Menperin Harap IIMS Motobike Expo Picu Era Motor Listrik

JAKARTA, 29 November 2019 – Bergeraknya industri otomotif ke teknologi elektrifikasi menjadi salah satu yang ditargetkan pemerintah Indonesia dalam menyambut era Industri 4.0, dengan harapan produksi sepeda motor listrik sudah terwujud pada tahun 2025.

Menteri Perindustria Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Indonesia tidak hanya akan menjadi basis produksi motor listrik, tetapi juga untuk bisa mengekspor kendaraan tersebut ke luar negeri.

“Dalam roadmap pengembangan industri kendaraan bermotor, pemerintah Indonesia menargetkan produksi sepeda motor akan tumbuh sampai 10 juta unit pada tahun 2025, dengan target ekspor satu juta unit kendaraan per tahun di tahun 2025,” kata Agus saat membuka IIMS Motobike Expo 2019, di Jakarta.

Menurut Agus, produksi dan penjualan motor secara nasional sudah mencapai rata-rata di atas 6,5 juta unit per tahun, selama periode tahun 2010 sampai 2018. Hal tersebut membawa banyak dampak positif karena banyak industri komponen lokal yang ikut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi.



Pada tahun 2025, Agus yang menggantikan posisi Airlangga Hartarto menargetkan 20 persen dari total produksi sepeda motor dalam negeri adalah sepeda motor listrik, atau sebanyak 2 juta unit. Jika berhasil meningkat hingga tahun 2030, Indonesia nantinya diproyeksikan untuk menjadi pusat kendaraan listrik di kawasan ASEAN.

Bersamaan dengan penerbitan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, Agus mengajak industri komponen dan pendukung otomotif bersiap diri memasuki era kendaraan listrik, salah satunya dengan meningkatkan berbagai sumber daya yang ada.



“Dengan adanya regulasi tersebut, percepatan program diatur secara rinci, mulai dari litbang, TKDN, sampai dengan insentif yang akan diberikan,” tambah Agus.

Hadir dalam seremoni pembukaan, Agus sekaligus mengapresiasi penyelenggaraan IIMS Motobike Expo 2019, yang tidak hanya menjadi wadah pelaku industri berbagi informasi dan inovasi, tetapi juga mendorong masyarakat beralih ke green energy melalui sejumlah program yang dihadirkan.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda