Moto Guzzi Audace, Muscle Bike Bertampang Sangar

JAKARTA, 8 Maret 2016 – Dari beberapa tipe Moto Guzzi yang masuk Indonesia, ada satu model yang membuat saya sangat tertarik, Moto Guzzi Audace. Yap pertama kali melihat motor ini kesan gahar, agresif, dan berotot langsung melekat. Hal ini tak hanya diperlihatnya fisiknya tapi juga tenaga yang tersimpan di dalamnya. Sosok luar Moto Guzzi Audace memang langsung memberikan kesan gahar dan berotot. Pertama terlihat dari warna hitam dop yang membalur seluruh tubuhnya, dari depan hingga belakang. Penggunaan serat karbon di bagian depan spatbornya membuat Audace yang bobot 315 kilogram ini bertambah sangar. Dibandingkan saudaranya Moto Guzzi California Touring SE, Audace memang tampil lebih simpel, tak banyak pernak pernik yang disematkan. Lampu bulat tunggal tepat berada di tengah setang “Dragbake” berukuran panjang. Motor berjenis cruiser, yang terlihat dari Suspension Rake yang besar, ban berukuran besar dan jok rendah. 07032016-Moto-Guzzi-Audace_01 Meski demikian, beragam perangkat modern sudah disematkan. Speedometer sudah berbentuk modern. Penunjuk informasi berbentuk bulat itu menampilkan beberapa indikator berbentuk angka digital seperti, penunjuk takaran bensin, jarak yang sudah ditempuh, kecepatan dalam km/jam, mode berkendara yang dapat dipilih melalui panel di bagian kiri kemudi. Tidak hanya itu, dalam konsol bundar ini juga ada fitur menu lainnya seperti sejarah servis, kontrol traksi, pencerahan layar display dan fitur lainnya yang ada di dalam fitur menu. Menariknya penunjuk rpm masih berbentuk jarum yang berada di bagian belakang konsol layar digital. Chrome plating yang biasa ada pada motor cruise milik Moto Guzzi juga tidak ada di Audace seperti, knalpot, stang, suspensi depan, silinder head dan piranti tambahan engine guard. Audace benar-benar sebuah motor bergenre cruise yang sangar dengan penampilan yang serba hitam dan gelap. Warna hitam juga menutupi hingga kedua velg allumunium berpalang berukuran 3,50” x 18" dibagian depan dan 6.00 "x 16" untuk bagian belakangnya. 07032016-Moto-Guzzi-Audace_03 Menariknya tangki bensin berkapasitas 20 liter ini terlihat tipis dari sisi samping namun memiliki lebar yang hampir sama dengan mesin bertipe V-twin 90° berkapasitas 1400 cc DOHC 4 stroke. Tidak hanya itu, suspensi depan teleskopik berukuran 46 mm dan stang model Dragbar menjadikan tampilan Audace layak disebut sebagai “Muscle Bike”. Sedikit bergeser ke bagian tengahnya, Audace menggunakan jok model bertingkat berbahan kulit yang diberi sedikit aksen jahitan dari benang berwarna merah terlihat kontras dengan kulit berwarna hitamnya. Berbicara mengenai mesin, Audace menggunakan mesin besar dengan tipe V-twin 90° horizontal dengan kapasitas 1400 cc DOHC 4Stroke dilengkapi 4 katup per silinder dengan penggerak kopel (garden) dengan 6 percepatan berikut sistem pembakaran dengan sistem injeksi milik Magneti Marelli IWP 24 yang sudah dilengkapi sensor oksigen ganda dan diatur oleh mini komputer dari Magneti Marelli IAW 7 SM. 07032016-Moto-Guzzi-Audace_22 Mesin besarnya ditopang dengan konstruksi rangka berbentuk baja tabung, ditutup dengan dual cradle serta sistem mounting elastis-kinematik untuk mengisolasi getaran yang ekstrem. Dengan mesin sebesar itu, Audace diklaim dapat memuntahkan tenaga sebesar 96 hp @ 6500 rpm dengan torsi 89,2 lb-ft @ 3000 rpm. Audace hanya perlu membuang waktu sekitar 5 detik untuk mendapatkan kecepatan sekitar 100 km/jam. Ini merupakan sebuah prestasi untuk motor bergender cruise dengan bobot diatas 300 Kg. Mantap! Sistem pengereman dengan dual disc berukuran masing-masing 320 mm stainless steel floating disc, radial kaliper dengan 4 piston horizontal milik Brembo di bagian depan dan disc brake berukuran 282 mm stainless steel disc calliper dengan 2 piston parallel juga milik Brembo di belakang. Kombinasi ini mampu membuat motor hitam besar ini nyaman saat pengereman dengan kecepatan rata-rata 60-80 km/jam. Hal ini juga didukung karet dari Dunlop D251 berukuran 130/70 R18 di bagian depan dan 200/60 R16 menopang bagian belakang. [gallery columns="5" ids="11593,11592,11591,11590,11589,11588,11587,11586,11585,11584,11583,11582,11581,11600,11580"> Spesifikasi lengkap Moto Guzzi Audace: MESIN Tipe mesin: 1.380 cc 90 ° V-twin engine, 4-stroke, 4 katup, ganda Pendingin: Udara dan minyak dengan pompa pendingin independen radiator minyak dengan termostat dikendalikan fan. Bore dan stroke: 104 x 81,2 mm Rasio kompresi: 10.5: 1 Daya maksimum: 71 kW (96 HP) pada 6.500 rpm Torsi maksimum: 121 Nm 3.000 min-1 Pasokan bahan bakar / Ignition: Bertahap berurutan Multipoint elektronik injeksi Starting: Listrik Busi: NGK LMAR8F, 2 per silinder Sistem pembuangan: stainless steel, 2-in-2 jenis, 3-way catalytic converter dengan sensor oksigen ganda Emisi: Euro 4 TRANSMISI Gearbox: 6 speed Clutch : Single-disc dengan terpadu anti-getaran penyangga SASIS Rangka: Pipa baja, ditutup cradle ganda dengan elastickinematic mesin sistem mounting untuk mengisolasi getaran. Wheelbase: 1695mm Suspensi depan: Garpu standar, Ø 45 mm, dengan calliper radial mounting bracket Suspensi belakang: Swingarm dengan shock absorber ganda dengan ekstensi  disesuaikan dan spring preload dengan tangki terpencil. Rem depan: Ganda 320 mm stainless steel floating disc, radial kaliper Brembo dengan 4 horizontal piston menentang Rem belakang: 282 mm stainless steel disc tetap, Brembo mengambang calliper dengan 2 piston paralel Roda: Paduan Aluminium Roda depan rim: 3.50 "x 18" Roda belakang rim: 6.00 "x 16" Ban depan: 130/70 R18 Ban belakang: 200/60 R16 " SISTEM LISTRIK Tegangan sistem: 12 V Baterai: 12V - 18 Ah Alternator, 12 V - 550 W DIMENSI Panjang: 2.445 mm Lebar: 920mm Tinggi: 1.145 mm Ketinggian tempat duduk: 740 mm (720 mm opt.) Ground clearance: 165 mm Berat Kerb: 299 Kg Kapasitas tangki bahan bakar: 20,5 liter Reserve: 5 liter ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Vespa Indonesia Meriahkan Jakarta Mods MayDay 2025
    Vespa Indonesia Meriahkan Jakarta Mods MayDay 2025
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Fazzio Modifest 2025 Wadahi Kreativitas Anak Muda Yogyakarta
    Fazzio Modifest 2025 Wadahi Kreativitas Anak Muda Yogyakarta
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Tracker Luncurkan 2 Jaket Motoran Baru, Cocok Buat Touring dan Harian
    Tracker Luncurkan 2 Jaket Motoran Baru, Cocok Buat Touring dan Harian
    Bangkit Jaya Putra . 28 Mei, 2025
  • Yadea Investasi di Indonesia, Dorong Industri Motor Listrik dan Kerja Sama Tiongkok-RI
    Yadea Investasi di Indonesia, Dorong Industri Motor Listrik dan Kerja Sama Tiongkok-RI
    Zenuar Yoga . 27 Mei, 2025
  • 5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    Bangkit Jaya Putra . 27 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Zenuar Yoga . 09 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025