Masih Terdampak Covid-19, Segini Penjualan Daihatsu Hingga Agustus

JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang belum juga jelas ujungnya, membuat penjualan otomotif nasional masih berada dalam tahap pemulihan. Hingga Agustus penjualan kendaraan roda empat belum menunjukkan pergerakan kenaikan yang signifikan. Secara nasional, hingga Agustus, capaian whole sales ada di kisaran 320 ribu unit dan retail sales sekitar 360 ribu unit.


Kondisi tersebut tergambar pada penjualan Daihatsu. Secara YTD (Year To Date), atau sejak Januari – Agustus, capaian whole sales Daihatsu secara total mencapai 57.978 unit dengan market share 17,9% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,4%.


Terkait retail sales, penjualan Daihatsu mencapai 65.767 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,1% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 16,9%.


Kondisi ini memang jauh jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, whole sales selama 8 bulan 2019, berada di angka 115.454 unit. Sedankan retail sales mencapai 114.527 unit.


Daihatsu Sigra


Kontribusi Sigra


Jika dilihat dari penjualan bulanan, whole sales Daihatsu meningkat dari yang sebelumnya sebesar 1.553 unit pada Juli, menjadi 6.651 unit pada Agustus. Terdapat kenaikan lebih dari 4 kali lipat. Adapun pada bulan yang sama, retail sales di Agustus tercatat sebanyak 6.300 unit, atau naik 7% dibandingkan bulan Juli lalu sebesar 5.890 unit.


Secara akumulatif, hingga Agustus 2020, retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan capaian sebesar 18.140 unit, berkontribusi sebesar 27,6%, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 14.054 unit (21,4%), dan Terios 9.844 unit (15,0%).


“Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung semangat pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Kami juga memohon dukungan dari pelanggan dan masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di tengah implementasi PSBB Total di tahap kedua mendatang,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).


Daihatsu Pabrik


Perketat Protokol Kesehatan


Terkait jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah dalam jumlah yang sangat signifikan, PT ADM memastikan pelaksanaan seluruh protokol kesehatan dilakukan secara maksimal di seluruh area kerja baik di Jakarta, Cibitung, dan Karawang.


ADM telah membuat sebuah aplikasi untuk memonitor pergerakan karyawan dan memastikan jarak antar karyawan selalu dalam batas yang ditetapkan, yakni minimal 1,5 meter. Setiap karyawan ADM juga diwajibkan untuk melakukan deklarasi kesehatan secara mandiri dan rutin setiap harinya melalui aplikasi tersebut.


Memasuki bulan September ini, Daihatsu tetap berproduksi dengan menerapkan protokol kesehatan yang optimal demi memenuhi permintaan untuk pasar domestik dan ekspor.


“Kami prihatin dengan peningkatan kasus baru Covid-19 ini. Daihatsu berkomitmen mendukung penerapan protokol kesehatan secara maksimal di seluruh area, sehingga karyawan dapat bekerja dengan sehat dan aman,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (Raju)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda