalam bentuk baterai yang digunakan di sektor transportasi. Selain itu, menentukan spesifikasi teknis standar dari sistem baterai yang dapat ditukar. Kendaraan listrik yang disepakati terbagi ke beberapa kategori, seperti moped, sepeda motor, sepeda roda tiga, dan quadricycles atau ATV.

Baca Juga: Targetkan Lawan Tesla dan Ioniq, Geely Buat Merek Mobil Listrik Sendiri

Konsorsium juga nantinya bekerja sama dengan berbagai badan standarisasi untuk Eropa, masing-masing negara dan organisasi global. Para pendiri juga wajib terlibat dalam pembuatan dan regulasi standar teknis internasional. Kegiatan ini setidaknya mulai berjalan pada Mei 2021. Keempat perusahaan mendorong pabrikan lain yang berminat untuk bergabung dalam kerja sama, agar memperkaya keahlian konsorsium.

Executive Officer Takuya Kinoshita, Chief General Manager of Motorcycle Business Operations, Yamaha Motor Co., Ltd mengatakan, perusahaan kami percaya dalam pembentukan konsorsium ini memiliki arti penting. “Tidak hanya untuk Eropa tetapi dunia. Saat ini kami bergerak menuju standar untuk baterai yang dapat ditukar untuk kendaraan listrik ringan," katanya.

“Saya yakin bahwa melalui pekerjaan seperti ini, spesifikasi dan standar teknis yang saat ini berbeda menurut karakteristik regional atau keadaan industri di pasar yang berbeda bakal disatukan. Dan di masa mendatang, bisa membantu dalam memaksimalkan manfaat tenaga listrik. Untuk pelanggan di tingkat global,” tutupnya.

Tampaknya undangan juga telah dikirim ke produsen lain untuk bergabung. Dan pada akhirnya, kemungkinan besar kami (konsumen) yang sangat diuntungkan. Baterai yang dapat ditukar di seluruh merek dan model, berarti memberi kemudahan para pemakainya. Penggunaan dan waktu pengisian yang jauh lebih cepat, menukar baterai kosong secara fisik dengan yang penuh. Ini sebetulnya bukan konsep baru, tetapi pabrikan besar yang mengikuti konsorsium menandakan niat mereka untuk maju. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Bennetts

Baca Juga: Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio Buat Konsorsium Baterai Motor Listrik

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Anjar Leksana . 18 Apr, 2024
  • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Zenuar Yoga . 12 Apr, 2024
  • Federal Oil dan Mobil Lubricants Gelar Program Mudik Buat Mekanik
    Federal Oil dan Mobil Lubricants Gelar Program Mudik Buat Mekanik
    Muhammad Hafid . 09 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023