Motor Listrik Kawasaki Tampil Perdana dan Langsung Mengejutkan

Kawasaki electric bike

 

KEY TAKEAWAYS

  • Kabarnya mengandalkan sistem transmisi 4-percepatan dengan teknologi regenerative braking

    Mereka jadi produsen asal Jepang pertama yang mengenalkan motor elektrifikasi berpenampilan sport
  • Kawasaki memamerkan 2 produk elektrifikasinya yang berteknologi listrik dan hybrid. Tepatnya di gelaran balap ketahanan selama 8 jam Suzuka di Sirkuit Suzuka, Jepang pada Sabtu (6/8) waktu setempat. Proses pengenalan ke publik terbilang mengejutkan karena kedua model ini masih dalam tahap pengembangan.

    Diwartakan Autoby, produk full listrik atau EV (Electric Vehicle) dituangkan lewat produk motor sport berjenis naked. Sementara yang berteknologi hybrid hadir dalam tampilan motor sport full fairing.

    Keduanya bukan cuma ditampilkan kepada publik saja, namun juga melakukan test jalan mengitari Sirkuit Suzuka. Kehadirannya di Jepang beberapa waktu lalu adalah debut pertamanya di dunia.

    Mengungkapnya dari sektor tampilan, produk EV yang dipamerkan oleh Kawasaki memiliki desain dan basis yang mirip dengan Z250, Z300, atau Z400. Itu bisa dilihat dari bentuk headlamp, spakbor, pelek, dan bodi belakangnya.

    Visual barunya ada di penggunaan komponen shroud yang tampil lebih pipih dan diduga sebagai penutup atau pelindung dari komponen baterai-nya. Tentu karena ini motor berteknologi listrik, tak ada komponen knalpot dan menghilangkan undercowl.

    Bentuk tubuhnya tak terlalu besar, mirip-mirip dengan Z250 hingga Z400. Beberapa komponen yang di model konvensional juga hadir, misalnya dari sistem rem cakram tunggal di depan-belakang, paket rantai dan gir, hingga jok dan pijakan kaki buat pembonceng.

    Kawasaki electric bike

    Belum ada informasi resmi soal spesifikasi dan rangkaian listrik yang digunakan. Namun kabarnya mengandalkan sistem transmisi 4-percepatan dengan teknologi regenerative braking yang memungkinkan mengubah energi kinetik menjadi listrik. Tujuannya adalah untuk mengisi daya baterai atau mempertahankan baterai yang tersisa.

    Masih berdasarkan laporan Autoby, ada pengembangan di sektor sasis yang kini menggunakan model dan desain baru. Penggunaan frame anyar tersebut dijelaskan untuk menyesuaikan dengan komponen listrik, utamanya baterai.

    Baca Juga: Kawasaki Elektrode, Push Bike Listrik untuk Anak-anak Seharga Rp20 Jutaan

     

    Sementara produk kedua yang dijejali teknologi hybrid hadir dengan DNA yang mirip dengan Ninja 250, Ninja 300, atau Ninja 400. Menyinggung visualnya jelas tampil lebih berotot dengan penggunaan fairing anyar dan bodi samping belakang yang baru.

    Kemudian di roda depan dikawal sistem cakram ganda yang kemungkinan besar motor ini memiliki performa yang buas. Rancang kaki-kakinya juga terlihat advanced, di mana pada haluan depan pakai suspensi teleskopik berdiameter dipadukan suspensi monoshock di belakang.

    Kawasaki electric hybrid

    Mengusung teknologi hybrid tentunya motor ini masih mengandalkan mesin internal 2-silinder DOHC bahan bakar sebagai penggerak utama. Belum ada keterangan resmi menyoal sistem hibrida yang dipakai, apakah menggunakan model assist atau hadir dengan motor listrik yang memungkinkan kendaraan bisa berjalan tanpa bantuan mesin konvensionalnya.

    Kehadiran Kawasaki EV dan hybrid tentu membuat gebrakan baru untuk pasar roda 2 global. Mereka jadi produsen asal Jepang pertama yang mengenalkan motor elektrifikasi berpenampilan sport. Sementara para rivalnya memulai lewat produk skutik atau matik.

    Perlu diketahui juga bahwa pihak Kawasaki menginformasikan rencana besar tak akan lagi memproduksi motor bensin pada 2035. Adapun untuk roadmap jualan mereka, pabrikan akan meluncurkan 16 motor motor baru pada 2025. Jumlah itu melingkupi motor dengan penggerak listrik dan hidrogen. Tak cuma itu saja, geng hijau juga akan melansir 16 tipe motor trail atau offroad berjantung pacu hybrid.

    Selanjutnya pabrikan sudah mengembangkan teknologi bahan bakar hidrogen untuk mesin pembakaran internal lewat produk Ninja H2. Superbike tersebut dilengkapi dengan pengabut injeksi bahan bakar langsung yang secara tersirat jadi langkah awal menuju mesin motor berbahan bakar hidrogen. (Kit/Odi)

     

    Sumber: Autoby.jp

    Baca Juga: Banyak Pilihannya, Ini Line-up Supermoto dari Kawasaki

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Kawasaki Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Kawasaki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test