Mengenal Tsubasa, Sepeda Motor Saksi Sejarah Perkembangan Daihatsu

Daihatsu Tsubasa

Japan Mobility Show 2023 tak hanya menyuguhkan konsep dan inovasi teknologi. Seperti dilakukan Daihatsu, turut memajang sederet kendaraan lawas sebagai bagian dari perjalanan dan perkembangan perusahaan. Paling menyita perhatian adalah sebuah sepeda motor roda tiga bernama Daihatsu Ha atau dikenal juga sebagai Tsubasa. Ternyata menyimpan sejarah bagaimana awal perkembangan Daihatsu menjadi seperti sekarang ini.

KEY TAKEAWAYS

  • Perusahaan menjual lebih dari 5.000 Tsubasa dalam berbagai level trim dan mesin yang berbeda

    Kendaraan ini berakhir pada 1937 dan tidak pernah kembali setelah perang
  • Kilas balik mengenai berdirinya Daihatsu dulu. Mulanya, perusahaan memulai bisnis sebagai pembuat mesin, membangun pabrik bertenaga diesel dan gas. Semua itu dirancang dengan baik untuk aplikasi industri maupun pertanian. Mereka bahkan sempat membikin mesin perahu. Kemudian menjualnya ke perusahaan lain. Nah, 20 tahun berselang muncul gagasan dan berupaya memproduksi kendaraan secara utuh sendiri. Singkat cerita, Ha atau Tsubasa dilahirkan sebagai kendaraan pertama, roda tiga.

    Model Ha pertama memulai debutnya pada 1930. Kalau Anda lihat, bentuknya mirip dengan gaya Harley-Davidson. Kalau sekarang, bentuknya banyak ditiru produsen roda tiga asal Cina yang kerap ditemui di Indonesia. Nah, Tsubasa ditenagai oleh mesin tunggal berpendingin udara 500 cc produksi sendiri. Enjin ini kemudian dikawinkan bersama transmisi tiga kecepatan yang digerakkan secara manual.

    Daihatsu Tsubasa

    Dilihat dari desain Daihatsu Tsubasa pada era akhir 1920-an dan awal 1930-an, tampak normal sebagai kendaraan pekerja. Ia memiliki tangki besar berbentuk membulat dengan sisipan panel instrumen di atasnya. Setang menjulang dan memanjang ke samping. Suspensi depan gunakan per (pegas) di atas sepatbor. Sorot lampu juga dibikin bulat berikut tepian kromium. Lalu jok besar pakai pelana tunggal. Menarik, sebab pada zamannya, ia sudah menggunakan pelek gaya racing enam palang dan disemprot cat kuning.

    Lanjut bagian bak belakang. Tsubasa dianggap sebagai sebuah truk pick-up kecil. Kendaraan memiliki tempat kargo luas yang bertumpu di kedua roda belakang serta diferensial. Spar rangka ganda memanjang ke depan dari kotak kargo. Sehingga tulangan tampak besar nan kokoh. Daihatsu juga memperhatikan aspek keamanan pengguna dengan menyediakan penutup kaki pengendara berupa tameng pelindung tulang kering. Secara keseluruhan desainnya sangat bagus dan terlihat keren. Kala itu, kendaraan diterima pasar sangat baik dan amat populer.

    Fakta menarik soal kendaraan roda tiga ini. Banyak pengguna bertahun-tahun menyebut Ho sebagai singkatan dari Hatsudoki Seizo. Asal tahu, pabrikan mesin yang berbasis di Osaka ini merupakan cikal bakal Daihatsu.

    Perusahaan menjual lebih dari 5.000 Tsubasa dalam berbagai level trim dan mesin yang berbeda. Selama masa ini Tentara Kekaisaran Jepang membeli beberapa unit untuk digunakan sebagai pengangkut kargo ringan dan dipakai selama aksi menjelang Perang Dunia II. Kendaraan ini berakhir pada 1937 dan tidak pernah kembali setelah perang. Sebaliknya, perusahaan mengalihkan perhatiannya ke micro-car roda tiga dan mobil kecil. Supaya banyak khalayak tahu, mereka memamerkannya kembali di booth Daihatsu, Japan Mobility Show 2023. Juga merupakan bagian dari tonggak sejarah sebagai kendaraan utuh buatan perusahaan. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Daihatsu Pajang Calon Penerus Copen di Japan Mobility Show 2023

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Motor Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • MotoGP 2025 Jadi Musim Bersejarah bagi Aprilia Racing
      MotoGP 2025 Jadi Musim Bersejarah bagi Aprilia Racing
      Zenuar Yoga . 24 Nov, 2025
    • Indomobil eMotor Sprinto Debut di GJAW 2025
      Indomobil eMotor Sprinto Debut di GJAW 2025
      Zenuar Yoga . 22 Nov, 2025
    • Royal Enfield Goan Classic 350 Debut di Indonesia
      Royal Enfield Goan Classic 350 Debut di Indonesia
      Zenuar Yoga . 22 Nov, 2025
    • Honda CRF1100L Africa Twin Tampil dengan Warna Baru
      Honda CRF1100L Africa Twin Tampil dengan Warna Baru
      Zenuar Yoga . 20 Nov, 2025
    • Polytron Fox 350 Meluncur, Punya Fitur Baru Lebih Lengkap
      Polytron Fox 350 Meluncur, Punya Fitur Baru Lebih Lengkap
      Zenuar Yoga . 20 Nov, 2025
    • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
    • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
      Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
      Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
    • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
      Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
      Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
    • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
    • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
      5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
      Ardiantomi . 15 Okt, 2025
    • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
      Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
      Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
    • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
      Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
      Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
    • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
      Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
      Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
    • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
      Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
      Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
    • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
      Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
      Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
    • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
      Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
      Ardiantomi . 17 Sep, 2025
    • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
      First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
    • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
      Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
      Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
    • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
      First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
      Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025