KTM Siapkan Mesin Injeksi untuk Motor 2 Tak
STOCKHOLM, 17 Mei 2017 -- Sepeda motor dengan mesin 2 Tak memang tak lagi populer dan digantikan mein 4 Tak. Namun pabrikan motor asal swedia, KTM, rupanya tak mau mesin 2 Tak hilang beritu saja. Mereka dikabarkan tengah membangun sistem injeksi untuk mesin tipe ini.
Seperti dilansir asphalandrubber, mesin dengan teknologi baru ini berkapasitas 249cc dan 2913.2 cc masing-masing untuk model 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI.
Sistem utama dari mesin injeksi ini adalah teknologi Transfer Port Injection (TPI) dimana ia memiliki dua penyuntik bahan bakar (injector). Selain itu, motor ini juga mempunyai berbagai komponen baru lain termasuk sistem mesin (EMS), throttle body, ECU, silinder, pompa bahan bakar, dan tangki minyak.
TPI ini diklaim membuat kendaraan 2 Tak ini jadi lebih ramah lingkungan. Selain itu bahan bakar juga jadi lebih efisien.
Motor dengan sistem kerja 2 Tak punya sisi positif dan negatifnya apalagi urusan emisi gas buang. Gas buang pada kendaraan 2 Tak biasanya lebih banyak menghasilkan karbon ketimbang motor 4 Tak. Hal ini efek dari sistem kerja mesin yang harus bekerja dengan asupan oli yang terpisah dan ikut terbakar dalam mesin. Motor-motor 2 Tak identik menggunkan sistem karbutor untuk menyuplai bensin.
Kinerja mesin khas 2 Tak seolah menjadi legenda pure power. Yap, mungkin Anda pernah merasakan "jambakan" tenaga dari motor 2 Tak. Sungguh luar biasa bukan?
Selain KTM, pabrikan lain yaitu Husqvarna juga sudah mulai mengembangkan teknologi serupa demi terjaganya pasar 2 Tak di dunia.
SYAIFUL ACHMAD
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test