Marquez: Rem ABS Tidak Asik Untuk Balap

Marquez: Rem ABS Tidak Asik Untuk Balap
AMSTERDAM, 23 Juni 2016 – Selain permasalahan grip ban Michelin dan posisi knalpot pada tungganganya, Honda RC213V, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkapkan pandangannya tentang penggunaan teknologi Anti Lock Brake System (ABS) di motor Honda. Marquez menilai penggunaan ABS mengurangi keseruan balapan, karena akan membatasi jarak pengereman. Menurut pembalap Spanyol itu teknologi pengereman ABS yang dilakukan di Honda Safety Institute hanya baik digunakan untuk safety atau motor non-balap yang digunakan di luar sirkuit. Marquez mengatakan jika pengereman dengan sistem ABS bagus untuk keamanan tapi tidak untuk balapan. “Saya belum pernah mengendarai motor dengan ABS. Rasanya memang seperti yang tidak terpikirkan sebelumnya ketika memacu motor kemudian menekan tuas rem. Penggunaanya bisa mengurangi resiko kecelakaan,” kata Marquez. “Namun ketika dipakai dalam balapan, akan mengurangi keseruannya. ABS akan mempengaruhi batasan sistem elektronik dan juga membatasi jarak pengereman,” jelas pembalap 23 tahun tersebut. Pemegang rekor juara dunia MotoGP paling muda itu menjelaskan, pengereman dalam balapan sepenuhnya dikendalikan oleh pembalap baik itu late breaking, hard breaking ataupun engine breaking saat melibas lintasan sirkuit balap. “Ketika melalukan pengereman, semua dikendalikan oleh jemari pembalap dan feeling, tapi juga ada engine braking yang diatur oleh sistem elektronik. Ketika keluar dari tikungan, bukan hanya sistem elektronik yang berperan, tapi juga posisi badan dan setelan mesin memiliki peran penting. Pengereman adalah salah satu area yang dikendalikan oleh kita sendiri,” kata dia. Menurunnya power motor Honda RC213-V musim ini, menurut Marquez, juga dipengaruhi oleh teknik pengereman. Ini membuat Duo Repsol, Marquez dan Dani Pedrosa harus mencari cara untuk mengantisipasi waktu yang terbuang saat mengerem di putaran ke delapan yang akan berlangsung di sirkuit TT Assen, Belanda akhir pekan ini. ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • TKDN Sudah 40 persen, Charged Rimau Bisa Beli Pakai Harga Subsidi
    TKDN Sudah 40 persen, Charged Rimau Bisa Beli Pakai Harga Subsidi
    Zenuar Yoga . 14 Jun, 2024
  • TVS Indonesia Mulai Jual Skuter Listrik iQube S, Intip Fitur Canggihnya
    TVS Indonesia Mulai Jual Skuter Listrik iQube S, Intip Fitur Canggihnya
    Zenuar Yoga . 14 Jun, 2024
  • Keeway Indonesia Luncurkan Moge Cruiser Napoleonbob 500 Seharga Rp178 juta di JFK 2024
    Keeway Indonesia Luncurkan Moge Cruiser Napoleonbob 500 Seharga Rp178 juta di JFK 2024
    Zenuar Yoga . 13 Jun, 2024
  • Kawasaki Indonesia Akhirnya Luncurkan W175 Versi Injeksi
    Kawasaki Indonesia Akhirnya Luncurkan W175 Versi Injeksi
    Zenuar Yoga . 13 Jun, 2024
  • Bedah Varian Termahal Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate
    Bedah Varian Termahal Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate
    Setyo Adi Nugroho . 13 Jun, 2024
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024