MotoGP: Suzuki Perpanjang Kontrak Alex Rins Sampai 2022

JAKARTA, Motovaganza.com – Masa depan Alex Rins di Suzuki akhirnya terjawab sudah. Pembalap asal Spanyol itu dipastikan tetap memperkuat Team Suzuki Ecstar MotoGP hingga dua tahun ke depan. Dalam situs resmi pabrikan, Minggu (19/4) kemarin, Rins telah menyepakati kontrak barunya. Secara spesifik, disebutkan pula bahwa ia mendapatkan kontrak baru selama dua musim (2021-2022).

Keputusan Suzuki ini tentu bukan tanpa alasan. Lewat pembalap 24 tahun itulah Suzuki bisa bersaing di kelas utama. Bernama lengkap Alex Rins Navarro, ia bergabung dengan Suzuki pada 2017. Awal karirnya di tim 'S' pada 2017 silam, memang belum optimal. Tak ada satupun podium diraih pembalap Spanyol.

Tapi di tahun kedua, Rins mulai bisa bersaing di baris depan. Satu podium (juara ketiga MotoGP Argentina) disumbangkannya untuk Suzuki di musim 2018. Bahkan, pengguna nomor 42 makin padu dengan Suzuki GSX-RR. Terbukti, dua kemenangan diraih saat kelangsungan MotoGP 2019. Ya, salah satu faktor yang membuatnya dapat bercokol di urutan 5 besar klasemen.

"Dia telah banyak berkembang dan bersamanya jugalah tim dan kru turut tumbuh. Kami telah meraih podium dan kemenangan. Dan, saya merasa akan datang lagi yang terbaik. Dengan perpanjangan ini, berarti kami sudah bersama seorang pembalap muda yang punya tekad, berbakat dan cepat seperti Rins selama 6 tahun,” kata Sinichi Sahara, Project Leader Suzuki Ecstar.

Sinichi menambahkan, kebersamaan ini memang menjadi tujuan mereka, sejak pertama kali mengontrak Rins. Mengembangkan dan memajukan pembalap muda bersama pabrikan Hamamatsu.


Kesepakatan


Keputusan mempertahankan Rins ini disambut positif oleh sang manajer tim, Davide Brivio. "Perjanjian itu sebenarnya tinggal menunggu cap saja, karena baik Suzuki dan Rins ingin tetap bersama. Dan, perjanjian dasar itu sebenarnya sudah dicapai beberapa bulan lalu. Sekarang semuanya jelas, akhirnya bisa mengumumkannya dengan bangga.  Kami senang mengkonfirmasi dia sebagai pembalap pabrikan tim Suzuki Ecstar untuk dua musim lagi, 2021 dan 2022," kata Brivio.

Ia juga percaya, stabilitas ini akan terbukti positif bagi semua yang ada di tim. Seperti yang lain, Suzuki juga berharap dapat menjaga semua pihak yang ada di dalam tim. Terlebih mereka juga memiliki musim fantastis tahun lalu. "Ini menjadi titik awal ketika kami dapat memulai balapan lagi," sahutnya lagi.

https://twitter.com/Rins42/status/1251818405889560577

Rins sendiri tak menyangkal adanya kesepakatan awal itu. "Saya berharap melanjutkannya bersama Suzuki dan inilah yang terjadi. Saya percaya proyek ini memiliki potensi untuk menjadi pemenang. Saya pun berkeinginan untuk menang dan kami sangat cocok. Ini (Suzuki Ecstar) adalah tempat sempurna. Bekerja keras bersama untuk mendapatkan hasil besar dan percaya kepada tim. Atas alasan itu, maka mudah sekali kesepakatan dini diraih," papar Rins.

Musim ini Rins dipasangkan dengan Joan Mir, pembalap muda Spanyol berusia 22 tahun. Menurut Rins, Suzuki siap bersaing di level maksimum seperti yang diperlihatkan di tes pramusim. Meski aksinya di lintasan masih harus menunggu karena wabah COVID-19 yang menunda jawad MotoGP 2020.

“Sekarang ini seluruh dunia sedang menghadapi situasi tak terduga (pandemi corona). Kita harus bersabar dan melihat perkembangannya. Kami akan siap ketika dipanggil saat balapan dimulai, kapanpun itu. Dorna pasti melakukan yang mereka bisa agar kami dapat bersaing. Tetapi mereka jugat tentu hal terpenting, keselamatan dan kesehatan orang banyak," tutup Rins.

Sumber: Suzuki Racing, Foto: motogp.com

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda