Max Biaggi Bantu Lagi Voxan Wattman Pecahkan Rekor Kecepatan

voxan wattman

Voxan Wattman belum puas dengan catatan rekor yang dibukukan. Mereka bersiap menaklukkan rekor kecepatan dunia lagi. Padahal sudah mencetak 11 rekor November 2020 lalu. Superbike listrik versi terbaru sedang dioptimalkan di Monako agar menghasilkan kecepatan lebih gila. Wajar saja, karena sudah ada penantang lain yang sanggup meladeninya. Beruntung Max Biaggi akan kembali berada di balik kemudi.

Awalnya Voxan Wattman dirancang untuk upaya rekor dunia di dataran garam terbesar di planet ini, Salar de Uyuni di Bolivia. Namun, karena ada pembatasan yang diberlakukan karena krisis Covid-19, membuat perjalanan itu tidak mungkin dilakukan.

Jadi pada musim gugur 2020, landasan pacu lapangan terbang Châteauroux Airfield di Prancis dipilih sebagai venue. Dan akhir 2021 Voxan siap mendirikan kamp di jalur aspal lain. Dalam persiapan untuk upaya terbaru ini, Wattman tengah dioptimalkan. Mesin dan transmisi telah diubah dengan kolaborasi para ahli. Masih seperti sebelumnya, Michelin tetap menjadi mitra sekaligus pemasok ban.

max biaggi

Supaya bisa menerima tantangan kecepatan lain, kendaraan cepat itu harus berbobot di bawah 300 kg. Wattman masih tergolong berat karena baterai yang digunakan. Tapi Gildo Pastor (Presiden), Franck Baldet (Direktur Teknis) dan Louis-Marie Blondel (Desainer) telah memilih SAFT untuk bermitra dalam proyek menarik ini. Perusahaan Prancis ini memiliki pengalaman yang luas di bidang motorsport dan sektor kedirgantaraan.

“Hampir setahun setelah memposting yang pertama, dan mencoba kembali untuk membuat rekor kecepatan baru, sangat menggembirakan! Saya beruntung dapat mengandalkan tim yang terinspirasi dan menginspirasi menjadikan Voxan Wattman sebagai sepeda motor listrik tercepat di dunia. Sebelas rekor (dikonfirmasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme) memang bagus tapi itu tidak cukup. Saya ingin terus dan terus mengembangkan mobilitas listrik,” kata Gildo Pastor, Presiden Venturi-Voxan.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Ikut Andil dalam Pengembangan Italjet Dragster Terbaru

Voxan wattman

Kecepatan yang saat ini masih dipegang Wattman adalah 408 kpj. Untuk mengalahkan rekornya sendiri, tim engineering di Venturi-Voxan juga fokus pada masalah penetrasi dan stabilitas udara. Sementara simulasi di terowongan angin memainkan peran penting, departemen R&D juga meminta bantuan spesialis dalam simulasi dinamika fluida. Hal itu dilakukan untuk memperhitungkan kecepatan tinggi yang ditargetkan.

“Saya tidak percaya pekerjaan yang telah kami lakukan hanya dalam beberapa bulan. November lalu, kami bertanya-tanya apakah kami bisa mencapai 400 kpj, tetapi sekarang kecepatan itu hanyalah titik awal. Di luar nilai penting itulah kami belajar dan berkembang. Dengan motivasi, semangat tim di Voxan dan rasa lapar kami untuk unggul, saya tidak ragu sama sekali bahwa kami bakal berhasil,” ujar Max Biaggi, pengendara Voxan Wattman.

voxan max biaggi

Sebagai informasi, pada 2010 pabrikan sepeda motor ikonik Voxan Motors dibeli oleh Venturi. Presidennya, Gildo Pastor. Mereka memfokuskan kembali konstruktor pada bisnis inti mesin listrik. Tiga tahun kemudian, Venturi meluncurkan Voxan Wattman, simbol kelahiran kembali dan arah teknis serta gaya baru yang radikal.

Pada 2019, tim mulai mengerjakan Wattman versi performa tinggi, yang dirancang khusus untuk memecahkan rekor kecepatan dunia baru. Tahun berikutnya, dengan menunjuk Max Biaggi sebagai rider, Wattman mampu membuat 11 rekor kecepatan (dalam kategori "sepeda motor listrik yang disederhanakan sebagian di atas 300 kg"), menjadi sepeda motor listrik tercepat di dunia. (Bgx/Odi)

Sumber: Motorcycle News, Ride Apart

Baca Juga: Tantang Voxan Wattman, WMC250EV Incar Rekor Kecepatan Motor Listrik

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang