Mobil Listrik Mercedes-Benz Vision EQXX Sanggup Melaju 1.000 Km Sekali Isi Daya

Mercedes-Benz Vision EQXX

Tak mau kalah dengan pabrikan otomotif dalam membesut mobil listrik murni. Mercedes-Benz luncurkan purwarupa Vision EQXX. Ia menggunakan sistem digital terbaru dan olah kecepatan yang dikembangkan dari teknologi F1. Bentuk eksterior sangat futuristik, jauh berbeda dari jajaran model eksis Mercy. Sehingga memiliki nilai aerodinamika tinggi. Kendaraan berbasis setrum ini bahkan diklaim sanggup menempuh jarak 1.000 km hanya sekali pengisian baterai.

Mercedes-Benz Vision EQXX

“Mercedes-Benz Vision EQXX adalah bagaimana kami membayangkan masa depan mobil listrik. Hanya satu setengah tahun lalu, kami memulai proyek ini. Ia dibuat dengan tingkat konsumsi energi superefisien, kurang dari 10 kWh per 100 kilometer. Kendaraan memiliki jangkauan lebih dari 1.000 kilometer, sekali pengisian daya menggunakan baterai. Yang bahkan dapat masuk ke dalam dimensi kompak. Vision EQXX merupakan mobil canggih, terlihat memukau nan futuristik. Lewat ini kami menggarisbawahi ke mana arah pandangan perusahaan. Kami siap membangun mobil listrik paling diinginkan di dunia,” ucap Ola Källenius, Chairman of the Board of Management of Daimler AG and Mercedes-Benz AG.

Mercedes-Benz Vision EQXX

Dengan merobek buku pedoman teknik otomotif lama. Mercedes-Benz memilih jalan berbeda dalam membangun mobil listrik yang digerakkan oleh perangkat lunak. Pada saat sama, mereka menyajikan interpretasi progresif dari prinsip dasar perusahaan: kemewahan modern dan kemurnian sensual. Alih-alih hanya mengecilkan ukuran baterai. Insinyur Merc berfokus pula memaksimalkan efisiensi jarak jauh. Mereka meracik efisiensi sistem gerak, kepadatan energi, aerodinamis dan desain ringan. Berkat rancangan tubuh luar, EQXX memiliki coefficient drag (cd) 0,17.

Baca Juga: Mercedes-Benz EQB Mendebut sebagai Versi Listrik GLB-Class

Mercedes-Benz Vision EQXX

Sistem radikal yang dirancang dan dibuat sendiri, diklaim mencapai efisiensi benchmark 95 persen dari baterai hingga roda. Melalui teknik dan pemikiran ala Formula 1, ahli baterai membuat energi EQS ke dalam dimensi mobil lebih kompak. Paket baterai di Vision EQXX menyimpan listrik hampir 100 kWh, namun memiliki volume (dimensi) 50 persen lebih sedikit. Kemudian 30 persen kian ringan dari benchmark di Mercedes EQS.

Mercedes-Benz Vision EQXX

Pakar Formula 1 di Mercedes-AMG High Performance Powertrains (HPP) di Brixworth, Inggris. Ia tahu satu atau dua hal yang membuat setiap kilojoule energi tetap diperhitungkan. Dalam kolaborasi intens. Mercedes-Benz R&D bekerja sama dengan mereka untuk mendesain ulang drivetrain dan memangkas kerugian sistem.

Mercedes-Benz Vision EQXX

“Jadi salah satu cara terbaik dalam meningkatkan efisiensi adalah dengan mengurangi kerugian. Kami mengerjakan setiap bagian sistem untuk mereduksi konsumsi energi melalui desain, pemilihan material, pelumasan dan manajemen panas. Menggunakan alat simulasi fantastis perusahaan, membantu kami mengetahui secara cepat apa yang berhasil dan tidak,” ucap Eva Greiner, Chief Engineer of the Electric Drive System Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz Vision EQXX

Ada yang menarik lagi. Di atas Vision EQXX terpasang 117 solar cell. Teknologi ini dikembangkan buah kerja bareng Institut Fraunhofer untuk Solar Energy Systems ISE. Mereka merupakan lembaga penelitian energi matahari terbesar di Eropa. Jadi, energi matahari disimpan di baterai lithium-iron-phosphate ringan. Dapat memasok setrum ke AC, lampu, sistem infotainment dan perangkat tambahan lain. Lalu dalam kondisi cahaya ideal seharian. Solar cell mampu menambah jarak jelajah 25 km. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Mercedes-AMG GT63S E Performance, PHEV Pertama Klan Affalterbach Pencipta Torsi Dahsyat!

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mercedes Benz Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Mercedes Benz dari Carvaganza

  • LEBARAN DRIVE: Menu Andalan Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line Jadi Partner Liburan
    LEBARAN DRIVE: Menu Andalan Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line Jadi Partner Liburan
    Alvando Noya . 19 Apr, 2024
  • Mercedes-Benz EQS Segera Facelift Pakai Desain Konvensional
    Mercedes-Benz EQS Segera Facelift Pakai Desain Konvensional
    Alvando Noya . 17 Apr, 2024
  • MercedesTrophy 2024 Resmi Buka Pendaftaran, Ada Hadiah EV Untuk Hole-In-One
    MercedesTrophy 2024 Resmi Buka Pendaftaran, Ada Hadiah EV Untuk Hole-In-One
    Wahyu Hariantono . 26 Mar, 2024
  • Generasi Baru Mercedes-AMG E53 Lebih Ganas Pakai Mesin Hybrid
    Generasi Baru Mercedes-AMG E53 Lebih Ganas Pakai Mesin Hybrid
    Muhammad Hafid . 14 Mar, 2024
  • Mercedes-Benz CLE Meluncur di Indonesia, Coupe Berpadu Gaya Sporty dan Seksi
    Mercedes-Benz CLE Meluncur di Indonesia, Coupe Berpadu Gaya Sporty dan Seksi
    Wahyu Hariantono . 29 Feb, 2024

Artikel Mobil Mercedes Benz dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mercedes-Benz GLA 200 Facelift dengan Penyegaran Signifikan
    Mercedes-Benz GLA 200 Facelift dengan Penyegaran Signifikan
    Wahyu Hariantono . 06 Feb, 2024
  • Electria Vol. 2: Kenyamanan Superior Mercedes-Benz EQS 450+, Jarak Bukan Masalah!
    Electria Vol. 2: Kenyamanan Superior Mercedes-Benz EQS 450+, Jarak Bukan Masalah!
    Wahyu Hariantono . 29 Des, 2023
  • Electria Vol. 2: Kecanggihan Mercedes-Benz EQS 450+ yang Membuatnya Praktis Dikendarai
    Electria Vol. 2: Kecanggihan Mercedes-Benz EQS 450+ yang Membuatnya Praktis Dikendarai
    Wahyu Hariantono . 28 Des, 2023
  • Mercedes-Benz Indonesia Meluncurkan 7 Model Baru Sekaligus
    Mercedes-Benz Indonesia Meluncurkan 7 Model Baru Sekaligus
    Alvando Noya . 15 Nov, 2023
  • Mercedes-Benz EQS Edition One Dijual Terbatas Cuma 12 Unit
    Mercedes-Benz EQS Edition One Dijual Terbatas Cuma 12 Unit
    Alvando Noya . 13 Nov, 2023
  • Duel SUV Besar Premium Jerman! BMW X7 Lawan Mercedes-Benz GLS
    Duel SUV Besar Premium Jerman! BMW X7 Lawan Mercedes-Benz GLS
    Setyo Adi Nugroho . 10 Feb, 2023
  • Mengenang Kejayaan Si Babi Merah, Saloon Mercedes-Benz yang Mengharumkan nama AMG Lima Puluh Tahun Silam
    Mengenang Kejayaan Si Babi Merah, Saloon Mercedes-Benz yang Mengharumkan nama AMG Lima Puluh Tahun Silam
    Ahmad Karim . 30 Jul, 2021
  • Berkenalan Lebih Dekat dengan Para Mutan Bigfoot Mercedes-Benz
    Berkenalan Lebih Dekat dengan Para Mutan Bigfoot Mercedes-Benz
    Ahmad Karim . 22 Okt, 2020
  • Mengenal Lebih Dekat Leluhur Mercedes-Benz E-Class
    Mengenal Lebih Dekat Leluhur Mercedes-Benz E-Class
    Ahmad Karim . 25 Jun, 2020
  • Empat Generasi Perjalanan Mercedes-Benz C180 “Cibo”
    Empat Generasi Perjalanan Mercedes-Benz C180 “Cibo”
    Ahmad Karim . 28 Feb, 2020
  • Road Test Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line: Komposisi Unik Tanpa Rivalitas
    Road Test Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line: Komposisi Unik Tanpa Rivalitas
    Wahyu Hariantono . 05 Mei, 2023
  • Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-2): Bagai Dua Sisi Mata Uang
    Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-2): Bagai Dua Sisi Mata Uang
    Wahyu Hariantono . 27 Agu, 2020
  • Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-2): Bagai Dua Sisi Mata Uang
    Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-2): Bagai Dua Sisi Mata Uang
    Wahyu Hariantono . 27 Agu, 2020
  • Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-1): Mencari Baby Benz Sesungguhnya
    Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-1): Mencari Baby Benz Sesungguhnya
    Wahyu Hariantono . 27 Agu, 2020
  • Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-1): Mencari Baby Benz Sesungguhnya
    Comparison Test Mercedes-Benz C180 vs Mercedes-Benz A200 Sedan (Part-1): Mencari Baby Benz Sesungguhnya
    Wahyu Hariantono . 27 Agu, 2020