Mengapa Mobil Harian Harus Melakukan Overhaul?
JAKARTA -- Secara harfiah, overhaul bisa diartikan sebagai refreshment mesin untuk tetap menjaga performa kendaraan dalam kondisi prima. Sering kali, pemilik mobil tidak begitu memahami pentingnya overhaul pada kendaraan pribadi mereka.
Padahal, jika hal ini tidak dilakukan performa mobil akan menjadi menurun. Selain itu, biasanya dampak yang dihasilkan adalah mobil menjadi lebih boros bahan bakar lantaran banyaknya kerak sisa pembakaran yang tidak sempurna.
Hadi Taruna, pemilik workshop Engineblock Autoworks yang terletak di kawasan Bintaro sektor 7, menjelaskan bahwa overhaul harus tetap dilakukan agar mobil tetap memberikan performa terbaiknya.
"Dampaknya sih kalau secara teknis akan ada penurunan. Penurunan performa, penurunan kinerja mesin. Termasuk menjadi lebih borosnya penggunaan bahan bakar, ini dikarenakan banyaknya kerak di intake manifold. Dengan jarak tempuh 150.000 kilometer tersebut, tentu banyak kerak yang dihasilkan. Selain itu oli juga akan menjadi lebih panas, dan lama-lama akan menimbulkan kerak," jelas pria yang akrab disapa Hatar.
Gejala
Untuk mengenali gejala-gejala mobil Anda sudah harus melakukan overhaul, Hatar, memberikan juga tips cara mengenalinya. Salah satunya adalah lewat asap putih yang keluar dari knalpot.
"Kalau dari tanda-tanda, biasanya ring pistonnya sudah mulai lemah. Dengan begitu, otomatis kompresi di mesin juga akan turun. Contoh lainnya adalah busi banyak berkerak oli, terus mobil boros, apalagi ada asap putih dari knalpot. Dan juga oli-oli yang mulai merembes di beberapa bagian, berarti itu adalah tanda-tanda mobil sudah harus dioverhaul," tambahnya.
Adapun pengerjaan yang dilakukan oleh Hatar ketika menangani mobil yang tengah overhaul, ia melihat beberapa sektor jeroan mesin. Ring piston, cylinder head dan valve, menjadi bagian yang diteliti lebih dulu untuk mengenali seperti apa gejalanya.
Perawatan
"(Tujuannya) Mendekati spek pabriknya lagi. Misalkan, mobil 1.500 cc, itu kompresinya 10, kalau kurang dari itu berarti ring pistonnya (harus) kita ganti. Terus di bagian cylinder headnya juga kita bersihkan. Selain itu juga bisa dilihat bagian valvenya, dan diperbaiki agar nutupnya sama seperti aslinya. Dan packing head juga harus diganti, sehingga tenaga yang dihasilkan tetap terjaga seperti aslinya lagi," tambahnya.
Sementara itu, dalam pengerjaan mobil yang tengah dioverhaul, biasanya Hatar membutuhkan waktu yang lebih lama dari pengerjaan servis harian. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus dibongkar dan dipasang kembali, yakni bagian mesinnya.
“Pengerjaan biasa tiga sampai tujuh hari, karena mekanik harus mengecek bagian-bagian jeroan mesin tadi,” tandasnya.
(Hrf/Raju)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test