Menghitung Peluang Suzuki Saluto Diproduksi di Indonesia

JAKARTA, Motovaganza.com – Suzuki tak punya banyak model bertarung di segmen skutik di Indonesia. Padahal inilah segmen paling gemuk dan terus mengalami peningkatan. Boleh dibilang mereka mengandalkan pada Nex II dan Address. Padahal tahun lalu mereka punya Saluto 125. Tak seperti lini lainnya, skutik ini punya tampang rupawan bak skuter ala Eropa. Tentunya menarik bila dipasarkan di Indonesia. Selain memberi nuansa baru, bisa juga dijadikan senjata untuk mendongrak pemasaran skutik Suzuki di Tanah Air. Memang masih terlalu dini mengharapkan hal itu terjadi. Sementara produknya sendiri keluar dari fasilitas kepunyaan Suzuki Motor Taiwan. Jika ingin menjual, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) harus mendatangkannya dari sana. Harganya? Sudah pasti melambung layaknya motor impor seperti Vespa, Lambretta atau yang lain. Bagaimana peluang Suzuki Saluto diracik di Tanah Air? Untuk saat ini mereka memang belum punya mesin skutik 125 cc. Namun bila tujuannya ingin menggebrak, bisa saja dengan mengoptimasi perbekalan yang ada. Sebagai contoh, merombak jeroan mesin 113 cc yang digendong oleh Suzuki Nex II maupun Address. Penambahan kubikasi bisa jadi opsi, walaupun sebenarnya kemampuan mesin selevel dengan mesin kepunyaan Saluto. Sama-sama berada di rentang 9,2 Hp. Itu terjadi karena Suzuki Saluto punya bobot 114 kg, lebih berat dari Nex atau Address yang hanya 93 kg. Namun dari segi perbekalan lain, Saluto jelas lebih berkelas. Dimulai dari desain. Fasad skutik ini merupakan buah karya seorang desainer kenamaan asal Italia, Alessandro Tartarini. Tak dipungkiri, dialah benang merah yang menjadikan Saluto ini berwajah bule. Baca juga: Suzuki Satria 150 Kini Dimpor Utuh ke Vietnam

Tampilan

Tak seperti skuter Eropa yang cenderung simple. Pengayaan ide dengan penyajian guratan-guratan ditunjukkannya untuk memperkuat kedinamisan Saluto. Tengok saja pada bentuk penerangan pada lampu utama, DRL hingga belakang. Belum lagi disemati lampu dioda sebegai penegas modernitas. Soal akomodasi juga oke. Saluto punya dek rata yang memudahkan pengendara bertumpu, tanpa harus terganggu celah dari sasis monokok seperti Vespa. Kendati begitu ada konsekuensi. Penopang kaki itu menjadi lebih tinggi, ditambah lagi adanya tangki di bawah dek. Namun, pemilik mendapatkan keuntungan karena lubang pengisian bahan bakar berada tepat di bawah (sebelah kiri) kemudinya. Sementara di area kanan terdapat kunci kontak tanpa anak kunci (keyless), dan dilengkapi pula dengan power outlet dan ketersediaan konsol untuk menaruh barang. Baca juga: Suzuki Stop Penjualan Burgman, Ini Penyebabnya

Bagasi

Lantaran tangki bensin 5,5 liter terletak di bawah dek, otomatis keuntungan didapat dari muatan bagasi. Meski tak dijelaskan, terlihat ruang itu sanggup menyimpan helm half face dan beberapa barang bawaan lain. Terakhir yang membuatnya unik adalah sematan roda berukuran 10 inci. Bukankah modal itu layak untuk menggairahkan pemasaran Suzuki di Indonesia? Apalagi jika diproduksi secara mandiri. Harganya tentu lebih bersahabat ketimbang Vespa, Lambretta, Royal Alloy atau Kymco Like 150. Di sisi lain, mungkin saja dia menggoda calon peminat Honda Scoopy maupun Yamaha Fino. Kita tunggu saja, semoga langkah ini jadi kenyataan. Sumber: Suzuki Motorcycle Taiwan Baca Juga: Mungkinkah Suzuki Saluto Diproduksi di Indonesia? https://www.oto.com/berita-motor/mungkinkah-suzuki-saluto-diproduksi-di-indonesia ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • MForce Indonesia Luncurkan Letbe Island 160, Harga Lebih Murah dari Honda Vario
    MForce Indonesia Luncurkan Letbe Island 160, Harga Lebih Murah dari Honda Vario
    Anjar Leksana . 10 Jul, 2025
  • Pembalap Astra Honda, Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah di Kancah Balap Eropa
    Pembalap Astra Honda, Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah di Kancah Balap Eropa
    Zenuar Yoga . 09 Jul, 2025
  • QJMotor Indonesia Rilis Mini Sport CiTo 150 Bertransmisi Matik!
    QJMotor Indonesia Rilis Mini Sport CiTo 150 Bertransmisi Matik!
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Honda CUV e: Dapat Potongan Besar, Harga Jadi Setara Honda Beat!
    Honda CUV e: Dapat Potongan Besar, Harga Jadi Setara Honda Beat!
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Yamaha Segarkan X-Ride 2025 dengan Grafis dan Warna Anyar
    Yamaha Segarkan X-Ride 2025 dengan Grafis dan Warna Anyar
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025