Mengenal Kehebatan Teknologi E-KDSS Milik Toyota Land Cruiser 300

Land cruiser 300

Generasi terbaru Toyota Land Cruiser membawa kombinasi sempurna antara tradisi lama dan modern. Struktur dasar masih mempertahankan konstruksi body-on-frame meski sudah mengusung platform TNGA. Namun semua yang menopang pengendalian mendapat penyempurnaan teknologi demi meningkatkan kapabilitas dan kenyamanan bergerak di segala medan.

Salah satu penunjangnya adalah dukungan teknologi E-KDSS (Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System). Merupakan pengembangan dari sistem KDSS lama yang pertama dibawa LC seri 200. Sebuah terobosan baru, bahkan klaimnya ini aplikasi pertama di dunia. Secara teori, sistem berfungsi untuk memberikan fleksibilitas gerak suspensi. Dapat mendukung artikulasi kaki-kaki saat off-road atau meminimalisir body roll di jalan rata.

Begitupun sebetulnya inti dari sistem KDSS pendahulu. Dapat diaktifkan untuk melepas genggaman posisi batang stabilizer agar pergerakan roda kiri dan kanan tidak terhubung. Meminimalisir kecenderungan roda menggantung sebelah saat berlaga di medan tak beraturan. Bedanya, teknologi baru E-KDSS memungkinkan pengaturan independen antara poros roda depan dan belakang secara elektris. Tidak lagi serbamekanikal seperti sistem pertama.

Baca Juga: Rayakan 70 Tahun, Toyota Land Cruiser Prado Tampil Istimewa

Masing-masing pergerakan stabilizer diatur oleh silinder hidrolis yang bekerja sedemikian rupa tergantung medan. Tersemat otak ECU untuk mendeteksi pergerakan. Kala diajak offroad, posisi stabilizer akan dibebaskan untuk merespons medan. Berusaha memberikan pijakan terbaik di tiap roda agar mendapatkan traksi. Pengembangan mutakhir ini diklaim menambah artikulasi roda sejauh 30 mm dari model pendahulu.

Namun bukan itu saja, kontrol independen sistem E-KDSS dapat menciptakan kenyamanan di jalan tak beraturan. Redaman bodi jadi semakin halus sehingga penumpang tidak terlalu terlempar ke kiri dan kanan. Ini dijelaskan Toyota secara visual dengan membandingkan model lama via akun YouTube resmi Toyota Global.

Sesuai nama, fungsi ini turut bekerja dinamis di jalan beraspal. Logikanya kalau artikulasi sisi kiri dan kanan dibuat bebas tak terhubung ke sasis, mobil bakal dengan mudahnya limbung saat menikung di jalan rata. Untuk itu, batang stabilizer tercipta agar posisi bodi tidak menukik terlalu ekstrem mengikuti gaya gravitasi. Sekaligus juga mengoptimalkan traksi di tiap roda. Jadi, di aspal rata, silinder hidrolis akan mengunci posisi stabilizer sehingga pergerakan menikung tetap terkendali dan presisi. Boleh dibilang, sistem ini menawarkan kehebatan dan kenyamanan dua dunia.

Lebih dari kecanggihan E-KDSS, Toyota Land Cruiser 300 banyak siapkan penyempurnaan. Meliputi bodi dan rangka yang lebih ringan sampai 200 kg, penurunan pusat gravitasi, penyempurnaan distribusi bobot, dan penguatan struktur suspensi. Juga jadi sorotan adalah pemanfaatan jajaran mesin V6 diesel dan bensin baru dengan twin turbo sebagai solusi alternatif dari mesin V8. (Krm/Odi)

Baca Juga: Toyota Land Cruiser 300 Mendebut Bawa Banyak Penyempurnaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

  • FIRST DRIVE: Seberapa Spesial Rasa Berkendara Toyota New Veloz Hybrid?
    FIRST DRIVE: Seberapa Spesial Rasa Berkendara Toyota New Veloz Hybrid?
    Setyo Adi . Hari ini
  • Jadi Model Hybrid Termurah, Simak Detail Toyota Veloz HEV
    Jadi Model Hybrid Termurah, Simak Detail Toyota Veloz HEV
    Setyo Adi . Hari ini
  • Innova Community Rayakan HUT ke-19 Sambil Buktikan Iritnya Hybrid Toyota
    Innova Community Rayakan HUT ke-19 Sambil Buktikan Iritnya Hybrid Toyota
    Setyo Adi . 27 Nov, 2025
  • GJAW 2025: Penawaran Lengkap Toyota, Dari DP Ringan Sampai T-Care
    GJAW 2025: Penawaran Lengkap Toyota, Dari DP Ringan Sampai T-Care
    Setyo Adi . 26 Nov, 2025
  • GJAW 2025: Toyota Veloz Hybrid Buka Harga Mulai Rp299 Juta
    GJAW 2025: Toyota Veloz Hybrid Buka Harga Mulai Rp299 Juta
    Setyo Adi . 21 Nov, 2025

Artikel Mobil Toyota dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Keiritan Toyota Innova Zenix Hybrid Jadi Sorotan HUT ke-19 Innova Community di Yogyakarta
    Keiritan Toyota Innova Zenix Hybrid Jadi Sorotan HUT ke-19 Innova Community di Yogyakarta
    Ardiantomi . 27 Nov, 2025
  • Seberapa Istimewa Pengalaman Berkendara Toyota New Veloz Hybrid EV?
    Seberapa Istimewa Pengalaman Berkendara Toyota New Veloz Hybrid EV?
    Setyo Adi Nugroho . 27 Nov, 2025
  • Detail MPV Hybrid Termurah Toyota, New Veloz V Hybrid EV
    Detail MPV Hybrid Termurah Toyota, New Veloz V Hybrid EV
    Setyo Adi Nugroho . 27 Nov, 2025
  • Era Baru Hybrid Terjangkau: Toyota New Veloz Hybrid EV Tawarkan Kecanggihan dan Efisiensi Mulai Rp299 Juta
    Era Baru Hybrid Terjangkau: Toyota New Veloz Hybrid EV Tawarkan Kecanggihan dan Efisiensi Mulai Rp299 Juta
    Setyo Adi Nugroho . 26 Nov, 2025
  • Ragam Program Menarik dari Toyota di GJAW 2025
    Ragam Program Menarik dari Toyota di GJAW 2025
    Setyo Adi Nugroho . 24 Nov, 2025
  • Deret Mobil Hybrid Terbaru yang Bisa Jadi Pilihan di GJAW 2025
    Deret Mobil Hybrid Terbaru yang Bisa Jadi Pilihan di GJAW 2025
    Ardiantomi . Hari ini
  • Harga Selisih Tipis di Rp700 Jutaan, Pilih bZ4X atau Urban Cruiser?
    Harga Selisih Tipis di Rp700 Jutaan, Pilih bZ4X atau Urban Cruiser?
    Setyo Adi Nugroho . 27 Nov, 2025
  • Harga Selisih Tipis di Rp700 Jutaan, Pilih bZ4X atau Urban Cruiser?
    Harga Selisih Tipis di Rp700 Jutaan, Pilih bZ4X atau Urban Cruiser?
    Setyo Adi Nugroho . 27 Nov, 2025
  • Alasan Toyota Avanza Tetap Jadi Pilihan Keluarga Indonesia Hingga Sekarang
    Alasan Toyota Avanza Tetap Jadi Pilihan Keluarga Indonesia Hingga Sekarang
    Muhammad Hafid . 07 Nov, 2025
  • Toyota Veloz 2025, Evolusi MPV Keluarga yang Tetap Relevan di Tengah Persaingan
    Toyota Veloz 2025, Evolusi MPV Keluarga yang Tetap Relevan di Tengah Persaingan
    Muhammad Hafid . 07 Nov, 2025
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    Setyo Adi Nugroho . 13 Sep, 2024
  • Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    Alvando Noya . 09 Sep, 2024
  • First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT:  Calon Bintang Kendaraan Niaga
    First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Kendaraan Niaga
    Setyo Adi Nugroho . 25 Jul, 2024