Mercedes-Benz S-Class W223 Sapa Indonesia dengan Level Kemewahan Berbeda

S-Class adalah gengsinya Mercedes-Benz. Sejak pertama kali terlahir, ia selalu membawa simbol kemewahan khas Bavaria. Levelnya terus meningkat. Tak hanya mempersembahkan sensasi berkendara 'priyayi', tapi juga inovasi teknologi kelas kakap. Kini semakin memadukan era digital dalam lapisan elegan. Itulah gambaran singkat S-Class W223 yang diluncurkan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.


Puncak kemewahan Mercedes-Benz dapat dirasakan dalam S-Class. Tentu saja mendapat penyempurnaan dibanding seri W222 terdahulu. Bahkan terbilang revolusioner meski tidak tercermin langsung dari penampilannya. Bukan sebuah ubahan signifikan, bahkan masih tersirat ciri desain lama. Ubahan sederhana juga bukan tanpa maksud. Pahatan diperhalus justru tampak minimalis tanpa meninggalkan kesan mewah. Prinsip "less is more" pun diterapkan sebagai filosofi baru kemewahan.


Kalau dilihat sekilas, desain S-Class W223 seperti tidak berubah banyak. Proporsi sebagai sedan eksekutif tetap terjaga. Bongsor, panjang, lebar dengan wheelbase panjang. Memberi gambaran singgasana mewah di kabin belakang. Terlepas dari itu, tercipta rekayasa teknik yang berpengaruh ke impresi berkendara. Walau berukuran besar, S-Class W223 sangat lihai membelah udara. Ia menyandang sebagai salah satu sedan luxury paling aerodinamis. Angka koefisien hambatan angin mencapai angka sekecil 0,22. Sebuah peningkatan drastis dari sebelumnya sebesar 0,24. Sampai detail kecil diperhatikan. Misal gagang pintu dibuat rata dan aerostripe di sekitar spion.


S-Class W223


Mutakhirnya teknologi W223 mulai tergambar dari lampu utama. Mercedes-Benz menyematkan sistem Digital Light untuk pertama kalinya. Tiga LED membiaskan cahaya dan diarahkan oleh 1,3 juta cermin mikro. Resolusi tercipta melebihi 2,6 juta piksel demi mendapat tingkat presisi distribusi cahaya. Terutama untuk melihat rambu dan marka jalan.


Hal sama tercermin ketika masuk ke kabin. Transformasi begitu drastis melingkupi kemewahan dan high-tech. Tampak simpel karena menyederhanakan dari ramainya tombol. Mayoritas dibuat digital dalam layar superbesar 12,8 inci di tengah dashboard. Begitu pula panel instrumen serbadigital dengan resolusi tinggi untuk ragam informasi berkendara. Kecerdasan sistem MBUX (Mercedes-Benz User Experience) meningkat. Generasi kedua kini makin mudah dioperasikan lewat perintah suara. Beberapa fungsi dapat dilakukan tanpa menyebut kata kunci "Hey Mercedes". Bahkan bisa sampai menjelaskan fungsi kendaraan hingga menjawab pertanyaan umum. Pengoperasian voice assistant kini tak melulu dikuasai penumpang depan. Sebab penumpang belakang sebagai tuan, berhak mendapat pelayanan serupa.


S-Class W223 interior


Melarnya dimensi bodi keseluruhan, turut memengaruhi luas kabin. Terutama peningkatan wheelbase dari 3.165 mm jadi 3.216 mm, menambah lapangnya kabin belakang. Sisi headroom bertambah 16 mm, legroom makin luas 24 mm, begitu pula area lutut dan bahu. Terbayang betapa nyamannya penumpang di kursi model individual. Sandaran bisa direbahkan serta tersedia sandaran kaki. Belum lagi terkandung alat pemijat yang terdiri dari 10 program.


Baru trim S 450 4MATIC Luxury saja yang ditawarkan Mercedes-Benz Indonesia. Ditenagai mesin M256 6-silinder 3,0-liter turbo, penghasil 367 hp dan torsi 500 Nm. Semua tersalur sempurna lewat transmisi 9G-TRONIC. Sistem mild hybrid EQ Boost 48-Volt bakal menambah efisiensi dan tambahan tenaga. Saat aktif, ekstra 22 hp dan 250 Nm siap melesakkan akselerasi cepat. Dari data pabrikan, sprint menuju 100 kpj secepat 5,1 detik dengan kecepatan puncak dibatasi 250 kpj. Beringas untuk sebuah sedan mewah.


S 450 4Matic


Senyapnya kabin ditambah kenyamanan suspensi udara AIRMATIC. Peredam adaptif ADS+ mampu menyesuaikan diri terhadap permukaan jalan dan seketika diterjemahkan ke dalam kabin. Menyelaraskan antara rasa nyaman dan kedinamisan berkendara. Menambah peranti keselamatan yang sudah canggih, fitur Pre-Safe Impulse Side menjamin terciptanya mitigasi sebelum terjadi kecelakaan.


"S-Class merupakan model terlaris di segmen luxury saloon. Dengan peluncuran generasi terbaru ini, kami ingin menawarkan inovasi, keselamatan, kenyamanan dan kualitas yang belum pernah dirasakan sebelumnya oleh pelanggan. The new S-Class menegaskan komitmen Mercedes-Benz untuk memproduksi kendaraan terbaik di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa kemewahan yang diinginkan bertemu dengan tingkat keselamatan dan kenyamanan tinggi. Kami yakin bahwa the new S-Class akan kembali menjadi pemimpin yang tak tertandingi di kelasnya," kata Choi Duk Jun, President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (4/5).


Mercedes-Benz S 450 4MATIC Luxury ditawarkan dalam harga Rp3,099 miliar (off-the-road). Pengiriman ke tangan konsumen mulai Juni 2021. (Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda