Mazda CX-30 Seken, Alternatif SUV Selain All New Honda HR-V RS Turbo

Mazda CX-30 bekas

Posisi Mazda CX-30 berada di segmen premium SUV. Kali pertama mengaspal di pasar Indonesia pada 2020. Sekarang unit bekas Grand Touring (GT) tahun segitu berada di kisaran Rp440 juta hingga Rp480 jutaan area Jabodetabek. Pilihan kondisi mobil, warna, kesehatan dan jarak tempuh mobil bikin banderol bervariasi. Toh, usia tahun produksi belum terlalu lama. Sehingga bisa menjadi alternatif selain All New Honda HR-V 1.5 RS Turbo senilai Rp499,9 juta OTR Jakarta.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Mazda CX-30 bekas kini sekitar Rp440 - Rp480 jutaan

    Sehingga bisa menjadi opsi lebih murah selain Honda HR-V RS Turbo yang nyaris setengah miliar rupiah
  • Tapi performanya kalah dari HR-V RS

    Pakai mesin 2,0-liter NA bertenaga 155 PS dan torsi 200 Nm
  • Mari simak kelengkapannya. Mazda CX-30 punya panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.540 mm, wheelbase 2.655 dan ground clearance 180 mm. Filosofi desain Kodo yang bersih tapi tegas, terlihat di paras maupun sekeliling bodi. Grille trapezoid diapit lampu utama berdesain tajam. Atap rendah dan body moulding di sepatbor dan pintu, menegaskan mobil ini perkawinan antara hatchback dengan SUV.

    Mazda CX-30 dibangun dari basis Mazda3

    Hal sama berlaku untuk buritan. Minim lekukan dengan lampu belakang yang terlihat tegas. Anda bisa lihat pula, sekeliling bodi bagian bawah CX-30 diberi aksen hitam, menyambung dengan bumper depan belakang. Kaca samping berbingkai krom bagian bawahnya. Lekukan bodi samping menegaskan bahasa desain Kodo 2.0. Ukuran roda 18 inci melengkapi paras ganteng. Tampilan enggak kalah apik dari HR-V RS Turbo.

    Begitu pula dengan tatanan kabin CX-30, yang didasarkan pada filosofi human-centric. Setiap aspek pada kokpit diposisikan simetris secara horizontal. Lalu pengemudi sebagai pusatnya. Setiap elemen pada panel instrumen dirancang dengan sudut menghadap pengemudi. Sehingga memberikan kesan menyatu dengan mobil. Lapisan sekunder berbentuk sayap terpasang di area atas dasbor. Mengalir secara horizontal dari bagian atas panel instrumen ke ujung trim pintu di sisi penumpang. Terlihat lapang dan memberi kesan kabin luas. Konsol tengah, lokasi tuas transmisi mendapatkan desain baru two-layer molding.

    Baca Juga: Kualitas Seperti Mobil Eropa dan Berfitur Lengkap, Seberapa Menarik Beli Mazda2 Bekas?

     

    Desain Mazda3 masih jelas terlihat

    Kelengkapan CX-30 masih khas Mazda. Ada layar infotainment 8,8 inci mengambang di tengah dasbor. Sistem MZD Connect didukung 8 speaker atau opsi 12 speaker lansiran Bose. Kalau HR-V RS hanya empat speaker plus dua tweeter (2-way). Sistem pemanja telinga Mazda punya kualitas yang bisa diandalkan. Pasalnya speaker menganut sistem 3-way dengan Woofer 3L dipasang di bagian dalam dasbor. Kemudian tweeter 2,5 cm di bagian kanan-kiri, serta squawkers 8 cm di atas trim depan dan belakang.

    Enjin CX-30 mengandalkan mekanikal pacu Skyactiv-G 2,0 liter DOHC 16 valve. Ia memiliki kompresi mesin 13:1 terbilang tinggi di kelasnya. Hasil buncahan tenaga maksimal 155 PS pada 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi optimal 200 Nm pada 4.000 rpm. Distribusi tenaga dan torsi disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed Skyactiv-Drive. Format ini lebih kecil dari HR-V RS Turbo yang melecutkan daya 177 PS serta 240 Nm via CVT.

    Susunan dasbor Mazda CX-30

    Teknologi di dalam tubuh CX-30 GT dibekali i-Activesense, yang jadi pengendali semua fitur keselamatan kendaraan Mazda. Perangkat ini sanggup mengimbangi sistem seperti Honda Sensing di HR-V. Terwujud dalam sistem driver monitoring. Fitur ini pakai kamera dan infrared untuk dapat mengobservasi kondisi pengemudi saat berkendara. Sehingga mampu mengetahui tingkat kelelahan pengemudi.

    Jika fitur mendeteksi kondisi berkendara bahaya, sistem segera mengeluarkan bunyi peringatan. Lalu Smart Brake Support (SBS) bekerja, mengantisipasi kebutuhan pengereman yang lebih baik. Semua varian CX-30 dibekali: ABS, EBD, Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC) and Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA). Lanjut Emergency Stop Signal (ESS), Front & rear parking sensors dan Back-up monitor. Ia memiliki tujuh kantong udara. Sementara HR-V RS Turbo hanya enam saja.

    Untuk varian Grand Touring, makin komplet lagi. Anda mendapatkan Adaptive front-lighting system (AFS), High-beam control (HBC), Smart City Brake Support Front (SCBS-F), Smart Brake Support (SBS) & Forward Obstruction Warning (FOW). Kemudian tersuguh Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Lane Departure Warning. Lane Keep Assist System, Driver Attention Alert, Blind Spot Monitoring (BSM) plus Rear Cross Traffic Alert (RCTA). (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Incar Hatchback Premium Bekas Berkelas, Ini Deret Kelebihan Mazda3

     

    Jelajahi Mazda CX-30

    • Tampak Depan Bawah Mazda CX-30
    • Tampak samping CX-30
    • Lampu depan CX-30
    • lampu belakang CX-30
    • Pelek CX-30
    • Roof rail CX-30
    • Tampak belakang tengah CX-30
    • Tampak belakang sisi tengah CX-30
    Mazda CX-30
    Rp 539,9 Juta Cicilan : Rp 12,32 Juta

    Model Mobil Mazda

    Mobil Mazda
    • Mazda CX3
      Mazda CX3
    • Mazda 2
      Mazda 2
    • Mazda CX 5
      Mazda CX 5
    • Mazda 2 Sedan
      Mazda 2 Sedan
    • Mazda 3 Hatchback
      Mazda 3 Hatchback

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mazda Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Mazda CX-30 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test