Meski Masih Pandemi, AISI Yakin Penjualan Motor Tembus 4,3 Juta Unit

penjualan motor

Pandemi Covid-19 masih menjadi penghalang pertumbuhan sektor otomotif termasuk segmen roda dua. Hal ini terlihat pada penjualan motor Mei lalu yang mengalami penurunan cukup signifikan. Selisihnya mencapai 46,1 persen lebih rendah ketimbang bulan sebelumnya. Namun diperkirakan hal ini hanya berlaku sementara.

Ketua Bidang Niaga Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, Sigit Kumala, mengatakan bahwa ada alasan khusus mengapa penurunan tersebut bisa terjadi. "Bulan Mei kemarin memang ada penurunan, karena dipicu oleh hari libur atau hari efektif kerja yang lebih sedikit," ujarnya dalam keterangan resmi.

Sigit optimistis angka penjualan sepeda motor tahun ini bakal lebih baik dari tahun lalu. Meski Indonesia masih berada dalam suasana pandemi. Peningkatan angka penjualan, kata Sigit bisa terjadi karena kondisi pasar motor saat ini sudah mulai membaik dibandingkan dengan periode awal pandemi, yang kala itu sempat menyentuh angka penjualan 21 ribuan pada Mei 2020.

"Kami berharap bulan-bulan berikutnya terjadi peningkatan, sehingga akhir tahun ini bisa capai penjualan di angka 4,3 juta hingga 4,6 juta unit," tuturnya. "Kami yakin, beberapa program pemulihan ekonomi dan program vaksinasi massal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan daya beli konsumen."

Baca Juga: NGK Indonesia dan DID Bermitra Jual Rantai Motor

Penjualan Hingga Mei

Dari data AISI, pada periode Januari - Mei 2021 tercatat total penjualan kendaraan roda dua di pasar domestik adalah sebanyak 2.021.532 unit, tumbuh 17,8 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang hanya 1.716.097 unit.

Faktor lain yang diprediksi bisa membuat peningkatan angka penjualan adalah kehadiran motor-motor baru. Selama lima bulan pertama tahun ini sudah ada belasan model baru yang diperkenalkan oleh para agen pemegang merek.

Astra Honda antara lain meluncurkan Honda CBR150R, Honda PCX160, Honda CB150R Streetfire, Honda CRF250 Rally, Honda CBR600R. Di bawah bendera Kawasaki ada nama Ninja ZX-10R, grafis baru Kawasaki Ninja ZX-25R, Kawasaki KLX150, dan Kawasaki D-TRACKER150. Sedangkan Yamaha menawarkan pasar dengan Yamaha R15, Yamaha Nmax, Yamaha V-ixion, dan Yamaha MT-15. Bekerja sama dengan lembaga pembiayaan, ATPM berusaha memasarkan sepeda motor dengan beragam program pembiayaan yang memberikan kemudahan pembelian bagi konsumen.

Selama Januari-Mei 2021, model sepeda motor skutik pada periode ini tercatat memberikan kontribusi terbesar. Ke depan motor listrik juga akan mengalami perkembangan yang signifikan. Saat ini beberapa pabrikan sudah mulai menawarkan motor setrum tersebut seperti Gesits, Honda, Viar, NIU, dan United. AISI meyakini motor listrik akan mendapatkan pasar sendiri. "Ke depan model motor skutik ini akan masih digemari masyarakat karena memang praktis dikendarai,” ujar Sigit. (Raju/Odi)

Baca Juga: Truk ODOL Berbahaya dan Merugikan, Isuzu Indonesia Dukung Penuh Kebijakan Baru Pemerintah

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang