Menjelang Peluncuran, Kolaborasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tampil di Hadapan Publik

Kolaborasi Toyota-Daihatsu memulai babak baru. Model kelima yang akan meluncur ke muka publik pada 30 April, resmi dikenalkan masing-masing pimpinan perusahaan. Bertajuk Sinergi untuk Negeri, acara dilakukan secara virtual yang juga diikuti Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang. 


Kerja bareng Toyota dan Daihatsu berlangsung selama hampir dua dasawarsa, sejak 2003. Hasilnya, sejumlah kendaraan pilihan utama konsumen di Tanah Air maupun mancanegara. Semua produknya diproduksi di dalam negeri. Bahkan ada salah satu mobil dengan tingkat komponen lokal mencapai 95 persen. Nah, lewat Raize dan Rocky, mereka ingin mengulang kembali keberhasilan yang sama. Apalagi segmen keduanya tergolong baru di market Indonesia.


“Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota, dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan. Yakni untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology serta mempromosikan konten lokal. Kedua perusahaan ini bakal terus meningkatkan daya saing. Juga mendukung tujuan pemerintah RI dalam mengembangkan industri otomotif,” papar Yoichi Miyazaki, Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, secara daring (28/4).


Toyota raize


Hasil kolaborasi tak sekadar memenuhi kebutuhan di pasar dalam negeri. Baik Toyota maupun Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar untuk ekspor kendaraan roda empat di Tanah Air. Hingga saat ini, mereka menyumbang lebih dari 60 persen. Nah, sebagai bagian dari komitmen itu. Raksasa otomotif asal Jepang ini berencana mengekspor produk kolaborasi terbaru ke sekitar 50 negara di dunia.


“Daihatsu bekerja sama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group. Termasuk di dalamnya pengembangan serta produksi kendaraan. Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami. Oleh karena itu kami bakal terus berinvestasi juga memberi kontribusi bagi masyarakat,” sambung Soichiro Okudaira, President of Daihatsu Motor Company.


Daihatsu Rocky 2021


Astra sebagai mitra jangka panjang Toyota dan Daihatsu. Mengaku terus mendukung penuh kerja bareng ini, sejak awal untuk dapat menyediakan mobilitas yang sesuai bagi masyarakat. “Kami bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Selaras dengan cita-cita Astra, yakni Sejahtera Bersama Bangsa. Astra berharap produk kolaborasi baru ini dapat memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Tanah Air. Yakni sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota dan Daihatsu,” imbuh Djony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur PT Astra International Tbk.


Bagi Toyota Astra Motor, kemunculan Toyota Raize ini pilihan baru bagi khalayak. Ia menjadi alternatif bagi peminat hatchback, namun mengidamkan kendaraan jenis SUV kompak. Tak hanya berfokus pada produk semata, mereka juga menjanjikan layanan variatif, menyesuaikan tren dan kebutuhan. Sama halnya dengan Astra Daihatsu Motor, melalui Rocky. Yang pasti mereka berdua menggunakan serta memanfaatkan fasilitas R&D Center PT Astra Daihatsu Motor. Juga sebagai jalur produksi.


Mereka juga sigap, saat pemerintah mewacanakan pemberian insentif PPnBm bagi kendaraan hingga 1.500 cc. Kala itu, belum ada pengumuman peluncuran Raize dan Rocky. Namun nama kedua produk sudah masuk dalam penerima keringanan pajak yang ditanggung pemerintah. Tepatnya dalam daftar 21 model Kementerian Perindustrian. Sebab tingkat local purchase mencapai 70 persen, sesuai ketentuan. ADM pun langsung merespons hal itu. “Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini. Kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak. Karena model bakal diluncurkan pada periode program ini,” terang Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director Astra Daihatsu Motor, beberapa waktu lalu.


Nah, kolaborasi yang terjalin selama ini, diharap memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Antara lain menciptakan lapangan kerja baru, berbagi teknologi, pemanfaatan kandungan lokal. Serta menyediakan produk sesuai kebutuhan pasar lokal maupun mancanegara. Tak berhenti di sini. Ke depan, segala usaha dari kerja sama ini diharap dapat memberikan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat. Tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, tetapi juga dapat menjaga lingkungan melalui penggunaan advance technology yang rendah emisi.  (Alx/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda