Mau Beli Honda CRF150L? Coba Cek Hal Berikut

Mau Beli Honda CRF150L? Coba Cek Hal Berikut
JAKARTA, Motovaganza.com – Di segmen adventure Tanah Air, nama Honda CRF150L memang bukan yang pertama tapi juga bukan yang paling baru. Embel-embel Honda didepannya, membuat motor ini dengan cepat diminati konsumen. Mau bukti? PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim penjualan trail ini sepanjang tahun lalu berada di angka 5-6 ribu per bulan. Bahkan permintaan ekspornya melonjak tajam. Lantas apa yang membuat CRF150L layak dibeli? Tampilan CRF150L sebenarnya 11-12 dengan trail lainnya yang ada di pasaran. Tak ada ubahnya dengan petarung lama yaitu Kawasaki KLX 150L atau juga pendatang baru Yamaha WR155. Identitas tunggangan dual purpose juga ditunjukkan CRF150L melalui penyajian sistem penerangan simple, setang fatbar, tubuh yang tinggi serta berkaki jenjang. Tapi soal desain, pembeda ditawarkan CRF150 melalui usungan fork depan upside down (USD). Wujud peredam kejutnya itupun terlihat beda lewat kelir emas. Wajar AHM mesti punya racikan maksimal, mengingat CRF150L cuma ada satu versi. Tak ada opsi mahal layaknya penawaran Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Kita tahu, motor mereka yang punya perangkat itu (suspensi USD) hanya ada di tipe KLX150 BF, BF SE maupun BF SE X-treme. Namun CRF150L layak berbangga hati. Dari segi ukuran, lini "geng hijau" cuma berdiameter 35 mm. Sementara kuda besi "sayap kepak" lebih kekar dengan lingkar tabung 37 mm. Baca juga: REVIEW: Honda CRF150L, Ini Beberapa Poin Keunggulannya

Tubuh Bersahabat

Selain itu panjang stroke-nya adalah 225 mm. Menunjang kebutuhan kaki-kaki sebuah trail yang idealnya jangkung. Honda CRF150L pun sudah menggunakan ban pacul, terbungkus pelek aluminium berukuran 21-18 inci (depan-belakang). Berkat kombinasi USD dan roda besar, ground clearance CRF150L jadi tinggi. Mengenai kemampuan melahap medan off-road, pastilah mumpuni ketimbang suspensi teleskopik. Tentu diimbangi penggunaan sasis semi double cradle dan usungan suspensi belakang monoshock Pro-Link dengan jarak main (travel) 207 mm. Walau menjulang, toh rancangan seperti inilah yang paling dicari penggemar garuk tanah. Lagi pula CRF150L bersahabat buat penunggang. Punya ground clearance 285 mm dan ketinggian jok 869 mm. Dibanding KLX 150 (ground clearance:295 mm, tinggi jok: 870 mm), CRF150L lebih rendah. Bahkan dari Yamaha WR 155 R yang punya penampang bokong 880 mm. Layak atau tidak memilihnya juga bisa Anda tilik dari perlengkapan lain. Misal penyajian panel meter. CRF150L memiliki tampilan full digital, berisi informasi mendasar seperti penunjuk kecepatan dan kapasitas BBM. Simple tapi fitur ini tak dimiliki KLX150 BF Series. Padahal dari segi harga, KLX 150 versi atas itu dijual dari rentang Rp 34,6 juta sampai Rp 37,3 juta. Sementara CRF150L dipasarkan Rp 34,45 juta. Baca juga: KOMPARASI: Adu Mesin Yamaha WR 155 R Vs CRF150L Vs KLX 150

Performa Mesin

Belum lagi saat menyandingkan performa keduanya. Sama-sama menggunakan tipe mesin SOHC 4-tak satu silinder. Tapi, KLX 150 masih mengandalkan pengabutan bahan bakar karburator. Sebaliknya CRF150L lebih modern karena memakai sistem injeksi. Begitu juga performa. CRF150L dengan kubikasi mesin 149 cc, mampu melecutkan daya 12,7 Hp/8.000 rpm serta torsi 12,43 Nm di putaran 6.500 rpm. Untuk daya jelajahnya pun bisa jadi pertimbangan. Melalui pengujian ECE R40 (Euro 3), trail Honda bisa menempuh rute 39,3 km dengan satu liter bensin (39,3 km/liter). Sementara produk Kawasaki lebih kecil karena bekal jantung mekaniknya hanya 144 cc. Anda yang berminat memboyong Honda CRF150L juga tak perlu bingung cari item aksesori. Buat kebutuhan tualang, tersedia ragam produk pendukung seperti skid plate, heel guard, bar pad hingga rear pack. Jika ingin tampil beda, bisa andalkan paket stiker atau decal ala pabrikan. Bagaimana pendapat Anda? Baca Juga: Faktor ini Membuat Honda CRF150L Layak Beli ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Zenuar Yoga . 26 Apr, 2024
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023